Pendidikan Perempuan Berbasis Al-Qur’an: Upaya Mengatasi Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan di Indonesia

Main Article Content

Annisa Rahmania Azis
Ahmad Yusam Thobroni

Abstract

Artikel ini bertujuan membahas pentingnya pendidikan perempuan berbasis QS. An-Nisa’ Ayat 32 dan QS. An-Nahl Ayat 97 dalam mengatasi ketidaksetaraan gender dalam pendidikan di Indonesia. Meskipun kemajuan telah dicapai, perempuan masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengakses pendidikan yang setara, terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini menyoroti perlunya kurikulum yang inklusif dan sensitif terhadap gender, serta pelatihan kesadaran gender bagi pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang tidak diskriminatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya prinsip Al-Qur’an mengedepankan keadilan dan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam mendapatkan Pendidikan. Selain itu, dalam Al-Qur’an, Allah juga memberikan tantangan bagi kaum laki-laki dan perempuan untuk mengejar prestasi. Laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan kemakmuran. Artikel ini menyimpulkan bahwa pendidikan yang setara bagi perempuan bukan hanya penting untuk pengembangan individu, tetapi juga untuk kemajuan sosial dan ekonomi secara keseluruhan, sehingga menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Article Details

How to Cite
Azis, Annisa Rahmania, and Ahmad Yusam Thobroni. “Pendidikan Perempuan Berbasis Al-Qur’an: Upaya Mengatasi Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan Di Indonesia”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (December 6, 2024): 828–847. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/25220.
Section
Articles

How to Cite

Azis, Annisa Rahmania, and Ahmad Yusam Thobroni. “Pendidikan Perempuan Berbasis Al-Qur’an: Upaya Mengatasi Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan Di Indonesia”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (December 6, 2024): 828–847. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/25220.

References

Abidin, Zainal, Tobibatussa’adah, and Abdul Mujib. “Praktek Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Pada.” Ri’Ayah 7, no. 02 (2022). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/5836/2962.

Adaruddin, Sahrani. “Feminisme Perspektif Islam.” Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama 14, no. 2 (2020): 245–253.

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–980.

Adriana, Iswah. “Kurikulum Berbasis Gender.” Tadris 4, no. 1 (2009).

Agusalim, Lestari, Sulistiyowati, and Shifa Nur Amalia. Gender Dan Pembangunan Ekonomi: Studi Lintas Provinsi Di Indonesia. Bojonegoro: Madza Media, 2023.

Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 1 (2013): 25–38.

Aisy, Salwa Rihadatul, Cucu Surahman, and Elan Sumarna. “Menggali Makna Tarbiyah Dalam QS. Ali Imran Ayat 79: Pendidikan Spiritual, Moral, Dan Sosial Umat Islam.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 2 (2024).

Amahoru, Archristhea, and Edi Ahyani. “Psikologi Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Semua Siswa.” JKPP: Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi 1, no. 1 (2023): 12–19.

Amanda, Dela, Evy Ratna Kartika Wati, Mega Nurrizalia, Rini Atika, Winda Fitria Ayumia, and Anggi Pratiwi. “Subordinasi Sebagai Bentuk Diskriminasi: Mengungkap Pola Struktural Yang Menghambat Kemajuan Kaum Perempuan.” Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial dan Humaniora 2, no. 5 (2024): 93–101.

Anwar, Akhmad Khoirul, Jaka Ghianovan, and Ida Kurnia Shofa. “Understanding the Concept of Gender in Qur’anic Interpretation (A Feminist Study of the Thought of M. Quraish Shihab).” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 1 (2024): 206–221.

Arifin. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

As-Shiba`i, Musthofa. Wanita Dalam Pergumulan Syari`at Dan Hukum Konvensional. Jakarta: Intimedia, 2003.

Astawa, I Nyoman Temon. “Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penjaminan Mutu 3, no. 2 (2017): 197–205.

Ayu, Dyah, Putri Zahra, M Rafiudin, Nur Laila, and Gunawan Santoso. “Peran Multikulturalisme : Menghadapi Tantangan Dan Membangun Kesetaraan Budaya.” Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) 01, no. 02 (2022): 165–173.

Bhina, Pkbm, and Bhina Swakarya. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit Di PKBM Bhina Swakarya.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1, no. 5 (2021): 74–86.

Budiati, Atik Catur. “Aktualisasi Diri Perempuan Dalam Sistem Budaya Jawa (Persepsi Perempuan Terhadap Nilai-Nilai Budaya Jawa Dalam Mengaktualisasikan Diri).” Pamator 3, no. 1 (2010).

