Analisis Hasil Belajar dengan Menggunakan Pemodelan Rasch

Main Article Content

Michrun Nisa Ramli
Muslimahayati Muslimahayati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan gambaran tentang analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan teori responsi butir yaitu pemodelan Rasch. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan adalah soal Matematika pada ulangan harian kelas X dengan pokok bahasan fungsi dan trigonometri di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi. Sampel penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 75 orang siswa. Hasil penelitian didapatkan bahwa dengan menggunakan model Rasch bisa menghasilkan pengukuran yang lebih tepat karena bersifat skala equal – interval sehingga dapat menentukan kualitas analisis hasil belajar siswa yang selanjutnya diharapkan mampu membantu mengindetifikasi kesulitan belajar siswa dan mengetahui kualitas soal.

Article Details

How to Cite
Ramli, M. N., & Muslimahayati, M. (2021). Analisis Hasil Belajar dengan Menggunakan Pemodelan Rasch. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 21-31. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i1.8108
Section
Artikel

How to Cite

Ramli, M. N., & Muslimahayati, M. (2021). Analisis Hasil Belajar dengan Menggunakan Pemodelan Rasch. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 21-31. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i1.8108

References

Achadah, A. (2019). Evaluasi Dalam Pendidikan Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(1), 97–114. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i1.296
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djemari, M. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.
Hamdu, G., Fuadi, F. N., Yulianto, A., & Akhirani, Y. S. (2020). Items Quality Analysis Using Rasch Model To Measure Elementary School Students’ Critical Thinking Skill On Stem Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 61. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.20884
Magdalena, I., Fauzi, H. N., Putri, R., & Tangerang, U. M. (2020). Dan Akibat Memanipulasinya. 2, 244–257. Retrieved from file:///C:/Users/USER/Downloads/986-Article Text-2237-1-10-20210106 (1).pdf
Naga, S, D. (1992). Teori skor pada pengukuran pendidikan. Jakarta: Besbats.
Naga, S, D. (2012). Teori skor pada pengukuran mental. Jakarta: Nagarani Citrayasa.
Pauji, R. (2016). Matematika Sma Di Kota Banjarmasin. 2(3).
Retnawati, H. (2014). Teori Respons Butir dan Penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.
Ridho, A. (2007). Karakteristik Psikometrik Tes Berdasarkan Pendekatan Teori Tes Klasik dan Teori Respon Aitem. Insan Media Psikologi, 9(2), 1–20.
S Wahyuni, K. M. (2014). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dengan Model Racsh. Jurnal Indonesia, (2004), 121–128.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumintono, B. (2015). Pemodelan Rasch pada Asesmen Pendidikan: Suatu Pengantar. Konferensi Guru Dan Dosen Nasional (KGDN) 2015, (November 2015), 1–14. Retrieved from http://eprints.um.edu.my/id/eprint/15603%0A
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Trim Komunikata.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Bandung: Trim Komunikata.