Keterampilan Linguistik Bahasa Arab pada Mahasiswa Non Pesantren di Era Tradisi Digital

Isi Artikel Utama

Ulil Albab

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan kemampuan tertinggi dari empat keterampilan berbahasa lainnya. Oleh karena itu tentu saja keterampilan menulis mempunyai ragam permasalahan yang kompleks. Kegiatan menulis ini merupakan kemampuan berfikir secara sistematis, rasional dan membutuhkan kemampuan menguasai kosakata untuk menuangkannya dalam tulisan. Penelitian ini menganalisis bagaimanakah kemampuan menulis bahasa Arab disertai dengan gambaran skor kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat skor kemampuan menulis bahasa Arab mahasiswa, baik itu skor rata-rata, skor terendah dan skor tertinggi menulis bahasa Arab pada mahasiswa program studi bahasa dan sastra Arab. dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berangkat dari teori ke lapangan untuk diuji kebenarannya dan menggunakan sampel purposive mahasiswa yang bukan berlatar pesantren.
Hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan menulis bahasa Arab pada mahasiswa bahasa dan sastra Arab masuk dalam kategori berkemampuan rendah. Dari dua kategori sampel bahwa mahasiswa semester satu mendapatkan skor rata-rata 16,59 dan mahasiswa semester tiga mendapatkan skor 12,66. Pada skor kemampuan menulis bahasa didapatkan skor tertinggi adalah 9,85 dengan kemampuan menulis lambang bunyi bahasa Arab. Kemudian skor terendah 0,19 pada kemampuan menulis karakteristik huruf dengan menggunakan tata bahasa pada bentuk sintaksis dan morfologi. Kemudian skor terendah didapatkan pada kemampuan mahasiswa menulis kalimat sempurna dengan meliputi membuat jumlah ismiyah dan jumlah mufidah dengan skor 0,18. Kemampuan dengan skor terendah lainnya dengan kemampuan mahasiswa menulis kalimat dengan pemakain tanda baca huruf koma dan tanda baca seru dengan skor 0,19.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
“Keterampilan Linguistik Bahasa Arab Pada Mahasiswa Non Pesantren Di Era Tradisi Digital”. TAMADDUN 22, no. 2 (January 17, 2023): 107–120. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/15424.
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

“Keterampilan Linguistik Bahasa Arab Pada Mahasiswa Non Pesantren Di Era Tradisi Digital”. TAMADDUN 22, no. 2 (January 17, 2023): 107–120. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/15424.

Referensi

Haniah., Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Arabi: Journal of Arabic Studies.

Halim Hanafi, Abdul., Metodologi Penelitian Bahasa untuk Penelitian Tesis, dan Disertasi, Jakarta: Diadit Media Press, 2011

Iskandar, Muhammad Lutfiana., Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab, Raushan Fikr Vol. 6 No. 1 Januari 2017

Kuraedah, Sitti .,Aplikasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Al-Ta’dib, Desember 2015
Nasta’an, Problematika Pebelajar Bahasa Arab Pemula Di Madrasah Aliyah Dan Solusinya, Konferensi Nasional Bahasa Arab I, prosiding.arab-um.com

Rosyidi, Abdul Wahab., Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Umroh, Ida Latifatul .,Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, e-jurnal.unisda.ac.id