Konsep Pendidik dalam QS. al-Raḥmān [55]: 1-4: Analisis Penafsiran Anwar al-Bāz dalam al-Tafsīr al-Tarbawī

Main Article Content

Anni Annisa’
Eka Sulistiyawati

Abstract

Pendidik berperan penting dalam membentuk karakter dan menunjang kualitas hidup, yakni sebagai teladan ilmu dan akhlak. Al-Qur’an menggambarkan bahwa Allah SWT sebagai pendidik utama yang penuh kasih dan bijaksana. Tantangan implementasi ajaran al-Qur’an dalam pendidikan modern masih besar, sehingga perlu pemahaman lebih dalam tentang konsep pendidik dalam al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran Allah sebagai pendidik (Rabb) dalam konteks ayat pendidik serta mengeksplorasi metode pendidikan yang dicontohkan al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis, serta jenis penelitian kepustakaan yang berfokus pada literatur tafsir, khususnya al-Tafsīr al-Tarbawī li al-Qur’ān al-Karīm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa QS. al-Raḥmān (55): 1-4 menekankan peran Allah sebagai pendidik yang mengajarkan manusia al-Qur’an, menciptakan manusia, dan memberikan kemampuan berbahasa. Ayat ini menegaskan bahwa pendidikan Ilahi mencakup aspek spiritual, intelektual, dan komunikatif. Anwar al-Bāz dalam al-Tafsīr al-Tarbawī li al-Qur’ān al-Karīm memberikan penekanan pada harmoni antara ajaran al-Qur’an dan kodrat manusia dalam proses pendidikan. Konsep pendidikan dalam ayat-ayat tersebut mengajarkan nilai kasih sayang, kebijaksanaan, dan pemberdayaan potensi manusia sebagai fondasi pendidikan yang holistik, dan dapat dijadikan pedoman dalam konteks pendidikan kekinian.

Article Details

How to Cite
Anni Annisa’, and Eka Sulistiyawati. “Konsep Pendidik Dalam QS. Al-Raḥmān [55]: 1-4: Analisis Penafsiran Anwar Al-Bāz Dalam Al-Tafsīr Al-Tarbawī”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 1 (April 21, 2025): 71–89. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/26173.
Section
Articles

How to Cite

Anni Annisa’, and Eka Sulistiyawati. “Konsep Pendidik Dalam QS. Al-Raḥmān [55]: 1-4: Analisis Penafsiran Anwar Al-Bāz Dalam Al-Tafsīr Al-Tarbawī”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 1 (April 21, 2025): 71–89. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/26173.

References

Ad-Darimi, as-Samarkandi, at-Tamimi, Shamad, Abdus, bin, Bahram, bin, al-Fadhil, bin, Abdurrahman, bin, Abdullah. Musnad ad-Daramiy. Beirut: Dar el-Hadith, 2000.

Aisy, Salwa Rihadatul, Cucu Surahman, and Elan Sumarna. “Menggali Makna Tarbiyah Dalam QS. Ali Imran Ayat 79: Pendidikan Spiritual, Moral, Dan Sosial Umat Islam”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (2024): 727. https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24750.

Aisyah, Aisyah. “Konsep Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik Ideal dalam Tafsir Al-Qur’anul Adhim”. Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu al-Qur’an dan Tafsir 2, no. 1 (2022), 77–97. https://doi.org/10.58404/uq.v2i1.95.

Al-Abrasyi, Athiyah, M. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, penerj. Bustami A. Ghani. Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Al-Baz, Anwar. al-Tafsīr al-Tarbawī li al-Qur’ān al-Karīm. Mesir: Dar al-Nashr li al-Jami’at, 2007.

Al-Farabi, Mohammad. Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Qur’an. Jakarta: Kencana, 2018.

Al 'Ilmah, Mumtazah, Salamah Noorhidayati, Ahmad Saddad, Siti Marpuah, and Husnul Amira. “Pendidikan Karakter Dalam Surah Al-Hujurat: Telaah Penafsiran Mahmud Yunus Dalam Tafsir Al-Karim”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 2 (2023): 256–272. https://doi.org/10.19109/jsq.v3i2.23189.

Al-Quthub, Al-Anshari, Ahmad, bin, Muhammad. Al-Jami’ Li Ahkam al-Qur’an. Kairo: Dar al-Kutub Al-Mishriyyah, 1964.

