Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Lingkaran
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan tes berdasarkan kerangka kerja RECCE-MODEL untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa. Subjek penelitian adalah 80 mahasiswa pendidikan matematika semester ganjil tahun akademik 2019/2020, Universitas Muhammadiyah Malang. Jenis penelitian yang diterapkan ialah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu pengumpulan data, perencanaan tes, dan pengembangan tes. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi dan tes. Hasil penelitian di antaranya menghasilkan 2 butir soal tes sesuai dengan kerangka kerja MODEL. Tes tersebut telah dilakukan uji validasi, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran tes, dan uji daya pembeda soal. Berdasarkan hasil validasi yang diujikan oleh validator, tes tersebut dikatakan valid karena hasil yang diperoleh adalah 75%. Nilai koefisien reliabilitas adalah 0,786 sehingga tes dapat dikatakan reliabel. Hasil analisis tingkat kesukaran dikategorikan mudah untuk keseluruhan tes. Hasil daya pembeda soal dikategorikan baik untuk keseluruhan tes. Selain itu, dengan menggunakan tes yang telah dikembangkan ini dapat mengidentifikasi kemampuan kognitif mahasiswa pada lima level MODEL. Oleh karena itu, dapat disimpulkan tes yang dikembangkan memiliki kategori valid, reliabel, dan efektif untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa.
Article Details
How to Cite
Fitrianna, A. Y., & Yuliani, A. (2024). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 183-193. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.7732
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Fitrianna, A. Y., & Yuliani, A. (2024). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 183-193. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.7732
References
Astuti, E. P. (2017). Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70–82. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.10
Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis Dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.136
Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2). https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.6
Nasional, D. P. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Pendidikan Dasar dan Menengah.
Panjaitan, M. B., Yusmin, E., & Hartoyo, A. (2013). Kesulitan koneksi matematis siswa dalam penyelesaian soal pada materi lingkaran di SMP. J. Pendidik. Dan Pembelajara, 3(1), 1–14.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.4
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Analisis Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Calon Guru Matematika berdarkan Standar PISA. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 1689–1699.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasioanl Matematika, 1, 876–884.
Yudika, S., Amrina, Z., & Wahyuni, Y. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang. J. Bunghatta, (7).
Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis Dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.136
Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2). https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.6
Nasional, D. P. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Pendidikan Dasar dan Menengah.
Panjaitan, M. B., Yusmin, E., & Hartoyo, A. (2013). Kesulitan koneksi matematis siswa dalam penyelesaian soal pada materi lingkaran di SMP. J. Pendidik. Dan Pembelajara, 3(1), 1–14.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.4
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Analisis Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Calon Guru Matematika berdarkan Standar PISA. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 1689–1699.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasioanl Matematika, 1, 876–884.
Yudika, S., Amrina, Z., & Wahyuni, Y. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang. J. Bunghatta, (7).