Chaerunnisa, Luq Yana. “Integrasi Pendidikan Berbasis Gender Dengan Ilmu Islam ( Studi Kasus Di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang ) Integration of Gender-Based Education with Islamic Studies ( Case Study at MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang )” 5, no. March (2023): 30–38.

Damayanti, Dini, and Fitria Rismaningtyas. “Pendidikan Berbasis Responsif Gender Sebagai Upaya Meruntuhkan Segregasi Gender.” Jurnal Analisa Sosiologi 10 (2021).

Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Engineer, Asghar Ali. The Right of Woman in Islam. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 1994.

Firdaus,Dhomirotul. Arifin, Zainal. “Pendidikan Perempuan Perspektif Quraisy Syihab Dalam Tafsir Al-Misbah.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 29 (2014): 208–234.

Gustiana, Jelli. “Bias Gender Dalam Proses Pendidikan Islam.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender 13, no. 1 (2014).

Hafshah, Desy Riani. “Dinamika Kesetaraan Pendidikan Sebagai Fondasi SDGS.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 1, no. 3 (2024): 142–150.

Hakiemah, Ainun, Farida Nur Afifah, and Siti Muliana. “Kesetaraan Gender Dalam Al-Qur’an (Studi Atas Pemikiran Hamka Terkait Kewarisan).” Refleksi 20, no. 1 (2021): 1–20.

Hamise. “Perspektif Guru Terhadap Pendidikan Gender Di Madrasah Tsanawiyah.” Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak 8, no. 2 (2023): 87–98.

Handyka, Muhammad AmmarNur. “Transformasi Pendidikan: Strategi Inovatif Dalam Peningkatan Partisipasi Sosial Untuk Membangun Masyarakat Yang Inklusif Dan Berdaya Saing.” JECTH : Journal Economy, Technology , Social and Humanities Vol.1 No.1, Mei 2023 1, no. 1 (2023): 1–9.

Heryadi, Yadi, Satiri, Suherman, and Sholih. “Pendidikan, Isu HAM, Dan Gender Disparities.” Buana Ilmu 8, no. 2 (2024): 366–381. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/BuanaIlmu/article/view/7668%0Ahttp://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/BuanaIlmu/article/view/7668/5228.

Hidayah, Ulil. “Makna Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Pendidikan Keluarga: Perspektif Studi Gender” 16, no. 2 (2021).

Hizba Aulia, Muhammad, Cucu Surahman, and Elan Sumarna. “Optimalisasi Pendidikan Dengan Konsep Tadabur: Telaah Tafsir Tarbawi Atas QS. Muhammad [47]: 24”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (2024): 769–789.

Ikhsan, Moh Hayatul. “Pendidikan Karakter Berbasis Gender.” INCARE: International Journal of Educational Resources 4, no. 4 (2023): 365–387.

Isma, Andika, Adi Isma, Aswan Isma, Ardian Isma, Universitas Negeri Makassar, Universitas Sulawesi Barat, Fakultas Teknik, and Universitas Negeri Makassar. “Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 Di Indonesia.” Jupiter: Jurnal Pendidikan Terapan 1, no. 3 (2023): 11–28.

Julianingsih, Petrince, Muhammad Din, Faruq Lamusa, Universitas Tadulako, Universitas Tadulako, and Sulawesi Tengah. “Pemberdayaan Perempuan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Stik Kelor Women Empowerment As An Effort To Improve The Family Economy Through Training In The Making Of Moring Sticks.” JNB : Jurnal Nusantara Berbakti 1, no. 2 (2023): 48–57.

Juwita, Sri, Ikbal Muhammad Wildan, and Adang Hambali. “Konsep Dan Pengarustamaan Gender Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal CENDEKIA : Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam 15, no. 01 (2023): 181–193.

Kamila, Aisyatin. “Peran Perempuan Sebagai Garda Terdepan Dalam Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Ditengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Konseling Pendidikan Islam 01, no. 02 (2020): 75–83.

Khasanah, Wikhdatun. “Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam.” Jurnal Riset Agama 1, no. 2 (2021): 296–307.

Lusiana, Aulia Maharani. “Peran Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Perempuan.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 2 (2024): 105.

Mad Sa’i. “Pendidikan Islam Dan Gender.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 2, no. 1 (2015): 118–138.

Maula, Ismatul, Irwandi, Avid Leonardo Sari, Dorce Sisfiani Sarimin, and Rolly H. S. Rondonuwu. “Pendidikan Untuk Pemerataan Pembangunan: Memperjuangkan Hak Semua Anak.” Journal on Education 05, no. 04 (2023): 13153–13165.

