Pemahaman al-Dakhīl dalam Tafsir Saintifik: Sebuah Tinjauan Umum

Main Article Content

Qomariyah Qomariyah
Ilyas Ilyas

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengkaji tentang al-dakhīl dalam tafsir saintifik, yaitu penyimpangan atau penyusupan dalam tafsir berbasis ilmi. Ulama terbagi menjadi tiga kelompok dalam menanggapi eksistensi tafsir saintifik, yakni ulama yang pro, ulama yang kontra, dan ulama yang moderat dalam menerima keberadaan tafsir saintifik dengan beberapa syarat tertentu. Al-dakhīl dalam tafsir saintifik, apabila mengacu pada pembagian macam al-dakhīl yang disusun oleh Fāyd (riwāyah, ra’yi, dan ishārī), maka al-dakhīl dalam tafsir saintifik masuk dalam kategori al-dakhīl ra’yi, yakni penyusupan dalam tafsir ilmi yang tidak memenuhi syarat kepantasan, didasari pada niat buruk serta tidak berpegang pada prinsip kaidah penafsiran yang disepakati oleh kebanyakan ulama. Melalui metode kualitatif secara deskriptif-analitis, tulisan ini mengeksplorasi al-dakhīl dalam tafsir saintifik, sebagaimana yang disajikan oleh Ṣalāḥddīn Khiṭāb ketika menafsirkan tiga ayat al-Qur’an yaitu dalam surah Sabā’ ayat 53, al-An’ām ayat 65, dan Yusūf ayat 24. Ketika menafsirkan tiga ayat ini, ia berupaya mengaitkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan khususnya ilmu teknologi. Pada dasarnya, ketiga ayat ini tidak termasuk pada ayat-ayat kauniyah yang boleh ditafsirkan dengan pendekatan ilmiah. Ṣalāḥuddīn tampak luas dan komprehensif dalam mengaitkan illmu pengetahuan dengan ayat-ayat al-Qur’an, sehingga hasil tafsirnya terhadap tiga ayat ini dimasukkan dalam tafsir yang terindikasi al-dakhīl.

Article Details

How to Cite
Qomariyah, Qomariyah, and Ilyas Ilyas. “Pemahaman Al-Dakhīl Dalam Tafsir Saintifik: Sebuah Tinjauan Umum”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 2 (December 31, 2023): 387–399. Accessed April 15, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/26738.
Section
Articles

How to Cite

Qomariyah, Qomariyah, and Ilyas Ilyas. “Pemahaman Al-Dakhīl Dalam Tafsir Saintifik: Sebuah Tinjauan Umum”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 2 (December 31, 2023): 387–399. Accessed April 15, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/26738.

References

Al-Ālamiyah, Manāhij Jāmi’ah al-Madīnah. al-Dakhīl fī al-Tafsīr. Madinah: Jāmi’ah al-Madīnah al-ālamiyah, T.th.

Al-Dhahabī, Muḥammad ḥusain. al-Tafsīr al-Mufassirūn. Kairo: al-Ḥad}arah al-‘Arabiyah, 1977.

Al-Ghazālī, Abū Ḥamīd. Ihya’ ‘Ulūm al-Dīn. Bairut: Dār al-Ma’arīf, 1402 H.

Al-Najjār, Zaghlūl Muḥammad Raghib. Mukhtarāt Tafsīr al-Ayāt al-Kauniyah fī al-Qur’ān al-Karīm, Juz 1. Kairo: Maktabah Shurūq al-Dauliyah, 2007.

Al-Najjār, Jamal Mustafa Abdul Hamid Abdul.Uslub Al-Dakhil Fi Tafsir Ay Tanzil. Kairo: Dar al-Handasia, 2009.

Al-Qurṭubī, Muhammad bin Muhammad al-Anshari. Jāmi’ li Aḥkām al-Qur’ān. Kairo: Dār al-Kutub al-Miṣriyah, 1964.

Al-Rāzī, Fakhruddīn. Mafātīḥ al-Ghaib. Bairut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1411 H.

Al-Rūmī, Fahd ‘Abdurahman bin Sulaimān. Buhūts fī Usūl al-Tafsīr wa Manāhijuhu. Riyād: Maktabah al-Taubah, 1999.

Al-Samarqandi, Muhammad. Bahr ‘Ulūm. Bairut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2018.

Al-Suyūṭi, Jalāluddīn. al-Itqān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Bairut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1407 H.

Fāyd, ‘Abdul Wahab. Al-Dakhīl fī Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm Juz 1. Kairo: Maktabah Ḥasan, 1978.

Hajar, Ahmad Umar Abu. al-Tafsīr al-Ilmi li al-Qur’ān fī al-Mizān. Bairut: Dār al-Qutaibah, 1991.

Hifni, Achmad Syauqi. “Historis Umat Islam Dalam Menjaga Otentisitas Al-Qur’an”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 2 (2023): 208–222.

Husna, Rifqatul. “Autentifikasi Dan Infiltrasi Dalam Tafsir Ishārī”, Mushaf: Jurnal Tafsir Berwawasan Keindonesiaan 1, no. 2 (2021).

Ibnu ‘Āshūr, Muhammad Thahir. al-Taḥrīr wa al-Tanwīr. Tunisia: Dār al-Tūnisiyah, 1984.

Ibnu Kathīr, Imaddudin Abu al-Fida’. Tafsīr al-Qur’ān al-‘Azīm. Beirut: Dār Ṭayyibah, 1999.

Ibn Manzūr, Muhammad bin Mukrim bin ‘Alī Abū al-Fadl Jamāl al-Dīn. Lisān al- Arab, Juz 11. Beirut: Dār șādar, 1414 H.

Kementrian Agama RI. Qur’an Hafalan dan Terjemahan. Jakarta: Almahira, 2017.

Khusnah, Aminatul, and Salamah Noorhidayati. “Infiltrasi Kisah Israiliyyat Tafsir Era Modern: Studi Kisah Tabut Surah Al-Baqarah Ayat 24”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 1 (2023): 107–120.

Mawarti, Tesa Fitria. “Tafsir Saintifik”. Jurnal Tafsere 10, no. 1 (2022): 10-29.

Muslim, Musthafa. Mabāhith fī al-Tafsīr al-Maudū’ī. Damaskus: Dār al-Qalam, 1989.

Ride, Ahmad Rozy. “Al-Dakhil Dalam Tafsir Ilmi (Kajiann Kritik Husein Al-Dzahabi atas Kitab al-Jawāhir fī Tafsīr al-Qur’ān”, Jurnal Tajdid 21, no. 2 (2022).

Safari, Nursyifa Fauziyah. “Pendekatan Saintifik Dalam Perspektif Tafsir Al-Qur'an”. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

Suaidah, Idah. “Sejarah Perkembangan Tafsir”. Al asma: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2021): 183-189.

Ulinnuha, Muhammad. Metode Kritik al-Dakhil fi Tafsir. Jakarta: PT Qaf Media Kreatif, 2019.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hida Karya Agung, 1990.

Yuliarto, Udi. “al-Tafsir al-Ilmi Antara Pengakuan dan Penolakan”, Jurnal Khatulistiwa 1, no. 1 (2011).

Zulfikar, Eko. Ahmad Zainal Abidin. “Ikhtilaf Al-Mufassirin: Memahami Sebab-Sebab Perbedaan Ulama Dalam Penafsiran Alquran”. At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur'an dan Tafsir 4, no. 2 (2019): 285-306.