Pembelajaran Holistik Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis

Main Article Content

Andi Eliyah Humairah
Rahmawati Ramli
La Ode Ismail Ahmad
Abd Rahman Sakka

Abstract

Pembelajaran holistik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang membangun manusia secara keseluruhan dan utuh dengan mengembangkan semua potensi manusia yang mencakup potensi sosial-emosional, potensi intelektual, potensi moral (karakter), kreatifitas, dan spiritual. Artikel ini bertujuan mengulas pembelajaran holistik dalam perspektif al-Qur’an dan hadis. Dengan menggunakan metode kualitatif secara deskriptif-analitis, artikel ini menyimpulkan bahwa pembelajaran holistik dalam perspektif al-Qur’an dan hadis mencakup dua hal penting, yakni Nabi sebagai figur pendidik dan pendidikan sebagai proses pendewasaan jasmani dan rohani. Kedua hal ini menjadi urgen dalam konteks kekinian, karena dapat menuntun manusia berjiwa humanisme, yakni manusia dapat lebih mengenal dirinya dengan berdasar memanusiakan manusia, agar ia benar-benar mampu menjadi khalifah di muka bumi. Dalam perspektif al-Qur’an dan hadis, pembelajaran holistik dapat meningkatkan kecerdasan motorik, emosional, intelektual dan spiritual yang ditandai dengan kedewasaan jasmani dan rohani. Dalam proses belajar-mengajar, terjadi proses tahapan yang menuntut kesabaran dalam menghadapinya sehingga keikhlasan menjadi tuntutan utama. Dengan ilmu yang dimiliki, seseorang dapat beramal saleh dengan mudah dan dapat mengantarkannya menuju surga Allah.

Article Details

How to Cite
“Pembelajaran Holistik Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 2 (December 31, 2023): 223–239. Accessed May 21, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/21638.
Section
Articles

How to Cite

“Pembelajaran Holistik Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 2 (December 31, 2023): 223–239. Accessed May 21, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/21638.

References

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail bin Ibrahim. Shahih al-Bukhari. CD Room: al-Maktabah al-Syamilah, Digital.
Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. Tafsir al-Maraghi. Kairo: Maktabah al-Shafa, t.th.
Al-Naisaburi, Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj. Shahih Muslim. CD Room: al-Maktabah al-Syamilah, Digital.
Al-Qazwini, Ibnu Majah Abu Abdullah. Sunan Ibnu Majah. CD Room: al-Maktabah al-Syamilah, Digital.
Al-Sijistani, Abu Dawud Sulaiman. Sunan Abu Dawud. CD Room: al-Maktabah al-Syamilah, Digital.
Al-Syaibani, Ahmad bin Hanbal Abu Abdullah. Musnad Ahmad bin Hanbal. CD Room: al-Maktabah al-Syamilah, Digital.
Al-Tirmidzi, Muhammad bin Isa Abu Isa. Sunan al-Tirmidzi. CD Room: al-Maktabah al-Syamilah, Digital.
Al-Zarnuji, Burhanul Islam. Ta’lim al-Muta’alim Thariq al-Ta’alum. Beirut: al-Maktabah al-Islami, 2001.
Azman, Zainal. “Pendidikan Islam Holistik Dan Komprehensif”. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2019).
Badrudin. “Peserta Didik dalam Perspektif Al-Qur’an (Interpretasi QS. at-Taubah: 122 dan al-Kahfi: 60)”. al-Fath 6, no. 1 (2012).
Fahmi, Nurul. “Pendekatan Holistik Melalui Pendidikan Islam”. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 9, no. 1 (2017).
Fahruriza, Okta. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Inovatif”. Al-Munqidz: Jurnal Kajian dan Keislaman 8, no. 1 (2020).
Fitria, Yenni. “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Holistik”. Tarbawi: Jurnal Pendidikan 11, no. 1 (2022).
Halida. Penerapan Model Networked (jejaring) dalam Pembelajaran Terpadu Pendidikan Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikan FKIP UNTA, 2015.
Hamzah, Syeh Hawib. “Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik”. Dinamika Ilmu 12, no. 1 (2012).
Hidayat, Taufik. et al. “Pendidikan Holistik Dalam Perspektif Hadis,” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (2022).
Mardiah, Anisatul. et. al. “Family: Foundation of Children's Education in the Era of Qur'anic Disruption”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 5 (2023).
Mariani. “Pendidikan Holistik Dalam Islam: Studi Terhadap IQ, EQ dan SQ”. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 11, no. 1 (2021).
Messy. et. al. “The Implementation of Holistic Learning Strategies”. El-Rusyd 8, no. 1 (2023).
Musfah, Jejen. Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2012.
MZ, Zaenal Abidin. “Estimologi Pendidikan dan Hakikat Pendidikan Islam”. Taujih: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2019).
Noviyanti, Etika. et. al. “Pemahaman Hadis Larangan Berbicara Ketika Di Kamar Mandi (Studi Validitas Dalam Kitab At-Targhib Wa At-Tarhib Karya Al-Mundziri)”. Al-Shamela: Journal of Quranic and Hadith Studies 1, no. 2 (2023).
Parida, Isti. et. al. “Etika Perceraian Dalam QS. Al-Thalaq dan Implikasinya Secara Teologis serta Sosiologis)”. Al-Shamela: Journal of Quranic and Hadith Studies 1, no. 2 (2023).
Pare, Alprianti, dan Sihotang, Hotmaulina. “Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital”. Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023).
Radila. et. al. “Figur Peserta Didik Ideal DalamTafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahf Ayat 60-78”. Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 12, no. 1 (2023).
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.
Rohmah, Riza Mi’rotul. et. al. “Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 11, no. 1 (2023).
Safaat, Saat. “Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an,” Tesis, Institut PTIQ Jakarta, 2017.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Sulaiman. “Pola Modern Organisasi Pengembangan Kurikulum”. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 14, no. 1 (2013).
Usman, Muh. Khusnul khuluq, Awaru, A. Octamaya Tenri. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Holistik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMA Kabupaten Sinjai”. Pinisi Journal Of Sociology Education Review 2, no. 1 (2022).
Widyastono, Herry. “Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 18, no. 4 (2012).
Wulandari, Fitria. et. al. “Konsep Pendidikan Holistik Dalam Membina Karakter Islami”. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2021).
Wulandari, Dwi Erni. Pendidikan Holistik Dalam Perspektif Pendidikan Islam, Tesis: UIN Raden Intan Lampung, 2018.
Yestiani, Dea Kiki, Zahwa, Nabila. “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar”. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2020).
Yogiswari, Krisna Sukma. “Pendidikan Holistik Jiddu Krishnamurti”. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 5, no. 1 (2018).
Zaitun. Sosiologi Pendidikan. Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2016.
Zulfikar, Eko. Karakteristik Ulul Albab: Menuju Kepribadian Islami di Era Disrupsi Digital. Bogor: Guepedia, 2023.
Zulfikar, Eko. Munasabah Al-Qur’an: Telaah Keterkaitan antara Kandungan Makna dengan Nama-Nama Surat Juz ‘Amma. Surakarta: CV. Djiwa Amarta, 2023.
Zulfikar, Eko. “Makna Ulu al-Albab dalam Al-Qur’an: Analisis Semantik Toshihiko Izutsu”. Jurnal Theologia 29, no. 1 (2018).
Zulherma. et al. “Konsep Pendidikan Rasulullah Dan Refleksi Pada Kompetensi Holistik Sahabat”. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama 3, no. 2 (2021).