Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbasis Unity of Sciences dengan BOT API Telegram pada materi barisan dan deret geometri

Main Article Content

Zakiyatur Rosidah
Emy Siswanah
Ahmad Aunur Rohman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis unity of sciences dengan bot API Telegram pada materi barisan dan deret geometri yang valid, praktis, dan efektif di SMK Negeri 4 Kendal. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi, angket, wawancara, dan tes. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X RPL 2 sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dinyatakan layak pasca melalui validasi ahli dengan rerata skor 3,73 berkriteria sangat valid. Dalam hal kepraktisan, diperoleh rerata skor 3,43 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil uji keefektifan menggunakan uji t—berkolerasi (related) dengan dk = 35—2 = 33 dan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 2,694 > ttabel = 1,967. Begitupun, dari uji N-Gain diperoleh skor 0,3107 berkriteria sedang. Hal ini menunjukkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis unity of sciences dengan bot API Telegram pada materi barisan dan deret geometri efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
 

Article Details

How to Cite
Rosidah, Z., Siswanah, E., & Rohman, A. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbasis Unity of Sciences dengan BOT API Telegram pada materi barisan dan deret geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 193-206. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.9387
Section
Artikel

How to Cite

Rosidah, Z., Siswanah, E., & Rohman, A. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbasis Unity of Sciences dengan BOT API Telegram pada materi barisan dan deret geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 193-206. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.9387

References

Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badriyah, M. (2020). Asyiknya belajar matematika dengan BOT Telegram. Jakarta: PT Cipta Gadhing Artha.

BSNP. (2014). Instrumen penilaian buku teks pelajaran SMA/MA komponen kelayakan kegrafikan. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Ernadila, Z. U., Hendrika, T. P., & Hidayatullah, A. F. (2021). Implementasi Unity of Science terhadap Visi dan Misi UIN Walisongo Semarang. 10(1), 7–13. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.7139

Fauziah, F., Amelia, R., & Wahyuni, Y. (2021). Pemanfaatan software Geogebra untuk meningkatkan keterampilan guru matematika SMP/MTS di kecamatan Lengayang. Jurnal Implementasi …, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.37301/iris.v1i1.9

Fitriani, U., & Rohman, A. A. (2021). Students’ mathematical communication skills through vlog in project-based learning based on the unity of sciences. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012119

Jayani, D. H. (2020). Orang Indonesia habiskan hampir 8 jam untuk berinternet. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/, 1.

Kemendikbud. (2018). Lampiran Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 464/D.D5/KR/2018. Jakarta.

Khaeroni, K., & Nopriyani, E. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa kelas V SD/MI pada pokok bahasan sistem koordinat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018

Khaira, N., Idris, K., & Bahri, S. (2021). Pembelajaran matematika terintegrasi nilai keislaman untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 89–100. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.47766/ar-riyadhiyyat.v1i2.1150

Khoirunnisa’, S. K. (2021). Urgensi menulis dalam Al-Qur ’ an surat Al- ‘Alaq ayat 1-5. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. . (2017). Landasan pendidikan: Dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Jakarta: Kencana.

Prawiradilaga, D. . (2016). Wawasan teknologi pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Prokopyev, M. S. (2021). The technology of using telegram messenger as an e- learning tool. 7, 229–238. https://doi.org/10.24115/S2446-622020217Extra-C1007p.229-238

Ramadhan, F. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika dengan bot api media sosial telegram di Akademi Farmasi Surabaya. It-Edu, 2(02).

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Sudijono, A. (2015). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supena, I. (2014). Paradigma unity of science IAIN Walisongo dalam tinjauan filsafat ilmu. In Laporan Penelitian Individu. Semarang: IAIN Walisongo Semarang.

Telegram. (2015). Telegram Bot API.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Umayani, E. (2019). Aplikasi e-modul berbasis android dalam mata pelajaran administrasi sistem jaringan di SMK Negeri 1 Purbalingga.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Widiyaningsih, B., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan dan pemanfaatan multimedia pembelajaran matematika dengan Powtoon di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 9(1), 47–57.

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Jakarta: Kencana.