Rekonstruksi Model Penelitian Tafsir: Metode dan Pendekatan dalam Memahami Makna Al-Qur'an

Main Article Content

Nabilah Rohadatul Aisyah

Abstract

Di era modern yang ditandai dengan kompleksitas sosial, budaya, dan teknologi, pemahaman terhadap al-Qur'an menghadapi tantangan baru. Banyak umat Islam merasa bahwa metode tafsir konvensional belum cukup responsif terhadap isu-isu kontemporer seperti keadilan sosial, gender, dan lingkungan. Kesenjangan antara harapan terhadap makna yang kontekstual dan realitas penafsiran yang cenderung statis menegaskan pentingnya meninjau kembali model penelitian tafsir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis model-model tafsir dari perspektif tradisional dan kontemporer. Dengan metode kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini mengulas metode tafsir klasik seperti tafsir bi al-ma'tsur dan bi al-ra’yi, serta pendekatan modern seperti tafsir interdisipliner, hermeneutika, dan tafsir virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara pendekatan tradisional dan kontemporer dapat menghasilkan interpretasi yang otentik sekaligus relevan secara sosial. Oleh karena itu, pengembangan model tafsir yang adaptif dan kontekstual menjadi krusial agar al-Qur'an tetap menjadi sumber rujukan utama dalam kehidupan umat Islam modern.

Article Details

How to Cite
Nabilah Rohadatul Aisyah. “Rekonstruksi Model Penelitian Tafsir: Metode Dan Pendekatan Dalam Memahami Makna Al-Qur’an”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 1 (April 21, 2025): 320–348. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/25815.
Section
Articles

How to Cite

Nabilah Rohadatul Aisyah. “Rekonstruksi Model Penelitian Tafsir: Metode Dan Pendekatan Dalam Memahami Makna Al-Qur’an”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 1 (April 21, 2025): 320–348. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/25815.

References

Abdurrahman, U. “Metodologi Tafsir Falsafi Dan Tafsir Sufi.” Adliya’ 9, no. 1 (2015): 252.

Abidin, Zainal. “Mengenal Tiga Kitab Tafsir Berdasarkan Tartib Nuzuli.” tafsiralquran.id, 2020. https://tafsiralquran.id/mengenal-tiga-kitab-tafsir-berdasarkan-tartib-nuzuli/.

Abu, Muhammad, Mahmud Shaltut, Ali Muhammad, Abdul Ghani, Abdul Khaliq, and Salam Madkur. “Model Tafsir Fiqhi: Kajian Atas Tafsîr Al-Munîr Fi Al- "Aqidah Wa Al-Syari’Ah Wa Al-Manhaj Karya Wahbah Az-Zuhaili,” no. April (2008): 72–78.

Adz-Dzahabi, Muhammad Husain. “At-Tafsīr Wal Mufassirūn.” Kairo: Darul Kutub Al-Haditsah, 1976.

Ahmadi Husain, and Muh. Ilham Usman. “Manhaj Tafsir Berorientasi Fiqh.” Al-Mutsla 1, no. 2 (2021): 136–48. https://doi.org/10.46870/jstain.v1i2.13.

Aisy, Maryam, Indah Fatiha, Jihaddifa Jihaddifa, and Jendri Jendri. “Mengupas Ragam Bentuk Penafsiran Al-Qur’an.” Akhlak : Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2024. https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i1.392.

Akhdiat, Akhdiat, and Abdul Kholiq. “Metode Tafsir Al-Qur’an: Deskripsi Atas Metode Tafsir Ijmali.” Jurnal Iman Dan Spiritualitas 2, no. 4 (2022): 643–50.

Al-Ayubi, Sholehudin. “Metode Muqarin, Tafsir, Dan Mufassir.” Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 4, no. 2 (2016): 15–37.

Al-Qaththan, S M. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Salsabila Al-kautsar, 2018. https://books.google.co.id/books?id=HLFlDwAAQBAJ.

Al-Suyuthi, Jalaluddin. “Al-‘Itqan Fi ‘Ulum Al-Qur’Ān.” Beirut: Dar Al-Fikr, Nd, 1987.

Al-Zurqani, Muhammad Abd al-Azim. Manahil Al-Irfan Fi Ulum Al-Qur’an. Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyah, 1918.

Aldomi Putra. “Metodologi Tafsir.” Jurnal Ulunnuha 7 (2018): 41–66.

Amalih, Ihwan, and Irwandi Bayu. “Eksistensialisme Religius Dalam Wacana Keislaman Kontemporer (Study Atas Pemikiran Ali Syari’ati).” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 74–88.

