Ragam Qirā’āt dalam Kitab Ilmu Tajwid: Perspektif al-Qirā’āt al-Sab’ Berdasarkan Ṭarīq al-Syāṭibiyyah

Main Article Content

Hana Maulydiah
Mutmainah

Abstract

Pengkajian dengan menggunakan kitab ilmu tajwid karya ulama Timur Tengah sebagai bahan ajar pembelajaraan masih sangat menjaga eksistensinya. Namun dalam pengkajiannya, masih banyak yang mengira bahwa semua kitab tajwid yang dijadikan kurikulum pembelajaran di Nusantara itu ditulis berdasarkan qirā’ah ‘Āṣim riwayat Ḥafṣ, sebagaimana yang digunakan di Nusantara. Kesalahpahaman tersebut menyebabkan kesalahan dalam praktik bacaan dan menyebabkan pencampuradukan riwayat dalam bacaan al-Qur’an. Di antaranya ialah kesalahpahaman dalam memahami isi yang terdapat dalam kitab ilmu tajwid, yaitu kitab Mursyid al-Wildān dan Fatḥ al-Aqfāl. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan fokus penelitian menggunakan ilmu qirā’ah imam al-Syāṭibi (w. 590 H). Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kaidah-kaidah uṣūliyyah dalam kitab Mursyid al-Wildān dan Fatḥ al-Aqfāl, memiliki pembahasan kaidah yang sama, namun terdapat tambahan pada kitab Mursyid al-Wildān terkait pembahasan ḥurūf al-tafkhīm dan qalqalah. Adapun hasil analisis berdasarkan ṭarīq al-syāṭibiyyah, memiliki kesamaan kaidah dalam pembahasan al-madd al-muttaṣil dan al-madd al-munfaṣil. Sedangkan ikhtilāf yang terdapat dalam bab al-idgām al-mutamāṡilain, al-mutajānisain, al-mutaqāribain, dan al-madd al-badal hanya ditemukan dalam kitab Fatḥ al-Aqfāl.

Article Details

How to Cite
Hana Maulydiah, and Mutmainah. “Ragam Qirā’āt Dalam Kitab Ilmu Tajwid: Perspektif Al-Qirā’āt Al-Sab’ Berdasarkan Ṭarīq Al-Syāṭibiyyah”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (August 16, 2024): 535–555. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/24107.
Section
Articles

How to Cite

Hana Maulydiah, and Mutmainah. “Ragam Qirā’āt Dalam Kitab Ilmu Tajwid: Perspektif Al-Qirā’āt Al-Sab’ Berdasarkan Ṭarīq Al-Syāṭibiyyah”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (August 16, 2024): 535–555. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/24107.

References

Abdurrozaq, Novandi, and Jaenal Abidin. “Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan.” Jurnal Al-Ulum Universitas Islam Madura 9, no. 2 (2022).

Abī ‘Abdillāh Muḥammad. Kanz Al-Ma’ānī Fī Syarḥ Ḥirz al-Amānī. Bairūt: Dar Al-Kutub Al-’Ilmiyyah, n.d.

Al-Ḍibbāʻ, ‘Alī Muḥammad. Irsyād Al-Murīd Ilā Maqṣūd al-Qaṣīd. Kairo: Al-Maktabah Al-Azhariyyah Al-Turāṡ, 2011.

Al-Farraḥ, Saʻīd Lāsyīn Abū, and Khālid Muḥammad Al-Ḥāfiẓ. Taqrīb Al-Maʻānī Fī Syarḥ Ḥirz al-Amānī Fī al-Qirā’āt al-Sabʻ. Madinah: Dār al-Zamān, 2003.

Al-Gauṡānī, Yaḥyā. Taisīr Aḥkām Al-Tajwīd. Damaskus: Dār Al-Gauṡāni, 2006.

Al-Jamzūriy, Sulaimān. Fatḥ Al-Aqfāl Bi Syarḥ Tuḥfah al-Aṭfāl. Semarang: Pustaka ’Alawiyyah, n.d.

Al-Marʻasylī, Yusuf. Naṡr Al-Jawāhir Wa al-Durrar Fī 'Ulamā’ al-Qarn al-Rābiʻ ’Asyar. Bairūt: Dār Al-Maʻrifah, 2006.

Al-Qāḍī, ‘Abd Al-Fattāḥ ‘Abd Al-Ganiy. Al-Wāfī Fī Syarḥ al-Syāṭibiyyah. Kairo: Dār Al-Salām, 2021.

Al-Qaṭān, Mannaʻ. Mabāḥiṡ Fī ʻUlūm Al-Qur’ān. Terj. Umar Mujtahid, Dasar-Dasar Ilmu Al-Qur’an. Jakarta Timur: Ummul Qura, 2020.