Mufida, Nanik, Abdul Kholid, and Achmad Shobikhul. “Konsep Pendidikan Perempuan Dalam Prespektif Islam.” Conscilience: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2024).

Parancika, Bily, and Rachma Tasya Mufida. “Ketimpangan Gender Sebabkan Kurangnya Pendidikan Bahasa Indonesia Di Kalangan Perempuan Daerah Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Ketidaksetaraan Gender Mempengaruhi Pendidikan Perempuan Daerah , Dampak Ketidaksetaraan Gender Terhada.” Klitika: Jurnal IlmiahPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 6, no. 1 (2024): 1–6.

Pasaribu, Muriyah. “Nilai Nilai Pendidikan Perempuan Dalam Tafsir Al-Maraghi.” Edu Riligia 2 No.3 (2018): 422–429.

Purwo Juono, Ribut. “Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Pendidikan Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar).” ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman 15, no. 1 (2015): 123.

Putranto, Teguh Dwi. “Kelas Sosial Dan Perempuan Generasi Z Di Surabaya Dalam Membuat Keputusan Setelah Lulus Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Komunikasi Profesional 2, no. 1 (2018): 15–28.

Putri, Sukma Ari Ragil. “Potret Stereotip Perempuan Di Media Sosial.” Representamen 7, no. 02 (2021): 112–124.

Rina, Rinrin. “Hak-Hak PendidikanPerempuan Di IndonesiaPerspektif Hukum Hak Asasi Manusia.” Fikri 2, no. 1 (2017): 231–258.

Saticha Florentina, Alimni. “Aisyah Perempuan Pengukir Sejarah Pendidikan Pada Masa Rasulullah.” Jurnal Pendidikan Tematik 5, no. 1 (2020): 1–12.

Setianingsih, Nur Tabah, and Anjar Nugroho. “Bias Gender Dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Banyumas.” Alhamra Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (2021): 93.

Sipaami Hafid, and Nazaruddin Nawir. “Peran Perempuan Bagi Pendidikan Anak Menurut Perspektif Al-Qur’an.” Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan 11, no. 1 (2023).

Sipayung, Ami Syadila. “Pendidikan Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Pendekatan Library Research.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 13, no. 1 (2023): 98.

Sonia, Labiba, and Komarudin Sassi. “Menjelajahi Kesenjangan Gender Dalam Pendidikan: Studi Perbandingan Antara Swedia Dan Afghanistan.” Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif 5, no. 4 (2024): 218–249.

Sugitanata, Arif, Faradila Hasan, M Rafli Kurniawan, and Siti Aminah. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pendidikan Islam Progresif Suud Sarim Karimullah : Analisis Strukturalisme Dan Implikasinya.” Mu’adalah: Jurnal Studi Gender dan Anak 12, no. 1 (2024): 1–13.

Tawakkal, Nursini, Rahim Darma, and Sri Undai Nurbayani. “Model Sinergitas Pengarusutamaan Gender Dalam Mewujudkan Keadilan Dan Kesetaraan Gender Bidang Pendidikan.” MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan 31, no. 1 (2015).

Ulhaq, Ali, and Abdul Rasyid ridho. “The Purpose of Islamic Education in Qur’anic Perspective”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 1 (2024): 172–187.

Wardana, Rian Ismi, and Lince Magriasti. “Analisis Ekonomi Politik Dan Gender : Studi Kasus Peran Perempuan Dalam Pembangunan Ekonomi Di Indonesia.” Multiverse: Open Multidisciplinary Journal 3, no. 1 (2024): 40–46.

Wasito. “Pendidikan Multikultural.” TRIBAKTI Jurnal Kebudayaan dan Pemikiran Keislaman 29, no. 2 (2010).

Waty, Evy Ratna Kartika, Mega Nurrizalia, Siti Nabila Elvito, Audylla Toressa, Siti Nurafifah, and Khalisha Naura. “Peran Perempuan Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Non formal 1, no. 4 (2024).

Yuliawati, Livia, Stefani Virlia, Meilani Sandjaja, Tasia Puspa Sari, Mopheta Audiola Dorkas, and Oktufiani Dwi Wulansar. “Character, Meaning in Life, and Well-Being of Students from Teachers’ Perspective.” Cypriot Journal of Education 16, no. 6 (2021).

Zahrok, Siti, and Ni Wayan Suarmini. “Peran Perempuan Dalam Keluarga.” IPTEK Journal of Proceedings Series 0, no. 5 (2018): 61.

Zulfikar, Eko. “Peran Perempuan Dalam Rumah Tangga Perspektif Islam: Kajian Tematik Dalam Alquran Dan Hadis”, Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis 7, no. 1 (2019): 79-100.