Amin, Faizal. “Metode Tafsir Tahlili: Cara Menjelaskan Al-Qur’an Dari Berbagai Segi Berdasarkan Susunan Ayat-Ayatnya.” Kalam 11, no. 1 (2017): 235–66. https://doi.org/10.24042/klm.v11i1.979.

Amir, Abdul Muiz, and Sahiron Syamsuddin. “Tafsir Virtual: Karakteristik Penafsiran Dalam Konten Dakwah Akhir Zaman Di YouTube.” Suhuf 14, no. 1 (2021): 99–126.

Andi, Feri. “Metode Tafsir Al- Qur ’ an Sebagai Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan” 7, no. 1 (2024): 19–27.

Anis, Arfit Shafi. “Corak Dan Gaya Penafsiran.” Jurnal Cakrawala Akademika 1, no. 4 (2024): 1519–37.

Anwarafa, Khoirul. “Tumbuhan Dalam Perspektif Tafsir Ilmi: Analisis Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI.” Iis Khalilah, January 1, 2023. https://www.academia.edu/105600070/Tumbuhan_dalam_Perspektif_Tafsir_Ilmi_Analisis_Tafsir_Ilmi_Kementerian_Agama_RI.

Azmi, Ulil. “Basha’ir Studi Kitab Tafsir Mafatih Al-Ghaib Karya Ar-Razi.” Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir 2, no. 2 (2022): 119–27.

Badruzaman, Abad. “Tafsir Tartib Nuzul.” islamsantun.org, 2022. https://islamsantun.org/opini/tafsir-tartib-nuzul/.

Choirul Muhtadin. “TAFSIR AL-QUR’AN DI MEDIA SOSIAL : STUDI MODEL TAFSIR PADA AKUN INSTAGRAM @TADABBURQURANID (Analisis Kritis),” 2022. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19752/1/1804026172_Choirul Muhtadin_Full Skripsi - Choirul Muhtadin.pdf.

Darlis. “Feminism, Interpretation, Career Woman.” Musawa 7, no. 2 (2015): 183–206. https://media.neliti.com/media/publications/114466-ID-none.pdf.

Dewi, Dewi Purwaningrum, and Hafid nur Muhammad. “CORAK ADABI IJTIMA’I DALAM KAJIAN TAFSIR INDONESIA (Studi Pustaka Tafsir Al-Misbah DanTafsir Al-Azhar).” Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 1 (2022): 193–205. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v2i1.38.

Gaizka, Agii. “Corak Tafsir Falsafi Dan Tafsir Ilmi,” no. 202001001 (2021).

Hami, Widodo. “Tafsir Atas Poligami Melalui Pendekatan Interdisipliner.” Al-Kauniyah 3, no. 2 (December 31, 2022): 43–56. https://doi.org/10.56874/ALKAUNIYAH.V3I2.974.

Hasanudin, Agus Salim, and Eni Zulaiha. “Hakikat Tafsir Menurut Para Mufassir.” Jurnal Iman Dan Spiritualitas 2, no. 2 (2022): 203–10.

Hasballah Thaib, Zamakhsyari Bin. “Pemahaman Tekstual Dan Kontekstual Al-Qur’an Dan Hadits.” Repository Universitas Damawangsa, 2017, 3. http://repository.dharmawangsa.ac.id/486/1/PEMAHAMAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL.pdf.

Ilma Amalia, Yayan Rahtikawati, and Muhammad Faris Rasyadan. “Qur’anic and Tafsir Virtual: Penyajian Al-Qur’an Dan Tafsir Di Dunia Maya (Studi Kasus Kajian Tafsir Min Wahyil Qur’an Sayyid Husain Fadhlullah Di Media YouTobe).” Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama 2, no. 1 (2023): 12–23. https://doi.org/10.59024/jipa.v2i1.490.

Iqbal, Hāfiz Muhammad Arshad, and M Khan. “The Qur’anic Exegetical Styles: A Research Study.” Journal of Islamic and Religious Studies, 2021. https://doi.org/10.36476/JIRS.6:1.06.2021.15.

Jailani, M, N Nurkholis - Quran and Hadith Studies, and undefined 2021. “Kajian Pendekatan Hermeneutika Dalam Tafsir Al-Qur’an Perspektif Ulama Muslim Kontemporer.” Core.Ac.Uk. Accessed April 12, 2025. https://core.ac.uk/download/pdf/572824989.pdf.

Juliansyah. “Metodologi Penafsiran Kontekstual Abdullah Saeed Dalam Al-Qur’an Abad 21.” Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang 2, no. 1 (2019): 821–30. https://jer.or.id/index.php/jer/article/download/836/516/4087.

Karlina, Reni. “Metode Tafsir Al-Muqaran Dan Al-Maudhu’i.” Nashr Al-Islam: Jurnal Kajian Literatur Islam 6, no. 3 (2024).

