Keterampilan Linguistik Bahasa Arab pada Mahasiswa Non Pesantren di Era Tradisi Digital
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keterampilan menulis merupakan kemampuan tertinggi dari empat keterampilan berbahasa lainnya. Oleh karena itu tentu saja keterampilan menulis mempunyai ragam permasalahan yang kompleks. Kegiatan menulis ini merupakan kemampuan berfikir secara sistematis, rasional dan membutuhkan kemampuan menguasai kosakata untuk menuangkannya dalam tulisan. Penelitian ini menganalisis bagaimanakah kemampuan menulis bahasa Arab disertai dengan gambaran skor kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat skor kemampuan menulis bahasa Arab mahasiswa, baik itu skor rata-rata, skor terendah dan skor tertinggi menulis bahasa Arab pada mahasiswa program studi bahasa dan sastra Arab. dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berangkat dari teori ke lapangan untuk diuji kebenarannya dan menggunakan sampel purposive mahasiswa yang bukan berlatar pesantren.
Hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan menulis bahasa Arab pada mahasiswa bahasa dan sastra Arab masuk dalam kategori berkemampuan rendah. Dari dua kategori sampel bahwa mahasiswa semester satu mendapatkan skor rata-rata 16,59 dan mahasiswa semester tiga mendapatkan skor 12,66. Pada skor kemampuan menulis bahasa didapatkan skor tertinggi adalah 9,85 dengan kemampuan menulis lambang bunyi bahasa Arab. Kemudian skor terendah 0,19 pada kemampuan menulis karakteristik huruf dengan menggunakan tata bahasa pada bentuk sintaksis dan morfologi. Kemudian skor terendah didapatkan pada kemampuan mahasiswa menulis kalimat sempurna dengan meliputi membuat jumlah ismiyah dan jumlah mufidah dengan skor 0,18. Kemampuan dengan skor terendah lainnya dengan kemampuan mahasiswa menulis kalimat dengan pemakain tanda baca huruf koma dan tanda baca seru dengan skor 0,19.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat skor kemampuan menulis bahasa Arab mahasiswa, baik itu skor rata-rata, skor terendah dan skor tertinggi menulis bahasa Arab pada mahasiswa program studi bahasa dan sastra Arab. dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berangkat dari teori ke lapangan untuk diuji kebenarannya dan menggunakan sampel purposive mahasiswa yang bukan berlatar pesantren.
Hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan menulis bahasa Arab pada mahasiswa bahasa dan sastra Arab masuk dalam kategori berkemampuan rendah. Dari dua kategori sampel bahwa mahasiswa semester satu mendapatkan skor rata-rata 16,59 dan mahasiswa semester tiga mendapatkan skor 12,66. Pada skor kemampuan menulis bahasa didapatkan skor tertinggi adalah 9,85 dengan kemampuan menulis lambang bunyi bahasa Arab. Kemudian skor terendah 0,19 pada kemampuan menulis karakteristik huruf dengan menggunakan tata bahasa pada bentuk sintaksis dan morfologi. Kemudian skor terendah didapatkan pada kemampuan mahasiswa menulis kalimat sempurna dengan meliputi membuat jumlah ismiyah dan jumlah mufidah dengan skor 0,18. Kemampuan dengan skor terendah lainnya dengan kemampuan mahasiswa menulis kalimat dengan pemakain tanda baca huruf koma dan tanda baca seru dengan skor 0,19.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
“Keterampilan Linguistik Bahasa Arab Pada Mahasiswa Non Pesantren Di Era Tradisi Digital”. TAMADDUN 22, no. 2 (January 17, 2023): 107–120. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/15424.
Bagian
Artikel
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
“Keterampilan Linguistik Bahasa Arab Pada Mahasiswa Non Pesantren Di Era Tradisi Digital”. TAMADDUN 22, no. 2 (January 17, 2023): 107–120. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/15424.
Referensi
Haniah., Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Arabi: Journal of Arabic Studies.
Halim Hanafi, Abdul., Metodologi Penelitian Bahasa untuk Penelitian Tesis, dan Disertasi, Jakarta: Diadit Media Press, 2011
Iskandar, Muhammad Lutfiana., Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab, Raushan Fikr Vol. 6 No. 1 Januari 2017
Kuraedah, Sitti .,Aplikasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Al-Ta’dib, Desember 2015
Nasta’an, Problematika Pebelajar Bahasa Arab Pemula Di Madrasah Aliyah Dan Solusinya, Konferensi Nasional Bahasa Arab I, prosiding.arab-um.com
Rosyidi, Abdul Wahab., Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Umroh, Ida Latifatul .,Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, e-jurnal.unisda.ac.id
Halim Hanafi, Abdul., Metodologi Penelitian Bahasa untuk Penelitian Tesis, dan Disertasi, Jakarta: Diadit Media Press, 2011
Iskandar, Muhammad Lutfiana., Strategi Pembelajaran Menulis (Kitabah) Bahasa Arab, Raushan Fikr Vol. 6 No. 1 Januari 2017
Kuraedah, Sitti .,Aplikasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Al-Ta’dib, Desember 2015
Nasta’an, Problematika Pebelajar Bahasa Arab Pemula Di Madrasah Aliyah Dan Solusinya, Konferensi Nasional Bahasa Arab I, prosiding.arab-um.com
Rosyidi, Abdul Wahab., Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Umroh, Ida Latifatul .,Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, e-jurnal.unisda.ac.id