Tafsir Fiqih Madzhab Syafi’i: Interelasi Konteks dan Konsep

Main Article Content

Indah Ayu Nurkumala

Abstract

Salah satu penyebab terjadinya perbedaan penafsiran terhadap ayat-ayat hukum dalam Al-Qur’an disebabkan oleh adanya kesadaran suatu kelompok, ideologi dan horizon tertentu dalam tafsir. Begitu pula dengan tafsir fiqih madzhab Syafi’i. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis interelasi konteks dan konsep dalam tafsir fiqih madzhab Syafi’i. Untuk mengetahui bagaimana kontribusi tafsir fiqih madzhab Syafi’i dalam teori tafsir bercorak fiqih, maka penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif-analitis, dengan jenis penelitian library research. Hasil kajian menunjukkan pemikiran Imam Syafi’i mencerminkan keterkaitan erat antara konteks sosial-budaya dan keilmuan, yang menjadikan hukum Islam bersifat fleksibel dan responsif terhadap perubahan zaman. Hal ini terlihat dari adanya qawl qadim dan qawl jadid sebagai buah dari dialektika antara konteks keilmuan dan konsep hukum yang dihasilkan. Fleksibilitas tersebut turut mendorong penyebaran luas mazhab Syafi’i dan lahirnya banyak ulama tafsir bermadzhab Syafi’i yang memperkaya khazanah keilmuan Islam melalui pendekatan tahlili yang mendalam dan komprehensif dalam wacana akademis.

Article Details

How to Cite
Indah Ayu Nurkumala. “Tafsir Fiqih Madzhab Syafi’i: Interelasi Konteks Dan Konsep”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 1 (April 21, 2025): 373–392. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/25512.
Section
Articles

How to Cite

Indah Ayu Nurkumala. “Tafsir Fiqih Madzhab Syafi’i: Interelasi Konteks Dan Konsep”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 1 (April 21, 2025): 373–392. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/25512.

References

Abbas, Siradjuddin. Sejarah dan Keagungan Madzhab Syafi’i. Jakarta: Pustaka Tarbiyah, 1994.

Adz-Dzahabi, Muhammad Husain. Al-Tafsir wa Al-Mufassirun. Vol. 1. Al-Qahirah: Maktabah Wahbah, 1976.

Ajib, Muhamad. “Mengenal Lebih Dekat Madzhab Syafi’i.” Rumah Fiqih Indonesia, 2024. https://www.rumahfiqih.com/fikrah/527.

Al-Ghazali, Muhammad ibn Muhammad. Al-Wjiz fi Fiqih al-Imam al-Syafi’i. Diterjemahkan oleh Darul Arqom. Vol. 1. Beirut, 1997.

Al-Jundi, Abdul Halim. Imam Syafi’i: Nashir al-Sunnah wa Wadi al-Ushul. Mesir: Dar al-Qalam, 1966.

Al-Juwaini, Abdullah ibn Yusuf. Nihayah al-Matlab fi Nihayah al-Madzhab. Vol. 1. Jeddah: Dar al-Minhaj, 2007.

Al-Manar. STIS. “Imam Syafi’i, Madzhab dan Metodologinya.” Diakses 3 November 2024, diakses tanggal 3 November 2024, https://stisalmanar.ac.id/imam-syafii-madzhab-dan-metodologinya/.

Al-Mawardi, Imam Abu Hasan Ali bin Muhammad. Al-Hawi al-Kabir. Vol. 1. Libanon: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah, 1994.

Al-Nawawi, Muhyiddin ibn Sharaf. Al-Tanqih fi Sharh al-Wasit. Vol. 1. Beirut: Dar al-Fikr, 1981.

Al-Syafi’i. Diwan al-Syafi’i. Beirut: Dar al-Fikr, 1986.

Al-Syafi’i, Muhammad bin Idris. Al-Risalah. Beirut: Muassasah Al-Risalah, 2010.

Amnesti, Muhammad Esa Prasastia, Setio Budi, Abdul Kadir Riyadi, dan Abdul Rofiq. “METODE TAFSI R IMĀM AL - SYĀFI ’ I DALAM KITAB AL- RISĀLAH.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 12, no. 1 (2022): 16–27.

An-Nawawi, Abi Zakariya Yahya Muhyiddin bin Syaraf. Tadzhibu al-Asma’ wa al-Lughah. Vol. 1. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah, 2007.

Ar-Razi, Muhammad Fakhruddin. Mafatih al-Ghaib. 3 ed. Vol. 14. Beirut: Daru Ihya’ At-Turats Al-Arabi, 1999.

Azmi, Ulil. “Studi Kitab Tafsir Mafatih Al-Ghaib Karya Ar-Razi.” Basha’ir: Jurnal Studi Alquran dan Tafsir 2, no. 2 (2022): 119–27.

