sosiasi Adversity Quotient (AQ) dengan Prestasi Belajar Calon Guru Matematika IAIN Kediri di Masa Pembelajaran Daring

Main Article Content

Eka Resti Wulan
Yuli Indah Kurniawati
Dini Nur Diantik
Nala Rahmatul Maula

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada asosiasi antara Adversity Quotient (AQ) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kediri di masa pembelajaran dalam jaringan. Penelitian berjenis deskriptif korelatif. Instrumen penelitian ini berupa angket Adversity Respons Profile (ARP). Sedangkan dokumentasi Indeks Pretasi Komulatif (IPK) sebagai prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor AQ mahasiswa ada pada kategori Camper. Rata-rata IPK  mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kediri angkatan 2018 berada pada klasifikasi sangat memuaskan sebesar 3,484. Perhitungan dengan Pearson Correlation menunjukkan nilai rhitung (=0,375) yang kurang dari rtabel  (=0,2960), maka dapat disimpulkan ada hubungan atau korelasi signifikan antara variabel AQ dengan variabel prestasi belajar. Hasil Pearson Correlations bernilai positif, sehingga semakin meningkatnya AQ akan meningkat pula prestasi belajar mahasiswa. Dosen dapat menyediakan stimulasi dan fasilitasi pembimbingan terstruktur melalui pelevelan tantangan atau permasalahan. Hal tersebut dapat menambah semangat dan motivasi mahasiswa calon guru matematika    untuk melatihkan kegigihannya sebelum memasuki dunia kerja.

Article Details

How to Cite
Wulan, E. R., Kurniawati, Y. I., Diantik, D. N., & Maula, N. R. (2021). sosiasi Adversity Quotient (AQ) dengan Prestasi Belajar Calon Guru Matematika IAIN Kediri di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 145-156. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.9786
Section
Artikel

How to Cite

Wulan, E. R., Kurniawati, Y. I., Diantik, D. N., & Maula, N. R. (2021). sosiasi Adversity Quotient (AQ) dengan Prestasi Belajar Calon Guru Matematika IAIN Kediri di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 145-156. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.9786

References

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Cerya, E. (2017). Pentingkah adversity quetient dalam pencapaian prestasi akademik di perguruan tinggi? PAKAR Pendidikan, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/pakar.v15i2.59

Diana, N. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Mahasiswa dengan Adversity Quotient dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SNMPM), 2(1), Article 1.

Hastuti, T. D. (2018). Student profile with high adversity quotient in math learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 012131.

Hidayat, W., & Husnussalam, H. (2019). The adversity quotient and mathematical understanding ability of pre-service mathematics teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 012025.

Hidayat, W., Wahyudin, & Prabawanto, S. (2018). The Mathematical Argumentation Ability and Adversity Quotient (AQ) of Pre-Service Mathematics Teacher. Journal on Mathematics Education, 9(2), 239–248.

Huda, T. N., & Mulyana, A. (2017). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1336

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Juwana, I. D. P., & Wiguna, D. G. E. S. (2019). Determinasi Konsep Diri dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) terhadap Kreativitas Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali: Determination of Self-Concept and Adversity Quotient on Student Creativity in S1 Mathematics Education Department IKIP PGRI Bali. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), Article 1.

Kusumawardani, L., Susanto, S., & Yuliati, N. (2017). Student thinking process in solving open-ended problem of the PISA model of space and shape contents based on Adversity Quotient (AQ). https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99094

Matore, M. E. E. M., Khairani, A. Z., & Razak, N. A. (2015). The Influence of AQ on the Academic Achievement among Malaysian Polytechnic Students. International Education Studies, 8(6), 69–74.

Mayasari, D., & Pagiling, S. L. (2020). Efektifitas Pembelajaran Problem Solving Ditinjau dari Daya Juang dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i2.5779

Mulyani, E., Wahyuningsih, S., & Natalliasari, I. (2019). Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.418

Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5929

Parvathy, U., & Praseeda, M. (2014). Relationship between adversity quotient and academic problems among student teachers. Journal of Humanities and Social Science, 19(11), 23–26.

Pertiwi, N. L. C., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Hubungan antara adversity quotient (aq) dengan hasil belajar matematika. Journal of Education Technology, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21707

Rahman, S. A. (2017). Pengaruh kecerdasan adversity quotient terhadap prestasi akademik (ipk) mahasiswa pendidikan matematika. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), Article 1.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity quotient: Mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta: Grasindo.

Sudirman, A., & Muttaqiyathun, A. (2020). Pengaruh adversity quotient, emotional quotient, dan stres terhadap prestasi akademik mahasiswa ( studi kasus pada mahasiswa yang mengikuti organisasi mahasiswa di universitas ahmad dahlan). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.12928/fokus.v8i1.1578

Suryadi, B., & Santoso, T. I. (2017). Self-Efficacy, Adversity Quotient, and Students’ Achievement in Mathematics. International Education Studies, 10(10), 12–19.

Wulan, E. R., & Rosidah, N. I. (2020). Bagaimana problem solving geometri ruang dari level berpikir van hiele siswa? Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 22–40.

Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan, M. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43–57.