Augmented Reality (AR) pada Geogebra 3D untuk Menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory Dalam Pembelajaran STEM Materi Jarak Dimensi Tiga Kelas XII SMA

Main Article Content

Pandu Aditya
Ratu Ilma Indra Putri
Ely Susanti
Nyimas Aisyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dugaan lintasan belajar (Hypothetical Learning Trajectory) yang dapat membantu siswa memahami konsep jarak dimensi tiga menggunakan software Geogebra 3D. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe validation study. Pendekatan STEM dengan konteks sains. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII SMA Sriwijaya Negara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, membuat rekaman video tentang aktivitas kerja kelompok, mengumpulkan hasil kerja siswa, memberikan tes awal dan tes akhir, dan mewawancarai siswa. Data dianalisis secara restropektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang diperoleh dapat membantu siswa dalam memahami konsep jarak dimensi tiga, yaitu memahami konsep jarak titik ke titik sebagai langkah awal pemahaman konsep phytagoras, menemukan makna dari jarak titik ke garis dengan proyeksi berbantu software Geogebra 3D, membuat sketsa yang memuat di dalamnya posisi titik, garis, dan bidang berbantu software Geogebra 3D. Penggunaan fitur Augmented Reality (AR) yang terdapat pada software Geogebra 3D dalam pembelajaran jarak dimensi tiga dengan pendekatan STEM dapat membantu siswa memahami konsep jarak dimensi tiga serta dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas.

Article Details

How to Cite
Aditya, P., Ilma Indra Putri, R., Susanti, E., & Aisyah, N. (2022). Augmented Reality (AR) pada Geogebra 3D untuk Menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory Dalam Pembelajaran STEM Materi Jarak Dimensi Tiga Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 40-58. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.8519
Section
Artikel

How to Cite

Aditya, P., Ilma Indra Putri, R., Susanti, E., & Aisyah, N. (2022). Augmented Reality (AR) pada Geogebra 3D untuk Menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory Dalam Pembelajaran STEM Materi Jarak Dimensi Tiga Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 40-58. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.8519

References

Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Penggunaan software Cabri 3d dalam pembelajaran matematika upaya meningkatkan kemampuan visualisasi spasial matematis siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.972

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Ahmad, I. F. (2020). Asesmen alternatif dalam pembelajaran jarak jauh pada masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Akbar, P., Handayani, D., & Mirza, A. (2020). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas 12 pada materi dimensi tiga melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 900–913. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.330

Anderson, J., Holmes, K., Tully, D., & Williams, G. (2017). STEM professional learning: evaluating secondary school teachers’ and students’ experiences. Mathematics Education Research Group of Australasia., 587–590.

Annizar, A. M., Archi, M. M., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa pada topik geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA pada dimensi tiga melalui model pembelajaran PBL berbantuan alat peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan Augmented Reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2020). Analisis desain pembelajaran STEM berdasarkan kemampuan 4C di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1). https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24530

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis melalui penggunaan software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221–230. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758

Awaludin, A. A. R., Hartuti, P. M., & Rahadyan, A. (2019). Aplikasi Cabri 3D berbantu Camtasia Studio untuk pembelajaran matematika di SMP. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2872

Babys, U. (2017). Kemampuan literasi matematis Space and Shape dan kemandirian siswa SMA pada discovery learning berpendekatan RME-PISA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2). https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82

Botana, F., Kovacs, Z., Martmez-Sevilla, A., & Recio, T. (2019). Automatically Augmented Reality with GeoGebra. In Augmented Reality in Educational Settings. https://doi.org/10.1163/9789004408845_015

Burger, W. F., & Shaughnessy, J. M. (2020). Characterizing the Van Hiele Levels of development in geometry. Journal for Research in Mathematics Education, 17(1). https://doi.org/10.5951/jresematheduc.17.1.0031

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1). https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Fathoni, A. (2020). STEM: Innovation in vocational learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22832

Fidera, M. M. A., & Ihsan, M. (2020). Pemanfaatan fotogrametri untuk model 3 dimensi dengan visualisasi menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Jurnal ENMAP., 1(2), 67–80. https://doi.org/10.23887/em.v1i2.28170

FKIP, E., Razak, F., & Sutrisno, A. B. (2017). Analisis tingkat berpikir siswa berdasarkan Teori Van Hiele pada materi dimensi tiga ditinjau dari gaya kognitif field dependent. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 7(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4214

Giyanto, H. L., & Rubini, B. (2020). Sel Volta dengan pendekatan STEM Modeling. Linda Lestari.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. In Educational Design Research. https://doi.org/10.4324/9780203088364-12

Heriani, A. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran dimensi tiga berbasis STEM dalam pembelajaran PjBL (Project Based Learning) di kelas XII SMA.