Karmanah, Rika, Herla Nungki, Rizfan Al-auzi Hidayatusidqi, Siti Sopiyah, Zihan Fauziyah, Ajeng Fauziatun Nadziroh, Layla Noviana Rachmawati, Rahmi Rahmawati Fadlan, and E Mulya Syamsul. “Memahami Pesan Al- Qur’an Dalam Pendekatan Tafsir Bil Ma’tsur.” Al-Akhbar (Jurnal Ilmiah Keislaman) 8, no. 1 (2022): 89–101.

Kasumal, Moh Norman Hadi. “PARADIGMA TAFSIR DI MEDIA SOSIAL (Study Instagram@ Quranreview Dan@ Quraish. Shihab),” 2023.

Keislaman, U Inayati - Falasifa: Jurnal Studi, and undefined 2019. “Pendekatan Hermeneutika Dalam Ilmu Tafsir.” Ejournal.Uas.Ac.Id. Accessed April 12, 2025. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/197.

Khairati, Septi Najmi. “Penggunaan Tafsir Digital Pada Mahasiswa Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir (Studi Kasus Pada Mahasiswa Iat 2017).” Skripsi, 2022, 1–127. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/63347.

Maharani, Nana. “Tafsir Al-Isyari.” Jurnal Hikmah 14, no. 1 (2017): 56–61.

Maulana, Helmi. “Onlinization Tafsir: Studi Alquran Di Era Disrupsi.” Tajdid 28, no. 1 (2021): 73. https://doi.org/10.36667/tajdid.v28i1.687.

Maulana, Luthfi. “Studi Tafsir Sufi: Tafsir Latha’if Al-Isyarat Imam Al-Qusyairi.” Hermeneutik 12, no. 1 (2019): 01. https://doi.org/10.21043/hermeneutik.v12i1.5062.

Muchtar, M Ilham. “Analisis Konsep Hermeneutika Dalam Tafsir Alquran.” HUNAFA Jurnal Studia Islamika 13, no. 1 (2016): 67–89.

Mufid, Fathul. “Pendekatan Filsafat Hermeneutika Dalam Penafsiran Al-Quran: Transformasi Global Tafsir Al-Quran.” Ulul Albab 12, no. 1 (2011). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ululalbab/article/view/2395.

Mukhlis, Febri Hijroh. “Paradigma Ekologis Dalam Tafsir Al-Qur’an.” Qof 6, no. 1 (2022): 89–108. https://doi.org/10.30762/qof.v6i1.396.

Muttaqin, Sufyan, Sekolah Tinggi, Ilmu Al-Qur’an, and Kepulauan Riau. “PENDEKATAN INTERDISIPLINER DALAM TAFSIR AL-QUR’AN: INTEGRASI ANTARA ILMU TAFSIR DAN ILMU SOSIAL.” Journal.Unpas.Ac.Id 10, no. 1 (2025): 110–17. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/22554.

Nadlif, Ahmad. “Tafsir Virtual : Studi Penafsiran Al-Qur’an Pada Akun Twitter @Azkiyatahiyah (Analisis Hermeneutika Friedrich Schleiermacher).” Walisongo Repository, 2022. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18241/.

Nafisah, Mamluatun. “Tafsir Ekologi: Menimbang Hifẓ Al-Bīah Sebagai Uṣul Ash-Sharī’ah Dalam Al-Qur’an.” Al-Fanar 2, no. 1 (2019): 93–111.

Nazhifah, Dinni, and Fatimah Isyti Karimah. “Hakikat Tafsir Maudhu’i Dalam Al-Qur’an.” Jurnal Iman Dan Spiritualitas 1, no. 3 (2021): 368–76. https://doi.org/10.15575/jis.v1i3.13033.

Nudin, Burhan, Muhammad Najib Asyrof, Shinta Ayu Cahyaningrum, and Yufita Dwi Marliana. “Penguatan Literasi Digital Dalam Mempelajari Agama Islam Bagi Generasi Muda Pendahuluan.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 2 (2022): 244–51. http://139.180.223.195/index.php/caradde/issue/view/51.

Nuraini, Shinta. “Al-Quran Dan Penciptaan Perempuan Dalam Tafsir Feminis.” Hermeneutik 12, no. 1 (2019): 71. https://doi.org/10.21043/hermeneutik.v12i1.6023.

Nurcahyati, Nurcahyati, and Haqiqi Haqiqi. “Transformation Of Traditional Tafsir To Modern Perspective Of Fazlur Rahman’s Hermeneutics.” Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 5, no. 1 (2025): 143–60.