Cholil, Moenawar. Biografi Empat Imam Madzhab. Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

Essack, Farid. Qur’an: Pluralism and Liberation. Diterjemahkan oleh Muhammad Ridho. Jakarta: Teras, 2010.

Farid, Syaikh Ahmad. Min A’lam As-Salaf. Kairo: Dar al-Akidah, 2005.

Hasanudin, Agus Salim, dan Eni Zulaiha. “Hakikat Tafsir Menurut Para Mufassir.” Jurnal Iman dan Spiritualitas 2, no. 2 (2022): 203–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jis.v2i2.18318.

Hayat, Abdul. Ushul Fiqih: Dasar-dasar untuk Memahami Fiqih Islam. Jakarta: Rajawali Pres, 2016.

Herdiansyah, M. Hasbi Umar, dan Ramlah. “QAUL QADIM DAN QAUL JADID ASY-SYAFI’I (Tinjauan Sejarah dan Sosiologi Hukum Islam).” Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin 3, no. 1 (2023): 44–50.

Katsir, Imam Ibnu. Tafsir Al-Qur’an al-’Adzim. Vol. 5. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah, 1998.

Khalil, Rasyad Hasan. Tarikh Tasyri’: Sejarah Legislasi Hukum Islam. Diterjemahkan oleh Nadirsyah Hawari. Jakarta: Amzah, 2009.

Lahaji, dan Nova Effenty Muhammad. “Qaul Qadim dan Qaul Jadid Imam Syafi’i: Telaah Faktor Sosiologisnya.” Al-Mizan 11, no. 1 (2015): 119–35. https://doi.org/10.30603/am.v11i1.993.

Misbah, Muhammad. “Metode Imam Syafi’i tentang Tafsir Al-Qur’an.” Alkhoirot.org, 2023. https://www.alkhoirot.org/2023/09/pemikiran-imam-al-shafii-tentang-tafsir.html?m=1.

———. “Pemikiran Imam Al-Syafi’i (w. 204 H) tentang Tafsir.” Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al Qur’an dan Tafsir 10, no. 1 (2016): 45.

Misbakhuddin, Alfian Dhany, Ahmad Wafi Nur Safaat. “Potret Metode Tafsir Ahkam Al-Qur’an Karya Abu Bakar Al-Jashshash”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 2, no. 1 (June 14, 2022): 1–16. https://doi.org/10.19109/jsq.v2i1.11222.

Mubarok, Jaih. Modifikasi Hukum Istam Studi Tentang Qawl Qadim dan Qawl Jadid. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Nawawi, Imam. Al-Minhaj Syarh al-Nawawi ’ala Muslim bin al-Hajjaj. Vol. 13. Beirut: Dar al-Ihya’ al-Turats al-’Arabi, 1981.

Octaviana, Okky. “Metode Penafsiran Imam Al-Syafi’i dan Implikasinya terhadap Penetapan Hukum: Analisis Penafsiran Ayat-ayat tentang Hukum-hukum Fardu dalam Al-Risalah,” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung, 2022.

Rokim, Syaeful. “Mengenal Metode Tafsir Tahlili.” Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2, no. 03 (2017): 41–56. https://doi.org/10.30868/at.v2i03.194.

Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir. Cet. 1. Tangerang: Lentera Hati, 2013.

Subki, Tadjuddin. Thabaqat al-Syafi’iyah al-Kubro. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah, 1999.

Thabrani, Imam. Al-Mu’jam al-Kabir. Vol. 20. Kairo: Maktabah Ibnu Taimiyah, 1984.

Wahab, Abdul, Jaka Ghianovan, dan Mohamad Mualim. “Indoktrinasi Konsep Jihad Radikal Menuju Moderat dalam Al-Quur’an: Tela’ah Penafsiran Muhammad Abduh dalam Tafsir Al-Mannar.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 2 (2024). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24267.

Yahya, Mukhtar, dan Fatchurrahman. Dasar-dasar Pembinaan Hukum Fiqih Islam. Bandung: Al-Ma’arif, 1993.

Yaqin, Ainol. “EVOLUSI IJTIHAD IMAM SYAFI’I : Dari Qawl Qadīm ke Qawl Jadīd.” Al-Ahkam 26, no. 2 (2016): 143. https://doi.org/10.21580/ahkam.2016.26.2.899.

Zahrah, Abu. Al-Syafi’i Hayatun wa Ashurun. Kairo: Dar al-Fikr, 1996.

Zuhaili, Wahbah. Fiqih Islam wa Adillatuhu. Diterjemahkan oleh Abdul Hayyie al-Kattani. 1 ed. Vol. 5. Jakarta: Gema Insani, 2011.

Zuhri, Muhammad. Hukum Islam dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.