Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Active Presenter Pada Materi Operasi Aritmetika

Main Article Content

Marhamah Marhamah
Eka Fitri Puspa Sari
Hanifah Maulani Suyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran menggunakan aplikasi Active Presenter materi operasi aritmatika SMA di Lubuklinggau yang valid dan praktis, serta melihat keefektifan video yang telah dikembangkan. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Pengembangan media video pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE. Sampel penelitian ini X 2 yang berjumlah 27 peserta didik SMA di Lubuklinggau TA. 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas video pembelajaran yang dikembangkan, yakni: (1) lembar angket validasi untuk mengukur kevalidan; (2) angket respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan; (3) soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran menggunakan aplikasi Active Presenter materi operasi aritmatika yang telah dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian kevalidan menurut dari 3 validator (2 dosen dan 1 guru) dinilai dari keseluruhan aspek yaitu materi, desain, media dan bahasa dengan persentase yang diperoleh 84,75 dengan kriteria sangat valid, video pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan diperoleh nilai 74,21 dengan kriteria praktis, dan untuk kualitas keefektifan menunjukkan nilai persentase ketuntasan 83,35 dengan kriteria sangat efektif.

Article Details

How to Cite
Marhamah, M., Sari, E. F. P., & Suyono, H. M. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Active Presenter Pada Materi Operasi Aritmetika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 126-137. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.8996
Section
Artikel

How to Cite

Marhamah, M., Sari, E. F. P., & Suyono, H. M. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Active Presenter Pada Materi Operasi Aritmetika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 126-137. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.8996

References

Akbar, R. R. A., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 209–215. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2343

Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan media video animasi guna meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masa pandemic covid 19 di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 243–251. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156

Amri, N. U., & Lestaringsih, L. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Ceramah pada Materi Barisan Aritmatika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2774

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Cheppy, R. (2017). Pedoman Pengembangan Media Video. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3).

Hitasthana, M. S., Putra, I. N. A. J., & Pratiwi, N. P. A. (2021). Developing learning media using Active Presenter for eleventh-grade students of SMK Negeri 1 Bangli. Language and Education Journal Undiksha, 4(2), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/leju.v4i2.34541

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902

Ismail, S. R. J., Mulyanto, A., & Olii, S. (2022). Pengembangan Media Video Tutorial Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Materi Struktur Percabangan pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Journal of Information Technology Education, 2(1).

Komara, A. T. (2014). Keterkaitan e-service quality dan e-recovery service quality maskapai penerbangan air asia dengan menggunakan structural equation modelling. Jurnal Computech &Amp; Bisnis (e-Journal), 8(2), 101–111. https://doi.org/https://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/173/302

Rahmaini, R., & Novita, N. (2018). Pemanfaatan active presenter sebagai teknologi pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2), 70–78. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i2.2897

Setiabudi, D. H., Gunawan, I., & Mujianto, T. (2004). prototipe video editor dengan menggunakan Direct X dan Direct Show. Jurnal Informatika, 5(2), 95–105. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.9744/informatika.5.2.pp.%2095-105

Sulthon, S. (2020). Membangun pemahaman konsep dasar matematika pada anak berkesulitan belajar matematika di MI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 27–40. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2457

Sunarti, S. (2020). Kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis video melalui Active Presenter. Jurnal Perspektif, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i1.5