Nurdin, R. “Tafsir Al-Qur’an Di Media Sosial (Karakteristik Penafsiran Pada Akun Media Sosial@ Quranreview).” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin Jurnal.Uin-Antasari.Ac.Id, 2023. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ushuluddin/article/view/11008.

Pasaribu, Syahrin. “Metode Muqaran Dalam Al-Qur’an.” Journal Wahana Inovasi 9, no. 1 (2020): 43–44.

“Pelatihan Dai Bersama Himpunan Dai Muda Indonesia (HDMI) Jakarta Di Ponpes Daarul Falah, Serang Banten - Himpunan Dai Muda Indonesia Pelatihan Dai Bersama Himpunan Dai Muda Indonesia (HDMI) Jakarta Di Ponpes Daarul Falah, Serang Banten %.” Accessed April 13, 2025. https://daimuda.org/pelatihan-dai-bersama-himpunan-dai-muda-indonesia-hdmi-jakarta-di-ponpes-daarul-falah-serang-banten/.

Penerbitjabal. “Pengertian Tafsir Muqaran Kelebihan Dan Kekurangan.” Penerbit Al-Quran, 2021. https://penerbitalquran.com/pengertian-tafsir-muqaran-kelebihan-dan-kekurangan.html.

Rahman, Muhammad Fadli. “Tafsir Nuzuli Muhammad ‘Abid Al-Jabiri.” Al-Mustafid: Journal of Quran and Hadith Studies 1, no. 2 (2022): 63–72. https://doi.org/10.30984/mustafid.v1i2.408.

Ramdhani, Sufrianti, and Muhammad Said Said. “Semiotics As a Tafsirs Approach.” Jurnal AlifLam Journal of Islamic Studies and Humanities 2, no. 1 (2021): 112–37. https://doi.org/10.51700/aliflam.v2i1.287.

Rasyad, Rasyad. “Konsep Khalifah Dalam Al-Qur’an (Kajian Ayat 30 Surat Al-Baqarah Dan Ayat 26 Surat Shaad).” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 19, no. 1 (2022): 20. https://doi.org/10.22373/jim.v19i1.12308.

Rohmatika, Ratu Vina. “Pendekatan Interdisipliner Dan Multidisipliner Dalam Studi Islam.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 14, no. 1 (2019): 115–32. https://doi.org/10.24042/ajsla.v14i1.4681.

Rokim, Syaeful. “Mengenal Metode Tafsir Tahlili.” Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 03 (2017): 41–56. https://doi.org/10.30868/at.v2i03.194.

Sakni, Ahmad Soleh. “Model Pendekatan Tafsir Dalam Kajian Islam.” Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama 14, no. 2 (2013): 61–75.

Siregar, Abu Bakar Adanan. “Tafsir Bil-Ma’Tsur (Konsep, Jenis, Status, Dan Kelebihan Serta Kekurangannya).” Jurnal Hikmah 15, no. 2 (2018): 160–65. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/37.

Sofyan, M S. “Korelasi Pemikiran Nashr Hamid Abu Zaid Dalam Mafhum Al-Nashsh Dengan Ideologi Mu’tazilah.” Fikroh 6, no. 2 (2022): 235–46. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/fikroh/article/view/809.

Soga, Zainuddin, and Hadirman Hadirman. “Semiotika Signifikansi: Analisis Struktur Dan Penerapannya Dalam Alquran.” Aqlam: Journal of Islam and Plurality 3, no. 1 (2018). https://doi.org/10.30984/ajip.v3i1.632.

Suhud, Mohammad, Wiwi Alawiyah, Ach. Kholili, Toha, Moh. Hariri, Muhammad Ihsan, Heni Listiana, Khoirul Anam, Abdul Holik, and Ulil Firdausiyah. “KULTUR DIGITAL: TANTANGAN DAN PELUANG MODERASI.” Repository.Iainmadura.Ac.Id. Accessed April 13, 2025. http://repository.iainmadura.ac.id/1265/2/Layout Kultur Budaya dan Digital.pdf#page=43.

Sungkar, Syakieb. “Hermeneutika Paul Ricoeur.” Jurnal Dekonstruksi 9, no. 3 (2023): 4–12.

Syafril, and Amaruddin Asra. “TAFSIR ADABI IJTIMA’I Telaah Atas Pemikiran Tafsir Muhammad Abduh Syafril.” Jurnal Syahadah 7, no. 1 (2019): 1–12.

Syauqi, ML. “Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman Dan Signifikansinya Terhadap Penafsiran Kontekstual Al-Qur’an.” Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin Dan Filsafat 18, no. 2 (2022): 189–215. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i2.977.

Wahid, M Abduh. “Tafsir Liberatif Farid Esack.” Jurnal Tafsere 4, no. 2 (2016): 157–58.