Aly, Fahmy. “Implementasi Kitab Hidayatus Shibyan Dalam Penguasaan Ilmu Tajwid Pada Santri Kelas Al-Imrithi Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur.” Skripsi Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro, 2022.

Faiz, Muchammad Nur. “Efektivitas Penerapan Kitab Hidayatus Shibyan Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Asnawi Desa Salamkanci Kecamatan Bandongan Tahun 2023.” Skripsi Sarjana, Fakultas Agama Islam, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi (UNDARIS), 2023.

Fathoni, Ahmad. Metode Maisura. Tangerang Selatan: Yayasan Bengkel Metode Maisura, 2019.

Fathurrozi, Mohammad. “Bolehkah Mencampur Qira’at Saat Baca Al-Qur’an?” NU Online, March 13, 2018. https://islam.nu.or.id/ilmu-al-quran/bolehkah-mencampuradukkan-qira-at-saat-baca-al-qur-an-ajqfl.

Hanif, Fakhrie. “Perbedaan Bacaan Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Menurut Thariq Al-Syatibi Dan Ibn Al-Jazari Pada Qira’at ‘Ashim Riwayat Hafs.” Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1 (2015).

Holili, Moh Fawaid, Bahar Agus Setiawan, and Badrut Tamami. “Hubungan Antara Pemahaman Kitab Tuhfatul Athfal Dengan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Qarnain BaletBaru Sukowono Jember.” Universitas Muhammadiyah Jember, n.d.

Imron, Ali. “Efektivitas Penerapan Kitab Tuhfatul Athfal Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Raudhatul Huda Al-Islamy Sidomulyo Pesawaran.” Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.

Ismā’īl, ‘Abdurroḥmān bin. Ibrāz Al-Ma’ānī Min Ḥirz al-Amānī. Dar Al-Kutub Al-’Ilmiyyah, n.d.

Khoirunnissa, Jihan. “72% Muslim RI Buta Aksara Al-Qur’an, Waket MPR: Perbanyak Guru Ngaji.” DetikNews, March 10, 2023. https://news.detik.com/berita/d-6610777/72-muslim-ri-buta-aksara-al-quran-waket-mpr-perbanyak-guru-ngaji.

Munawwir, Ahmad warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Penerbit Pustaka Progressif, 1997.

Munir, Ahmad. “Kajian Ilmu Tajwid Pada Kitab Tuhfatul Athfal Karya Syaikh Sulaiman bin Husain Bin Muhammad Bin Syalabi Al-Jamzury Dan Relevansinya Dengan Materi Ajar Al-Qur’an Hadits Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah.” Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo, 2018.

Mustautina, Inayatul. “Sejarah Ilmu Tajwid Di Nusantara.” Skripsi Sarjana, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Ilmu Al-Qur’an, Jakarta, 2018.

Nabhān, Saʻīd. Mursyid Al-Wildān. Surabaya: Maktabah Balai Buku, n.d.

Najah, Faizun and Ach Murajiz Bashri. “Efektivitas Metode Pembelajaran Sorogan Pada Pembelajaran Hidayatus Shibyan Santri Madrasah Diniyah Kelas 1 Nurul Jadid Blumbang Pragaan Daya Sumenep.” Jurnal Jendela Pendidikan 3, no. 1 (2023).

Naṣr, ʻAtiyyah Qābil. Gāyah Al-Murīd Fī ʻIlm al-Tajwīd. Kairo: Al-Ṭabʻah Al-Sabīʻah Mazīdah wa Munāqahah, n.d.

Rahayu, Tri. “Hubungan Antara Pemahaman Kitab Tuhfatul Athfal Dengan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Hidayatussalam Al-Munawaroh Dadi Rejo.” Jurnal Misbahul Ulum 2, no. 2 (2020).

Reski, Abdul Qahar Zainal, and Muh. Aidil Sudarmono. “Eketifitas Kitab Tuhfatul Athfal Dalam Mempelajari Ilmu Tajwid Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Imam Ashim Makassar.” Qanun: Jurnal of Islamic Laws and Studies 2, no. 1 (2023).

Situs Resmi IIQ Jakarta. “Hasil Riset: Angka Buta Aksara Al-Qur’an Di Indonesi Tinggi, Sebegini.” September 16, 2022. https://iiq.ac.id/berita/hasil-riset-angka-buta-aksara-al-quran-di-indonesia-tinggi-sebegini/.

Syarifah, Nur Zaidatus, Robingun Suyud El Syam, and Ali Imron. “Implementasi Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Sibyan Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Santri Asrama SD Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Mojotengah Wonosobo.” Jurnal Faidatuna 4, no. 2 (2023).