Relevansi Al-Qur’an dan Sains: Analisis Tafsir Audiovisual Ayat-Ayat Semesta oleh Felix Siauw dan Risco Aditama di Akun YouTube @YukNgajiTV
Isi Artikel Utama
Abstrak
Diskursus tentang hubungan al-Qur’an dan sains modern telah banyak dikaji, namun kajian mengenai tafsir audiovisual di media sosial masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi ayat-ayat al-Qur’an dengan sains modern melalui analisis tafsir audiovisual Felix Siauw dan Risco Aditama di kanal YouTube @YukNgajiTV. Fokus penelitian adalah mengidentifikasi hubungan antara ayat-ayat al-Qur’an dengan teori ilmiah modern menggunakan tipologi hubungan agama dan sains John F. Haught, yang mencakup Konflik, Kontras, Kontak, dan Konfirmasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Data primer berupa video interpretasi ayat-ayat semesta, sementara data sekunder diperoleh dari literatur pendukung yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara ayat-ayat semesta dengan teori ilmiah modern, seperti QS. aẓ-Ẓāriyât [51]: 47 dengan teori Expanding Universe, QS. Fuṣṣilat [41]: 11 dengan konsep Gas Earth, QS. al-Ḥadīd [57]: 25 dan QS. al-Ḥajj [22]: 5 dengan konsep Iron dan Water, serta QS. an-Naml [27]: 88 dengan teori Continental Drift. Interpretasi Felix Siauw dan Risco Aditama cenderung mengadopsi model Konfirmasi, meskipun terdapat elemen model Kontak dalam dialog mereka antara agama dan sains. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan integrasi al-Qur’an dan sains dalam konteks media digital, serta menyediakan kerangka analitis untuk kajian tafsir audiovisual di masa mendatang.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Cara Mengutip
Referensi
Adibullah, Ahmad. “Integrasi Kajian Ayat Al-Qur’an Dalam Perkembangan Sains Dan Teknologi.” Journal of Social Science and Multidisciplinary Analysis 1, no. 3 (2024): 47–56.
Al-Qur’an, Lajnah Pentashihan Mushaf, Badan Litbang & Diklat Kementrian Agama RI, and Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Penciptaan Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Sains. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Badan Litbang & Diklat, Kementrian Agama RI, 2016.
Alkadafi, M. Arsyad, M. Akmal Fatkhan Rifqi, Tiara Ananda Maulidia, Arditya Prayogi, Ridho Riyadi, Imam Prayogo Pujiono, and Riki Nasrullah. “Islam Dan Kontribusinya Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan: Suatu Telaah.” JICN: Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara 1, no. 5 (2024): 6326.
Damyanti, Chinta. “Analisis Pro Dan Kontra Dakwah Ustadz Felix Y. Siauw Di Media Sosial.” Skripsi, UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 2024.
Fahrurroni, Mohammad, Syamsul Hidayat, and Muthoifin. “Implementasi Interaksi Al-Qur’an Dan Sains Melalui Laboratorium Ayat-Ayat Semesta.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 11 (2023): 9235–40. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3137.
Fakhri, Jamal. “Sains Dan Teknologi Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalan Pembelajaran.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 1 (2010): 124. https://doi.org/10.19109/td.v15i01.70.
Febriyanti, Mileniawati. “Pesan Dakwah Dalam Tayangan Video Youtube Yukngaji TV (Analisis Semiotika Pada Konten Dakwah Reply).” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2023.
Ghany, Abdul. “Kajian Metode Tafsir Di Media Sosial Pada Akun Instagram @Quranreview.” Jurnal Tafsere 11, no. 2 (2023): 35–36.
Hamdani, Syaifullah, Japeri, Sheiful Yazan, and Muhammad Fauzi. “A Rhetorical Analysis of Ustadz Felix Siaw’s Da’wa on Youtube.” International Journal of Islamic Studies Higher Education 1, no. 2 (2022): 93–104. https://doi.org/10.24036/insight.v1i2.122.
