Personal Branding dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis dengan Pendekatan Ma’nā Cum Maghzā

Main Article Content

Moh. Wafiq Ulinnuha Wafiq
Shofia Zahro Rosyidatus Tsani

Abstract

Dalam kehidupan sosial, pandangan positif atau negatif masyarakat terhadap personal branding menjadikan fenomena tersebut sebagai suatu konsep yang dilematis. Menanggapi hal tersebut, al-Qur’an telah mengulas nilai-nilai yang relevan dengan fenomena personal branding seperti dalam QS. Yusuf [12]; 55 dan QS. al-Taubah [9]; 105. Tulisan ini bertujuan untuk meneliti kedua ayat tersebut dengan menggunakan metode deskriptif analitis melalui pendekatan teori Ma’nā Cum Maghzā. Dengan pendekatan teori Ma’nā cum Maghzā, penelitian ini akan mengungkap ideal moral dari ayat-ayat tersebut sehingga diharapkan mampu memberi kontribusi positif, baik dalam aspek teoritis maupun praktis. Hal ini dapat berupa pembaharuan pengetahuan dan pemecahan masalah personal branding yang dilematis antara perlu atau tidaknya tindakan personal branding dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini menemukan bahwa makna signifikansi dinamis dari QS. Yusuf [12]; 55 berupa legalitas personal branding dengan syarat disertai kejujuran. Bahkan personal branding menjadi suatu hal yang wajib dilakukan jika kemaslahatan masyarakat dikhawatirkan akan terancam ketika suatu amanah dijalankan oleh orang yang salah. Adapun makna signifikansi dinamis pada QS. al-Taubah: 105 adalah perintah menjalankan pekerjaan yang diyakini benar dan dipresepsikan kepada orang lain (branding) bahwa tindakannya benar. Hal ini terkait dengan keyakinan bahwa setiap amal baik atau buruk akan mendapat balasan dari Allah Swt. Selain itu, terdapat juga pertimbangan hukuman sosial dari masyarakat yang mengetahui jika yang dilakukan pada kenyataannya merupakan perbuatan yang buruk, karena kebaikan dan keburukan pada akhirnya akan diperlihatkan oleh Allah Swt.

Article Details

How to Cite
Wafiq, Moh. Wafiq Ulinnuha, and Shofia Zahro Rosyidatus Tsani. “Personal Branding Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Dengan Pendekatan Ma’nā Cum Maghzā”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 1 (April 21, 2025): 219–237. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/26917.
Section
Articles

How to Cite

Wafiq, Moh. Wafiq Ulinnuha, and Shofia Zahro Rosyidatus Tsani. “Personal Branding Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Dengan Pendekatan Ma’nā Cum Maghzā”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 1 (April 21, 2025): 219–237. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/26917.

References

Abdullah al-Alusi. Ruh al-Ma’ani fi Tafsir al-Qur’an al-’Azim wa al-Sab’a al-Mathani. Vol. 7. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1994.

Abu Hayyan. Bahr Muhīth. Vol. 5. Beirut: Dār al-Fikr, 2000.

Afrilia, Ascharisa Mettasatya. “Personal Branding Remaja di Era Digital.” Mediator: Jurnal Komunikasi 11, no. 1 (29 Juni 2018): 20–30. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626.

‘Ali al-Wahidi. al-Tafsīr al-Basīth. Imadah al-Bahtsi al-‘Ilmi, t.t.

al-Suyuti. Asbabun Nuzul terj. Andi Muhammad Syahril dan Yasir Maqasidi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2015.

“Dakwah Di Media Sosial: Haruskah Meningkatkan Personal Branding? – Al-Rasikh,” 14 Juli 2023. https://alrasikh.uii.ac.id/2023/07/14/dakwah-di-media-sosial-haruskah-meningkatkan-personal-branding/.

Dzulfikar, Zulfan, dan Veri Setiawan. “Personal Branding of Da’wah Ustadz Luqmanul Hakim on Instagram @luqmanulhakimpontianak Account.” Sahafa Journal of Islamic Communication 7, no. 01 (31 Juli 2024): 71–84. https://doi.org/10.21111/sjic.v7i01.12418.

Efendi, Erwan, Nabila Putri Amanda, dan Siti Maimunah. “Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Oleh Ustadzah Oki Setiana Dewi.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 4, no. 3 (1 April 2024): 924–32. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i3.736.

Febriyanti, Yesi, dan Chontina Siahaan. “Fenomena Selebriti Menjadi Politikus Serta Strategi Komunikasi Selebriti Dalam Berkampanye.” Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2, no. 01 (28 Januari 2022): 9–15. https://doi.org/10.32670/ht.v2i01.1063.

Ibnu ‘Athiyyah. al-Muharrar wa al-Wajīz. Vol. 3. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.t.

Ibnu Mandzūr. Lisān al-Arab. Vol. 13. Beirut: Dar Shadir, 1994.

“Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Personal Branding Habib Husein Ja’far Al Hadar Melalui Media Sosial Instagram.” Diakses 25 Maret 2025. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57462.

Ismail ibn Katsir. Qashash al-Anbiya’. Kairo: Mathba’ah Dār al-Ta’līf, 1968.