Hidayat, T. (2021). Penggunaan aplikasi Geogebra sebagai media pembelajaran matematika SMK. Inovasi Pendidikan, 8(1), 118–127. https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2573

Ibili, E., Resnyansky, D., & Billinghurst, M. (2019). Applying the technology acceptance model to understand maths teachers’ perceptions towards an augmented reality tutoring system. Education and Information Technologies, 24(5). https://doi.org/10.1007/s10639-019-09925-z

Irfandi, B., Netti, S., & Amelia, P. (2020). Profil tingkat kognitif siswa kelas XII pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2).https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5203

Irmita, L. U. (1970). Pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) pada materi kesetimbangan kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 26–36. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2665

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada pembelajaran sains. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2.

Kania, N. (2017). Efektivitas alat peraga konkret terhadap peningkatan visual thinking siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Kramarenko, T. H., Pylypenko, O. S., & Zaselskiy, V. I. (2020). Prospects of using the Augmented Reality application in STEM-based Mathematics teaching. CEUR Workshop Proceedings, 2547. https://doi.org/10.31812/educdim.v53i1.3843

Kusuma, R. A., & Lestari, H. P. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa berbantuan Geogebra untuk pembelajaran dengan metode penemuan penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Kusumo, B. S., Wibowo, T., & Yuzianah, D. (2020). Kemampuan visualisasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan sikap matematis siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1200

Mahendra, E. (2020). Pengembangan buku ensiklopedi kingdom plantae berbasis Augmented Reality 3 dimensi terhadap hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 1 Kuta. Jurnal Pendidikan Payan Mas, 4(3), 116–124.

Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Powerpoint disertai visual basic for application materi jarak pada bangun ruang kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.5

Masriah, Sukestiyarno, & Susilo, B. (2015). Pengembangan karakter mandiri dan pemecahan masalah melalui model pembelajaran MMP pendekatan atong materi geometri. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7598

Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa smadalam menjawab soal dimensi tiga berdasarkan Teori Newman. MAJU, 7(2), 182–190.

Meganingtyas, D. E. W. (2021). Pemanfaatan software Cabri, GeoGebra, dan SketchUp sebagai media visualisasi konsep matematika pada materi geometri ruang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.20122

Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan buku siswa materi jarak pada ruang dimensi tiga berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based Learning di kelas X. Jurnal Elemen, 3(1). https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.273

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nursasongko, A., Mariani, S., & Dwijanto. (2020). The ability of problem-solving for eighth grade student on cooperative problem solving learning assisted by Geogebra 3D. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2).

Prabowo, A., & Juandi, D. (2020). Analisis situasi didaktis dalam pembelajaran matematika berbantuan ICT pada siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1). https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.32573

Puspitasari, P., & Ratu, N. (2019). Deskripsi pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten Space and Shape. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.431

Putri, D. P., Manfaat, B., & dan Haqq, A. A. (2020). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi hambatan belajar pada materi matriks. Jurnal Analisa, 6(1).

Rashevska, N. V., Semerikov, S. O., Zinonos, N. O., Tkachuk, V. V., & Shyshkina, M. P. (2020). Using augmented reality tools in the teaching of two-dimensional plane geometry. CEUR Workshop Proceedings, 2731. https://doi.org/10.31812/123456789/4116

Reeve, E. M. (2013). Implementing Science, Technology, Mathematics and Engineering (STEM) education in Thailand and in ASEAN. Bangkok: Institute for the Promotion of Teaching Science and Technology (IPST).

Simarmata, J., Sianihuruk, L., Ramadhani, R., Safitri, M., Wahyuni, D., & Iskanda, A. (2020). Pembelajaran STEM berbasis HOTS dan penerapannya. Yayasan Kita Menulis.

Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan soal untuk mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa. Jurnal Gantang, 5(2). https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518

Torlakson, T. (2014). Innovate: A blueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: California Departement Of Education.

Van Hiele, P. . (1986). Structure and insight. A theory of mathematics education. London: Academic Press.

Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan media Geogebra dalam pembelajaran geometri ruang untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049

Yanuarti, S. (2018). Penerapan pembelajaran berbasis Predict, Observe, Explain (POE) pada pembelajaran geometri di kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1).

Yi, M., Flores, R., & Wang, J. (2020). Examining the influence of van Hiele theory-based instructional activities on elementary preservice teachers’ geometry knowledge for teaching 2-D shapes. Teaching and Teacher Education, 91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103038

Yulia, Zubainur, C. M., & Johar, R. (2019). Keterlibatan perilaku siswa dalam pembelajaran matematika melalui STEM-PjBL di SMPN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 4(1).