TAXONOMY BLOOM DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keterempilan berbahasa merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam proses belajar bahasa asing, untuk melihat keberhasilan dalam satu keterampilan berbahasa tentu saja memerlukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan teori Benjamin S Bloom yang dapat digunakan untuk melihat tingkatan kemampuan kognitif dan kesesuaian proses evaluasi terhadap dengan capaian pembelajaran yang telah dikonsep oleh dosen pada rencana pembelajaran semester.
Tujuan penelititan ini menganalisis mutu soal ujian bidang keterampilan bahasa Arab, menganalisis kesesuaian butir soal ujian bidang keterampilan bahasa Arab terhadap konsep taksonomi Bloom, dan menganalisis kesesuaian butir-butir soal ujian terhadap capaian pembelajaran. Dengan menggunakan teknik penarikan sampel purposive maka penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berangkat dari teori ke lapangan untuk diuji kebenarannya.
Penelitian ini membuktikan bahwa mutu soal ujian bahasa Arab pada lima mata kuliah keahlian pada program studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora masih dalam tahap rendah. Hal ini dapat dilihat dari tingkatan taksonomi bahwa konsep pembuatan soal oleh dosen masih dalam ranah C1 sampai C3 saja, artinya proses evaluasi oleh dosen belum sampai pada tahap tingkatan tertinggi. Kemudian butir-butir soal ujian bahasa Arab belum sepenuhnya mengikuti konsep taksonomi Bloom, hal ini dapat dibuktikan pada lembar soal yang diberikan oleh dosen rata-rata pada satu lembar soal ujian hanya menguji pada tingkatan C1 misalnya mendefinisikan. Pada pencapaian pembelajaran dari tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan juga belum sepenuhnya terlihat didalam soal, hal ini mengisyaratkan bahwa evaluasi pembelajaran cenderung melihat dari sisi kemampuan kognitif saja.
Tujuan penelititan ini menganalisis mutu soal ujian bidang keterampilan bahasa Arab, menganalisis kesesuaian butir soal ujian bidang keterampilan bahasa Arab terhadap konsep taksonomi Bloom, dan menganalisis kesesuaian butir-butir soal ujian terhadap capaian pembelajaran. Dengan menggunakan teknik penarikan sampel purposive maka penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berangkat dari teori ke lapangan untuk diuji kebenarannya.
Penelitian ini membuktikan bahwa mutu soal ujian bahasa Arab pada lima mata kuliah keahlian pada program studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora masih dalam tahap rendah. Hal ini dapat dilihat dari tingkatan taksonomi bahwa konsep pembuatan soal oleh dosen masih dalam ranah C1 sampai C3 saja, artinya proses evaluasi oleh dosen belum sampai pada tahap tingkatan tertinggi. Kemudian butir-butir soal ujian bahasa Arab belum sepenuhnya mengikuti konsep taksonomi Bloom, hal ini dapat dibuktikan pada lembar soal yang diberikan oleh dosen rata-rata pada satu lembar soal ujian hanya menguji pada tingkatan C1 misalnya mendefinisikan. Pada pencapaian pembelajaran dari tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan juga belum sepenuhnya terlihat didalam soal, hal ini mengisyaratkan bahwa evaluasi pembelajaran cenderung melihat dari sisi kemampuan kognitif saja.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
“TAXONOMY BLOOM DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA”. TAMADDUN 21, no. 1 (December 18, 2023): 91–111. Accessed March 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/20191.
Bagian
Artikel
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
“TAXONOMY BLOOM DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA”. TAMADDUN 21, no. 1 (December 18, 2023): 91–111. Accessed March 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/20191.
Referensi
Alfin, Jauharoti., Keterampilan Dasar Berbahasa, Surabaya : PT Revka Petra Media, 2009
A.J, Nitko., Education Assessment of Student, (2nd ed). Ohio: Merril an imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs
B.Uno, Hamzah., Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Danim, Sudarwan., Psikologi Pendidikan (dalam Perspektif Baru), Bandung: Alfabeta, 2011.
Depdiknas. Panduan Penulisan Butir Soal. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Tahun 2018
Ditbin SMA Depdiknas, Panduan Analisis Butir Soal, Jakarta: Depdi-knas, 2008. Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta, 2009.
Faruq, Umar,. Bahasa Arab Berbasis Peningkatan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Al-Hikmah. Vol 8, 2020
Gunawan, Imam., dkk. 2012. Taksonomi Bloom - Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. PE : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 2 No 2
Haladyna, Thomas M. Writing Test Items to Evaluate Higher Order Thinking. Boston:Allyn and Bacon, 1997.
Idris, Zahara., dan Lisma Jamal, Pengantar Pendidikan I, Jakarta: Grasindo, 1992.
Khodijah, Nyayu., Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Lisanuna, Vol 8, No 2 (2018)
Magdalena, Ina., dkk. 2020. Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains. Vol 2 No 1.
Magdalena, Ina., dkk. 2020. Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains. Vol 2 No 1.
Munip, Abdul., Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Cet : 2017
Nurgiyantoro, Burhan., Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE, 1988.
R Aiken, Lewis., Psychological Testing and Assessment, Eight Edition, Boston: Allyn and Bacon, 1994
A.J, Nitko., Education Assessment of Student, (2nd ed). Ohio: Merril an imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs
B.Uno, Hamzah., Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Danim, Sudarwan., Psikologi Pendidikan (dalam Perspektif Baru), Bandung: Alfabeta, 2011.
Depdiknas. Panduan Penulisan Butir Soal. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Tahun 2018
Ditbin SMA Depdiknas, Panduan Analisis Butir Soal, Jakarta: Depdi-knas, 2008. Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta, 2009.
Faruq, Umar,. Bahasa Arab Berbasis Peningkatan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Al-Hikmah. Vol 8, 2020
Gunawan, Imam., dkk. 2012. Taksonomi Bloom - Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. PE : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 2 No 2
Haladyna, Thomas M. Writing Test Items to Evaluate Higher Order Thinking. Boston:Allyn and Bacon, 1997.
Idris, Zahara., dan Lisma Jamal, Pengantar Pendidikan I, Jakarta: Grasindo, 1992.
Khodijah, Nyayu., Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Lisanuna, Vol 8, No 2 (2018)
Magdalena, Ina., dkk. 2020. Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains. Vol 2 No 1.
Magdalena, Ina., dkk. 2020. Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains. Vol 2 No 1.
Munip, Abdul., Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Cet : 2017
Nurgiyantoro, Burhan., Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE, 1988.
R Aiken, Lewis., Psychological Testing and Assessment, Eight Edition, Boston: Allyn and Bacon, 1994