Implementasi Konsep TIGA-SA dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswi di MTs Al-Ishlahiyyah Wonorejo Pasuruan

Main Article Content

Zahrotul Laili
Ali Muhtarom
Muhammada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi konsep TIGA-SA (Dipaksa, Terpaksa, Terbiasa) dalam meningkatkan hafalan al-Qur'an siswi di sekolah. Konsep TIGA-SA memanfaatkan tahapan perubahan perilaku yang diawali dengan unsur paksaan (dipaksa), diikuti dengan kebiasaan yang tumbuh dari keterpaksaan (terpaksa), hingga akhirnya membentuk kebiasaan positif (terbiasa) dalam menghafal al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan siswi dan guru sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan proses implementasi dan hasil dari konsep TIGA-SA. TIGA-SA ini merupakan salah satu inovasi yang dimunculkan oleh para guru di MTs Al-Ishlahiyyah Wonorejo Pasuruan untuk memperbaiki dan meningkatkan    hafalan al-Qur’an siswi disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep TIGA-SA secara signifikan membantu siswi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan al-Qur'an. Melalui tahapan dipaksa dan terpaksa, siswi berhasil membangun disiplin, sementara pada tahap terbiasa, proses hafalan menjadi lebih mandiri dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep TIGA-SA benar-benar meningkatkan kualitas hafalan al-Qur'an siswi. Salah satu kontribusinya adalah meningkatnya keinginan dan minat siswi untuk mempe-lajari dan menghafal al-Qur'an. Hal ini terlihat dari peningkatan partisipasi mereka dalam kegiatan tahfidz harian, peningkatan jumlah setoran hafalan secara sukarela, dan peningkatan jumlah siswi yang memiliki kemampuan untuk menambah target hafalan di luar jadwal yang ditentukan. Selain itu, siswi lebih disiplin dalam hal hafalan dan akademik secara keseluruhan. 

Article Details

How to Cite
Zahrotul Laili, Ali Muhtarom, and Muhammada. “Implementasi Konsep TIGA-SA Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswi Di MTs Al-Ishlahiyyah Wonorejo Pasuruan”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 2 (June 30, 2025): 490–507. Accessed July 28, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/26920.
Section
Articles

How to Cite

Zahrotul Laili, Ali Muhtarom, and Muhammada. “Implementasi Konsep TIGA-SA Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswi Di MTs Al-Ishlahiyyah Wonorejo Pasuruan”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 2 (June 30, 2025): 490–507. Accessed July 28, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/26920.

References

Amrulloh, Mukhamad Haris. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Based Learning Di SMA Al-Ahmad Krian Sidoarjo” (2019): 66.

Arini, Junita. “Strategi Dan Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Tahfizh Darul Itqon Bilasundung Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur” (2019): 38.

Azizi, Muhammad Fahmi, Nabila Salsabilla, and Slamet Daroini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di MTs Miftahush Shibyan : Analisis Terhadap Kendala Dan Solusinya.” Journal of International Multidisciplinary Research 2 No.12 (2024): 261. https://doi.org/10.62504/jimr1108.

Fadhila, Aulia Rizki, Arman Husni, and Wedra Aprison. “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tasmi’ Di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi” 05 no 03 (2023): 6760–6761.

Fadhilah, Nur, Abd Aziz, and Muhammad Hifdil Islam. “Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren” (n.d.): 2.

Fatimah, and Sri Tuti Rahmawati. “Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Dalam Mencapai Target Hafalan Al-Qur’an 4 Juz Di SD Islam An-Najah Jakarta Barat” Vol.10 No. (2020): 16.

Fibriyanti, Adis Aulia. “Budaya Menjaga Hafalan Al-Qur’an Bagi Para Hufadz ( Kajian Living Qur’an Di Universitas Yudharta Pasuruan ).” Univ.Yudharta.Pasuruan (2019): 1.

Hajarman. “Implementasi Metode Sima’i Dan Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung” (2017): 4. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2123.

Izza, Nurul Baeti, and Anwar Sutoyo. “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Kemampuan Coping Stress Siswa Sma Negeri 1 Karanganyar Demak.” Empati : Jurnal Bimbingan dan Konseling 9, no. 2 (2022): 224–231.

Kadi, Titi, and Robiatul Awwaliyah. “Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Islam Nusantara 1 No.2 (2017): 147. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32.