Judijanto, Loso, Zunan Setiawan, Randi Saputra, Dian Ayuria Sarwono, Martina Rosmaulina Marbun, Damba Permatasakti, Arta Elisabeth Purba, dan Hamzah Ramadhan. Personal Branding: Membangun Citra Positif dalam Persaingan Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Lestari, Heni Puji, Miftara Ainul Mufid, Mukhid Mashuri, dan Ahmad Zainuddin. “Konsep Personal Branding Dalam Al-Qur’an Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab.” Al-Qolamuna: Journal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1, no. 3 (20 Juli 2024): 92–102. https://doi.org/10.71242/a9t3r356.

Kholis Tohir. Model Pendidikan Pesantren Salafi. Scopindo Media Pustaka, 2020.

Mahalli, Jalāl al-Dīn al- dan Jalal al-Din al-Suyūthi. Tafsīr al-Jalalain. Kairo: Dar al-Hadis, t.t.

Mahmud al-Alūsi. Rūh al-Ma’āni. Vol. 7. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.t.

Muhammad al-Razi. Mafātih al-Ghaib. Vol. 16. Beirut: Dār Ihya’ al-Turats al-‘Arabi, t.t.

———. Mafātih al-Ghaib. Vol. 18. Beirut: Dār Ihya’ al-Turats al-‘Arabi, t.t.

Muhammad bin Ahmad al-Qurthubi. al-Jāmi’ Li Ahkām al-Qur’an. Vol. 8. 8 vol. Kairo: Dar al-Mishriyyah, 1964.

Muhammad Ibnu Jarīr al-Thabari. Jāmi’ al-Bayān ’an Ta’wīli Āyi Al-Qur’an. Vol. 16. Makkah: Dār al-Tarbiyyah wa al-Turāts, t.t.

———. Jāmi’ al-Bayān ’an Ta’wīli Āyi Al-Qur’an. Vol. 14. Makkah: Dār al-Tarbiyyah wa al-Turāts, t.t.

Muhammad Thahir Ibnu ’Asyur. al-Tahrīr wa al-Tanwīr. Vol. 13. Tunis: al-Dār al-Tunisiyyah, 1984.

Mutmainah, Siti, Sayidah Afyatul Masruroh, Agoes Moh Moefad, dan Izzatul Muwahhidah. “Online Da’wah on Social Media: Personal Branding of a Female Celebrity Preacher on Instagram.” Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 13 Agustus 2022, 39–63. https://doi.org/10.21093/lentera.v6i1.4803.

NU Online. “Membangun Personal Branding dalam Islam.” Diakses 6 November 2024. https://jombang.nu.or.id/keislaman/membangun-personal-branding-dalam-islam-u8yzF.

NU Online. “Menimbang Usulan Sertifikasi Dai.” Diakses 27 Maret 2025. https://nu.or.id/risalah-redaksi/menimbang-usulan-sertifikasi-dai-thLbh.

Bryan Robinson. “70% Of Workers Lie On Resumes, New Study Shows.” Forbes. Diakses 27 Maret 2025. https://www.forbes.com/sites/bryanrobinson/2023/11/05/70-of-workers-lie-on-resumes-new-study-shows/.

Prasetyo, Bambang, et al, Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press, 2020.

Rista Purnama Sari. “Personal Branding Dakwah Husain Basyaiban Melalui Tiktok @kadamsidik00.” IAIN Ponorogo, 2023.

RM.ID. “Nilai Kinerjanya Cuma 4, Pimpinan KPK Sedih, Rakyat Super Kecewa.” https://rm.id/. Diakses 27 Maret 2025. https://rm.id/baca-berita/nasional/236780/nilai-kinerjanya-cuma-4-pimpinan-kpk-sedih-rakyat-super-kecewa.

Sary, Afrisa Maya Adila, dan Anggita Langgeng Wijaya. “Penguatan Personal Branding Dalam Rangka Persiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Mahasiwa Tingkat Akhir di Kota Madiun.” Kreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara 3, no. 2 (28 Mei 2023): 137–49. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i2.1529.

Sayyid Quthb. Tafsir fi Zhilalil-Qur’an di Bawah Naungan Al-Qur’an Terj. As’ad Yasin et al. Vol. 12. Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

———. Tafsir fi Zhilalil-Qur’an di Bawah Naungan Al-Qur’an Terj. As’ad Yasin et al. Vol. 10. Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

Santoso, Bobby Rachman. et al. Strategi Dakwah di Era Digital: Menakar Peluang, Tantangan dan Solusinya. Penerbit Abdi Fama, 2024.

Syamsuddin, Sahiron. et al. Pendekatan Ma‘nā-Cum-Maghzā atas al-Qur’ān dan Hadis: Menjawab Problematika Sosial Keagamaan di Era Kontemporer. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata & Asosiasi Ilmu Alquran & Tafsir se-Indonesia, 2020.

Syamsuddin, Sahiron. “Pendekatan Maʿnā-Cum-Maghzā: Paradigma, Prinsip, Dan Metode Penafsiran.” Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir di Nusantara 8, no. 2 (12 Desember 2022): 217–40. https://doi.org/10.32495/nun.v8i2.428.

Syamsuddin, Sahiron. Pendekatan Ma’na-Cum-Maghza atas Al-Qur’an Paradigma, Prinsip Dan Metode Penafsiran, Pidato Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Tafsir. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2022.

Syamsuddin, Sahiron. Hemeneutika Dan Pengembangn Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2009.