Al-Sheikh, Ishaq, bin, Abdurrahman, bin Muhammad, bin, Abdullah. Tafsir Ibnu Katsir. Penerj. M. Abdul Ghoffar dan Abu Ihsan al-Atsari. t.t: Pustaka Imam asy-Syafi’i, 2004.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Daradjad, Zakiah, Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Fitriani. Tenaga Pendidik Menurut Perspektif Islam. Sukabumi: CV Jejak, 2023.

Hakim, Masrul, Said Agil Husin Al Munawar, Alwizar Alwizar. “Profil Pendidik dalam Al-Qur’an”, Jurnal An-Nur 11, no. 2 (2022). http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v11i2.19812.

Hizba Aulia, Muhammad, Cucu Surahman, and Elan Sumarna. “Optimalisasi Pendidikan Dengan Konsep Tadabur: Telaah Tafsir Tarbawi Atas QS. Muhammad [47]: 24”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (2024): 773. https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24937.

Huda, Zainul, Habib, Muhammad. “Penafsiran Al-Qur’an Kontemporer Tentang Pendidikan Karakter (Analisis Kualitatif Tafsir Tarbawi Anwar al-Baz), Tesis: Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, (2023).

Irwansyah, Muhammad. Karakteristik Guru Perspektif Hadis Nabawi. t.t: Guepedia, 2020.

Jannah, Hidayatul. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Ayat-Ayat Amtsâl dalam Surah Al-Baqarah (Studi Perbandingan Pendapat Mufassir M. Quraish Shihab Dan Anwâr Al-Bâz). Tesis, UIN Antasari Banjarmasin, 2023.

Karo, Kusmarabbi, Tiy. “Wawasan Al-Qur’an Tentang Metode Pendidikan,” Jurnal Waraqat 1, no. 2 (2016).

Khilmiyah, Akif. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Samudra Biru, 2016.

Marimba, D, Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif Bandung, 1986.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Munir, Ahmad. Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2007.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru Murid. Jakarta: Raha Grafindo, 2001.

Nizar, Samsul. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Nurdin, Aldi. et al. “Interpretation Method of Al-Tafsir Al-Tarbawi Li Al-Qur’an Al-Karim By Anwar Al-Baz: Study Of Surah Al-Muzammil”. ZAD Al-Mufassirin, 6, no. 2 (2024), 310–335. https://doi.org/10.55759/zam.v6i2.248.

Purwanto, Ngalim, M. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Rahmadani. “Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an,” Jurnal Sains Riset 9, no. 2 (2019).

Rodliyah, Risalatur. “Konsep Pendidik dalam Al-Qur’an Surah Ar Rahman Ayat 1- 4 Menurut Quraish Shihab (Tafsir Al–Mishbah)”. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (2023). 121-138. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i2.965.

Samana, Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Konisius, 1994.

Saehudin, Izzan, Ahmad. Tafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Humaniora, t.th.

Shihab, Quraish, M. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2012.

Soleha, Dinda, Anisa. “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Perspektif Tafsir Tarbawi Anwar Al-Baz,” Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, (2023).

Sukmadinata, Syaodih, Nana. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Sulistiyawati, Eka, Ahmad Yusam Thobroni, & Anni Annisa. “Anti-Deification as a Characteristic of an Ideal Educator and Its Relevance in the Modern Era: An Analysis of Asbāb al-Nuzūl of Surah Āli ‘Imrān (3): 79”, Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 9, no. 2 (2025). https://doi.org/10.30868/at.v9i02.7797.

Surahman, Cucu. Tafsir Tarbawi di Indonesia: Hakikat, Validitas, dan Kontribusinya Bagi Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Maghza Pustaka Cetakan 1, 2019.

Surahman, Cucu. “Tafsīr Tarbawī in Indonesia: Efforts To Formulate Qur’an-Based Islamic Education Concept,” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2019).

Suriyana, Nofsri. Tinjauan Kinerja Guru. Padang: CV. Gita Lentera, 2024.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2003.

‘Umar, al-Din, Dhiya’u, bin, al-Din, Fakhr, al-Razi, Muhammad. Tafsīr al-Fakhr al-Rāzi. Beirut: Dar al-Fikr, 1995.

Yahya, Daud. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Antasari Press, 2015.

Zahra, Mufrida, Andy Hadiyanto, Khairil Ihsan Siregar. “Karakteristik Pendidik Rahmani dalam Surah ar-Rahman”. Jurnal Studi Al-Qur’an 16, no. 1 (2020).

Zuhaili, Wahbah. al-Tafsīr al-Munīr fī al-‘Aqīdah wa al-Syarī’ah wa al-Manhaj. Damaskus: Dar al-Fikr, 1991.