SURVEI KEPUASAN ALUMNI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PROGRAM STUDI PSIKOLOGI ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Program Studi Psikologi Islam merupakan program studi yang relatif masih baru di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Sebagai Prodi yang sekarang telah menghasilkan lulusan, maka perlu diadakan penelitian untuk melakukan evaluasi terhadap tingkat kepuasan alumninya, hal ini dimaksudkan agar Fakultas mengetahui sejauhmana kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada para mahasiswa dan untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan dan pembelajaran.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yang banyak dituntut mengunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan hasilnya.Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian survei deskriptif, yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya.Metode kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis kuesioner, yaitu kuesioner untuk mengungkap identitas diri subjek dan kuesioner untuk mengungkap kepuasan subjek terhadap kualitas pelayanan. Kuesioner kepuasan alumni terbagi menjadi 3 bagian yaitu proses belajar mengajar, proses administrasi dan fasilitas mahasiswa. Pengumpulan data padapenelitian ini dilakukan denganmenyebar kuesioner kepada seluruh alumni Prodi Psikologi Islam dan terkumpul 45 kuesioner yang lengkap. Setelah dilakukan entri data menggunakan program komputer excel,dilakukan teknik perhitungan frekuensi untuk menggambarkan pengaruh antara parameter kualitas pelayanan jasa dengan tingkat kepuasan alumni. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif kemudian dikonversi dan disimpulkan ke dalam kesimpulan kualitatif.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar dan proses administrasi di Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Dan Pemikiran Islam sudah cukup memuaskan, hanya saja untuk penyediaan fasilitas mahasiswa masih perlu ditingkatkan. Dengan mengetahui tingkatkepuasan mahasiswanya, pengelola programdapat membuat kebijakan-kebijakan,tindakan-tindakan dan sarana serta fasilitaspendukung yang dapat meningkatkanpenyelenggaraan Program Studi Psikologi Islamtersebutdi masamendatang.
Article Details
How to Cite
SURVEI KEPUASAN ALUMNI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PROGRAM STUDI PSIKOLOGI ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG. (2016). Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 79-93. https://doi.org/10.19109/psikis.v1i2.570
Section
Artikel Asli
Psikis: Jurnal Psikologi Islami by http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
How to Cite
SURVEI KEPUASAN ALUMNI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PROGRAM STUDI PSIKOLOGI ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG. (2016). Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 79-93. https://doi.org/10.19109/psikis.v1i2.570