Etika Bisnis dalam Al-Qur’an Menurut R. Lukman Fauroni dan Relevansinya dengan Praktik Bisnis Modern

Main Article Content

Hanik Faiz Hazballah
Muhammad Mukharom Ridho
Edy Wirastho

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran R. Lukman Fauroni mengenai etika bisnis dalam al-Qur’an sebagaimana tertuang dalam karyanya Etika Bisnis Dalam Al-Qur’an, serta menelaah relevansinya terhadap praktik bisnis modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis dan teknik studi pustaka (library research). Data primer bersumber dari buku karya Fauroni, sedangkan data sekunder meliputi buku tafsir, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fauroni menawarkan paradigma etika bisnis berbasis nilai-nilai Qur’ani seperti tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan. Ia menegaskan bahwa bisnis dalam perspektif al-Qur’an tidak hanya bersifat material tetapi juga immaterial, melibatkan dimensi spiritual dan moral. Penelitian ini juga menyoroti praktik-praktik bisnis yang bertentangan dengan nilai al-Qur’an, seperti riba, penipuan, dan korupsi. Kontribusi Fauroni menunjukkan bahwa integrasi nilai spiritual dan etika dalam bisnis dapat menjadi solusi atas problematika etika dalam dunia bisnis modern, serta menjadi kerangka kerja yang mendukung keberlanjutan dan keadilan dalam aktivitas ekonomi kontemporer.

Article Details

How to Cite
Hazballah, Hanik Faiz, Muhammad Mukharom Ridho, and Edy Wirastho. “Etika Bisnis Dalam Al-Qur’an Menurut R. Lukman Fauroni Dan Relevansinya Dengan Praktik Bisnis Modern”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 2 (October 27, 2025): 603–624. Accessed November 25, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/29154.
Section
Articles

How to Cite

Hazballah, Hanik Faiz, Muhammad Mukharom Ridho, and Edy Wirastho. “Etika Bisnis Dalam Al-Qur’an Menurut R. Lukman Fauroni Dan Relevansinya Dengan Praktik Bisnis Modern”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 5, no. 2 (October 27, 2025): 603–624. Accessed November 25, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/29154.

References

Abdurrahman, Muh Nashirudin, Diyaurrahman, dan Asiah Wati. “Etika Perniagaan di Dalam Al-Quran (Analisis Tafsir Ayat-Ayat Tijarah).” Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 5, no. 2 (Desember 2022).

Afrizal, Rahmat. Etika Bisnis Islam Perspektif Muhammad Djakfar. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2017.

Ahmad Baidhowi. “Penafsiran Ayat-Ayat Wirausaha Dalam Kitab Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2016.

Al Kausari, M. Arif. “Etika Bisnis Islam (Telaah atas Ayat-Ayat tentang Memenuhi Takaran dalam Timbangan).” el-Umdah 4, no. 2 (Desember 2021).

Al Kausari, M. Arif. “Etika Bisnis Islam (Telaah atas Ayat-Ayat tentang Memenuhi Takaran dalam Timbangan).” Naskah duplikat, tanpa informasi penerbitan.

Al-Shafii, Mohammed Muneer’deen Olodo, dkk. “Al-Akhlaq (Ethics) Perceptions in Islam: A Textual Interpretation through Imam Muhammad Al-Ghazali.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 8, no. 10 (31 Oktober 2018).

Atikasari, Hartini, Btari Amira, dan Ridwan Arifin. “Law Enforcement in the Practice of Bribery in Business and Trade in Indonesia: Between Theory and Practice.” Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum 54, no. 2 (25 Agustus 2020).

Baqi, Muhammad Fuad ’Abd Al. Al Mu’jam Al Mufahras Li Alfazh Al Qur’an. Kairo: Dar Al Kutub Al Mishriyyah, 1364.

Böhm, Steffen, dkk. “Ethics at the Centre of Global and Local Challenges: Thoughts on the Future of Business Ethics.” Journal of Business Ethics 180, no. 3 (5 Oktober 2022).

Dacin, M. Tina, dkk. “Business Versus Ethics? Thoughts on the Future of Business Ethics.” Journal of Business Ethics 180, no. 3 (4 Oktober 2022).

Darmawan, Kasis. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Tafsir Tematik).” Institut PTIQ Jakarta, 2019.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Fadillah, Ivan Fahmi. “Analisis Konsep Taqwa dalam Al-Qur’an: Studi Terhadap Ayat-Ayat yang Menyebutkan Taqwa.” AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis 3, no. 3 (1 September 2023).