Haq, Zulfikar Emir. “Ideologi Khilafah Felix Siauw Di Media Sosial Perspektif Kuasa-Pengetahuan Michel Foucault.” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022.
Haught, John F. Perjumpaan Sains Dan Agama: Dari Konflik Ke Dialog. Edited by Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan Pustaka, 2024.
———. Science and Religion: From Conflict to Conversation. New York: Paulist Press, 1995.
Hibatullah, Alif, and Ahmad Khoirur Roziqin. “Al-Qur’an Dan Paradigma Sains Maurice Bucaille.” Al-Qalam: Journal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 1, no. 1 (2024): 35–36.
Hidayatullah, Syarif. “Agama Dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi Dan Metodologi.” Jurnal Filsafat 29, no. 1 (2019): 102–33. https://doi.org/10.22146/jf.30246.
Jahrawati, Andi Putri, Abdul Munir, and Haslinda. “Kajian Feminisme Dalam Novel Wanita Berkarir Surga Karya Felix Silauw.” Jurnal Konsepsi 10, no. 3 (2021): 213.
Nisa, Rani Khairun. “Ayat-Ayat Kauniyah Dan Implikasi Teologisnya Dalam Al-Qur’an.” Skripsi, Universitas PTIQ Jakarta, 2023.
Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Lajnah, Badan Litbang & Diklat Kementrian Agama RI, and Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Air Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Sains. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Badan Litbang & Diklat, Kementrian Agama RI, 2011.
Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Lajnah, Balitbang Diklat Kemenag RI, and Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Gunung Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Sains. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Badan Litbang & Diklat, Kementrian Agama RI, 2016.
Polem, Suharni, Sri Wahyuni Lubis, Annisa Caniago, Yusnidar Gea, and Yusnaili Budianti. “Tradisi Menulis Pada Industri Buku Dan Perpustakaan Dalam Peradaban Islam Klasik.” Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan 8, no. 3 (2022): 366.
Rizkita, Annazmi. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Dakwah Felix Siauw: Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Dakwah Di Organisasi Dakwah Communication Center (Dcc) Al-Fatih.” Skripsi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2023.
Rohman, Angga Nur, Ali Nurdin, Metin Eken, and Wazir Baksh Bax. “Da’wah Approach to the Strawberry Generation: A Study on Yuk Ngaji TV Channel.” Islamic Communication Journal 8, no. 2 (2023): 314–15. https://doi.org/10.21580/icj.2023.8.2.16331.
Rohman, Angga Nur, Moch Choirul Arif, and Luluk Fikri Zuhriyah. “Commodification Model of Media Da’wah on Youtube Channel Yuk Ngaji TV.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 18, no. 1 (2024): 48. https://doi.org/10.15575/idajhs.v18i1.27609.
Rusydi, Akhmad. “Tafsir Ayat Kauniyah.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 9, no. 17 (2016): 118–19. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.56.
Salsabila, Hanna, Farhan Muhammad, Eni Zulaiha, and Muhamad Yoga Firdaus. “Eksplorasi Tafsir Ilmi: Sebuah Corak Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Sains.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 5, no. 6 (2023): 2798 dan 2800. https://doi.org/10.47476/reslaj.v5i6.2595.
Sari, Restiana Mustika, and Yudi Setiadi. “The Golden Age of Islam: Antara Pemikiran Dan Peradaban Abad Pertengahan.” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains 2 (2020): 29.
Sayska, Dwi Sukmanila, and Jani Arni. “Evidences Of Scientific Of Al-Qur’an In The Modern Era.” Jurnal Ushuluddin 24, no. 1 (2016): 80–81.
Siregar, Idris, Indah Salsabila, Nafis Hasibuan, and Nurfadila. “Ijaz Alquran Menurut Pandangan Ulama Kontemporer.” JIS: Journal Islamic Studies 2, no. 2 (2024): 237.
