Motivasi Belajar dalam Pemahaman Konsep Alat Tes Inventori pada Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep alat tes inventori pada mahasiswa fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap pemahaman konsep alat tes inventori pada mahasiswa fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan metode korelasional. Sampel yang digunakan pada penelitian yaitu mahasiswa fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang minimal semester 6 dan telah mempelajari alat tes inventori sebelumnya yang berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dan skala pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dan uji prasyarat dengan bantuan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menggunakan metode analisis korelasi Pearson Product Moment menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,152. Nilai signifikansi 0,152 > 0,05 dapat disimpulkan tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel bebas dan variabel terikat. Sehingga hipotesis penelitian ditolak. Artinya, tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan pemahakan konsep alat tes inventori pada mahasiswa psikologi universitas islam negeri raden fatah Palembang
Article Details
How to Cite
“Motivasi Belajar Dalam Pemahaman Konsep Alat Tes Inventori Pada Mahasiswa”. Spiritual Healing: Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi 2, no. 1 (June 16, 2021): 18–23. Accessed April 16, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/SH/article/view/8619.
Section
Articles
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (seeOpen Access Effect).
How to Cite
“Motivasi Belajar Dalam Pemahaman Konsep Alat Tes Inventori Pada Mahasiswa”. Spiritual Healing: Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi 2, no. 1 (June 16, 2021): 18–23. Accessed April 16, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/SH/article/view/8619.