PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Discovery Learning berpendekatan Saintifik untuk meningkatkan berpikir kreatif dan karakter rasa ingin tahu siswa yang valid, praktis, dan efektif. Subyek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Bruderan Purwokerto. Hasil validasi Silabus 4,02, RPP 3,95, Buku Siswa 3,88, LKS 3,90. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis, dengan rata-rata hasil pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran 4,42 dan rata-rata hasil respon siswa 84,5. Pembelajaran dengan model Discovery Learning berpendekatan Saintifik efektif, (1) kemampuan berpikir kreatif siswa mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 80,05, (2) terdapat pengaruh positif antara karakter rasa ingin tahu dan ketrampilan berpikir kreatif terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 79,9%, (3) nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas perlakuan 80,05 lebih baik dari kelas dengan pembelajaran konvensional 58,45. (4) Adanya peningkatan karakter rasa ingin tahu dan ketrampilan berpikir kreatif pada enam siswa pilihan yang mendapat perlakuan khusus pada kelas perlakuan
Article Details
How to Cite
Indiastuti, F. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 41-55. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1240
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Indiastuti, F. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 41-55. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1240