Ulum, Muhamad Fahmi Bahrul. “Fenomena Mikro-Selerbriti Muslim Dalam Bingkai Eksklusivisme Politis: Analisis Semiotika Atas Ekspresi Dakwah Felix Siauw Di Media Sosial.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2022. http://digilib.uinsby.ac.id/51820/.
’Ulum, Mukhottotun. “Perkembangan Pandangan Gereja Katolik Terhadap Ilmu Pengetahuan.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2024.
Yahya, Harun. Al-Qur’an Dan Sains. Edited by Ary Nilandari and Sakti Wibowo. Bandung: Dzikra, 2004.
Yusufa, Uun, and Umi Wasilatul Firdausiyah. “Menelisik Ayat-Ayat Gempa Pada Hari Kiamat (Analisis Tafsīr Al-Jawāhir Fi Tafsīr Al-Qurān Al-Karim Karya Tantawi Jauhari).” Al-Manar: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Hadis 7, no. 1 (2021): 24–25.
Zahra, Yulia. “Antara Otoritas Agama Dengan Kebebasan Berpikir Galileo Galilei.” ’Adalah 4, no. 4 (2020): 40–45. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i4.16771.
Zubairin, Achmad. “Tafsir Ilmi Dan Geologi; Analisa Usia Bumi.” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 8, no. 02 (2023): 166–68. https://doi.org/10.30868/at.v8i02.
Zulfis. Sains Dan Agama Dialog Epistemologi Nidhal Guessoum Dan Ken Wilber. Edited by Muhammad Yusuf el-Badri. Jakarta: Sakata Cendikia, 2019. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50412/1/Zulfis_Sain%20dan%20Agama_%20Dialog%20Epistemologi_ebook.pdf.
@YukNgajiTV. “Kanal YouTube YNTV.” YouTube.com, 2024. http://www.youtube.com/@YukNgajiTV.
YouTube.com. “Al Quran Terlalu Perfect Jika Hanya Disandingkan Dengan Sains - Reconnect With Quran Eps 17,” 2024. https://youtu.be/xcHr8rHO6Qg?si=XG4nkDgkUL9eRUCA.
YouTube.com. “Al Quran Terlalu Perfect Jika Hanya Disandingkan Dengan Sains - Reconnect With Quran Eps 17,” 2024. https://youtu.be/xcHr8rHO6Qg?si=APq7dCz9y9mvWOyH.
YouTube.com. “Al Quran Terlalu Perfect Jika Hanya Disandingkan Dengan Sains - Reconnect With Quran Eps 17,” 2024. https://www.youtube.com/watch?v=xcHr8rHO6Qg.
YouTube.com. “Al Quran Terlalu Perfect Jika Hanya Disandingkan Dengan Sains - Reconnect With Quran Eps 17,” 2024. https://youtu.be/xcHr8rHO6Qg?si=mI2ch7dU6gEitT3n.
YouTube.com. “Al Quran Terlalu Perfect Jika Hanya Disandingkan Dengan Sains - Reconnect With Quran Eps 17,” 2024. https://youtu.be/xcHr8rHO6Qg?si=F7cp5-lgGyBKOKaN.
YouTube.com. “Al Quran Terlalu Perfect Jika Hanya Disandingkan Dengan Sains - Reconnect With Quran Eps 17,” 2024. https://youtu.be/xcHr8rHO6Qg?si=PeAuQOrEc2lmGG0H.
YouTube.com. “Al Quran Terlalu Perfect Jika Hanya Disandingkan Dengan Sains - Reconnect With Quran Eps 17,” 2024. https://youtu.be/xcHr8rHO6Qg?si=6nmUQl4yhu2EFcdh&t=2604.
YouTube.com. “GAK BERIMAN !! Kalau Omongin Sains Ga Usah Bawa Quran - Reconnect With Quran Eps 16,” 2024. https://youtu.be/Wm2pUOPcCGs?si=VBtgHousfS2Kkihk.