Fauroni, Lukman R. Etika Bisnis dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2008.

Faishal, Muhammad. “Eksplorasi Terbaru Etika Dalam Filsafat Indonesia: Bagaimana Perkembangannya?” Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora 8, no. 2 (8 Mei 2024).

Fiantika, Feny Rita, dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. Disunting oleh Yuliatri Novita. 1 ed. PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Ghozali, Mohammad, dkk. “Halal Business Practice: An Islamic Business Ethics Perspective.” AL-IKTISAB: Journal of Islamic Economic Law 8, no. 2 (16 November 2024).

Herlia, Tati. “Model Sistem Peran Teknologi Dan Informasi Terhadap Pertahanan Bisnis Di Indonesia.” Majalah Ilmiah Bijak 16, no. 1 (31 Maret 2019).

Hosaini, Hosaini dan Saeful Kurniawan. “Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat.” Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman 3, no. 2 (9 Desember 2019).

Khaerul Aqbar dan Azwar Iskandar. “Prinsip Tauhid dalam Implementasi Ekonomi Islam.” AL-KHIYAR: Jurnal Bidang Muamalah dan Ekonomi Islam 1, no. 1 (12 November 2021).

Khuza’, Rodliyah. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam.” MIMBAR 11 (Maret 2005).

Manalu, Mutiara, Nazwa Alpuja Elsa, dan Gymnasti Febriani. “Etika Bisnis Islam.” Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis 4, no. 1 (7 Januari 2025).

Meinhold, Roman. “Ethics and Business.” Dalam Business Ethics and Sustainability, 13–27. London: Routledge, 2021.

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir. Disunting oleh Ali Ma’shum dan Zainal Abidin Munawwir. Yogyakarta: Pustaka Progresif, 1997.

Olodo, Mohammed Muneer’deen, dkk. Lihat entri: Al-Shafii.

Raharjo, Dawam. “Etika Bisnis Menghadapi Globalisasi Dalam PJP II.” Majalah Prisma, 2 Februari 1995.

Rahman, Fazlur. Metode dan Alternatif Neomodernisme Islam Fazlur Rahman. Diterjemahkan oleh Taufik Adnan Amal. Bandung: Mizan, 1992.

Ridho, Muhammad Mukharom. “Etika Profetik dalam Perspektif Al-Qur’an.” Al Karima: Jurnal Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir 6, no. 2 (1 Agustus 2022).

Ridho, M. Mukharom, Akhmad Sulthoni, dan Akhmadiyah Saputra. “Relevansi Filsafat Etika Ibnu Taimiyah Dalam Pengembangan Hukum Modern.” Prosiding Seminar Internasional Peluang dan Tantangan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0 dan Society 5.0 1, no. 1 (3 Februari 2024).

Rika Sartika, Rohmah Alif, dan U Nurina Habibah. “Islamic Worldview dan Urgensinya.” Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 1, no. 2 (17 Juni 2022).

Saputra, Arief Dwi, dkk. “Online Business Practices: A Study of Islamic Business Ethics Perspective in Indonesia.” JURNAL PENELITIAN, 25 Juli 2022.

Saori, Sopyan. “Measuring of Islamic Business Ethics in Indonesia Islamic Bank.” Archives of Business Research 7, no. 1 (31 Januari 2019).

Sitoresmi, Ayu Rifka. “Relevan Adalah: Memahami Konsep Keterkaitan dalam Berbagai Konteks.” Liputan6, 7 Februari 2025. https://www.liputan6.com/feeds/read/5909482/relevan-adalah-memahami-konsep-keterkaitan-dalam-berbagai-konteks?page=2.

Solihin, Ihin, Aan Hasanah, dan Hisny Fajrussalam. “Core Ethical Values of Character Education Based on Islamic Values in Islamic Boarding Schools.” International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 3, no. 2 (20 Juli 2020).

Ulul Albab, Hasbi, Akhmad Sulthoni, dan Arif Firdausi Nur Romadlon. “Etika Keluarga dalam QS. At-Tahrim Perspektif Hasby Ash–Shiddieqy dalam Tafsir An–Nur.” El-Wasathy: Journal of Islamic Studies 2, no. 1 (26 Mei 2024).

Werhane, Patricia H., dan R. Edward Freeman. “Business Ethics: The State of the Art.” International Journal of Management Reviews 1, no. 1 (21 Maret 1999).

Zulfikar, Eko. “Harta Dalam Perspektif Al-Qur’an: Kajian Tafsir Ayat-ayat tentang Harta Batil.” Dialogia 16, no. 1 (2019): 1–20.