Khalim, Ainul. “Manajemen Pengelolaan Kelas Tahfid Terhadap Peningkatan Hafalan Qur’an.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18, no. 2 (2020): 129–155.

Lestari, Wiji. “Metodoligi Penafsiran Al-Qur’an Karya Muhammad Amin Summa,” Univ.Yudharta.Pasuruan” (2019): 1–2.

M.Ilyas. “Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an” Vol.V, No. (2020): 8.

Malik, Abdul, and Mardinal Taringan. “Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Yang Berkualitas Di SMP Islam Terpadu Nurul Azmi Medan” 3 No.3 (2023): 4.

Mukri, Muhammad. “Peranan Tadarus Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Miftahul Umam Pondok Labu Jakarta Selatan” (2010): 8.

Munawar, Endah Retnaningsih, Musdalifah, Erwin Catur Hidayati. “Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Konseling Individual Pendekatan Realita Siswa Kelas IV ICP Minu Tratee Putera.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 2000 (2022): 1349–1358.

Muttaqin, Imron. “KONSEP DAN PRINSIP MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM AL-QUR`AN Imron Muttaqin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.” Al-Qur’an, Konsep Dan Prinsip Manajemen Pendidikan Dalam 12, no. 1 (2018): 32–49.

Nadia, Zidni Fahma, Sukari, and Sugiyat. “Program Tahfidz Al-Quran Di Pondok Pesantren Al-Hikmah Muhammadiyah Sukoharjo Dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Karakter Santri.” Rayah Al-Islam 7 No.3 (2023): 1082. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.799.

Nadiroh, Intan, and Iftahul Farikhah. “Pembelajaran Tahfidz Juz ’Amma Metode ’Ummi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Menghafal Al-Qur’an ( Studi Kasus Di Min I Jombang ).” Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak 2 No.2 (2024): 99. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i2.2491.

Pratiwi, Sukma. “MAHASISWA PRODI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR DALAM PROGRAM TAHFIZ ALQURAN (STUDI KASUS MAHASISWA PRODI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI ISLAM UIN SUMATERA UTARA).” Repository (2021): 1–91.

Qibtiyah, Mariatul. “Praktik Khataman Al-Qur’an Sebagai Penenang Jiwa Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Jurang Uluh Mojo Kediri (Studi Living Qur’an).” Univ.Yudharta.Pasuruan (2019): 2.

Rofi, Sofyan. “Analisis Perbedaan Hasil Belajar Siswa Mengikuti Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo Jember).” Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam2 No.2 (2019): 2. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2065.

Sadewi, Betanty Prasetya. “Problematika Program Tahfidz Takhassus Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Kota Banjarmasin.” Pengaruh Penambahan Additif Polistiren pada Karakteristik Semen Giggi Zinc Oxide Euganol Secara In Vivo 5, no. 3 (2009): 56–118.

Septianti, Dian, and Melia Frastuti. “Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 10 No.2 (2019): 130–138. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.871.

Sriyanti, Siti, Masduki Asbari, and Praptoyo. “Atomic Habits: Menginisiasi Revolusi Pribadi Sejak Dini” (2023).

Supriono, Iwan Agus, and Atik Rusdiani. “Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Lptq Kabupaten Siak.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 4, no. 1 (2019): 54–64.

Widyaningsih, Santi, and Muhammad Wildan Shohib. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Ta dib Jurnal Pendidikan Islam 13 N0.1 (2024): 2. https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13456.

Zhafira, Vivie Ulima. “Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Minat Anak Dalam Menghafal Al-Qur’an DiRumah Tahfizh Nurul Qur’an At-Taqwa Kota Tangerang.” JM2PI: Jurnal Mediakarya (2020).

Zulfikar, Alfian, EE Junaedi Sastradiharja, and Farizal MS. “Model Pembelajaran Kolaboratif Pada Program Tahfizh Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Motivasi MenghafalAl-Qur’anSantri Al-Wafi Islamic Boarding School Depok.” Educatia: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam Vol.14,No. (2024): 1–23.

Zulfikar, Eko. “Living Quran: Konstruksi Metode Tahfidz Al-Quran Di Majelis Qiraah Wat Tahfidz Pondok Pesantren Murattil Al-Quran Lirboyo Kota Kediri”, MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir 4, no. 1 (2019): 74-94.