Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 di SD IT Almubarok Palembang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Orang tua sebagai pendamping anak-anaknya dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi sangat sering mengalami ganguan, baik itu dari aspek koneksi internet yang buruk, kuota internet yang terbatas, fasilitas media pembelajaran online yang tidak memadai, dan masalah dengan waktu sehingga peran orang tua dalam mendampingi anak-anaknya dalam melangsungkan pembelajaran online tidak efektif dan mempengaruhi hasil belajar seperti yang terjadi pada SD IT Al Mubarok Palembang, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pembelajaran daring/e-learning terhadap hasil belajar siswa kelas 1 di SD IT Almubarok Palembang.
Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian yaitu orang tua siswa dan Guru SD IT Al Mubarok, tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua sebagai guru terkendala dengan pengetahuan minim yang dimiliki orang tua. Kemudian peran orang tua berikutnya sebagai fasilisator telah dijalankan dengan baik meskipun di tengah keterbatasan ekonomi di masa pandemi. Kemudian peran sebagai motivator dilaksanakan oleh orang tua dengan memberikan waktu khusus bagi anak untuk tetap semangat menjalankan pembelajaran selama masa pandemi. Terakhir peran orangtua sebagai pengarah dilaksanakan dengan memberikan pengarahan dan nasihat oleh orang tua bagi anak ketika melaksanakan pembelajaran daring meskipun dalam pelaksanaannya hal ini terhambat oleh kesibukan para orangtua, Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan peran yang dilakukan oleh orang tua murid pada SD IT Al Mubarok Palembang belum dilakukan secara optimal.
Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian yaitu orang tua siswa dan Guru SD IT Al Mubarok, tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua sebagai guru terkendala dengan pengetahuan minim yang dimiliki orang tua. Kemudian peran orang tua berikutnya sebagai fasilisator telah dijalankan dengan baik meskipun di tengah keterbatasan ekonomi di masa pandemi. Kemudian peran sebagai motivator dilaksanakan oleh orang tua dengan memberikan waktu khusus bagi anak untuk tetap semangat menjalankan pembelajaran selama masa pandemi. Terakhir peran orangtua sebagai pengarah dilaksanakan dengan memberikan pengarahan dan nasihat oleh orang tua bagi anak ketika melaksanakan pembelajaran daring meskipun dalam pelaksanaannya hal ini terhambat oleh kesibukan para orangtua, Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan peran yang dilakukan oleh orang tua murid pada SD IT Al Mubarok Palembang belum dilakukan secara optimal.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
“Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Di SD IT Almubarok Palembang”. Jurnal Spiritual Healing 3, no. 1 (June 16, 2022): 37–46. Accessed May 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/SH/article/view/11641.
Bagian
Articles
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (seeOpen Access Effect).
Cara Mengutip
“Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Di SD IT Almubarok Palembang”. Jurnal Spiritual Healing 3, no. 1 (June 16, 2022): 37–46. Accessed May 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/SH/article/view/11641.