PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually dengan siswa yang mendapat model pembelajaran langsung. Sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, serta memberikan kemasan yang berbeda bahwa belajar itu bukan paksaan tapi kebutuhan, sebagai salah satu alternatif model pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sebagai populasinya yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 4Tarogong Kidul sedangkan untuk sampelnya sebanyak dua kelas yang berperan sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Pada penelitian ini terpilih kelas eksperimen 1 yaitu kelas VII C yang pembelajarannya menggunakan Team Assisted Individually sedangkan kelas eksperimen 2yaitu kelas VII F yang pembelajaranya menggunakan Pembelajaran Langsung. Desain penelitian ini yaitu pretestposttest dengan instrumen penelitian tipe uraian pada pokok bahasan Segiempat. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, pada pretesttidak terdapat perbedaan kemampuan awal sehingga langsung mengolah data posttest maka diperoleh pada kelas eksperimen 1 data tidak berdistribusi normal dan pada kelas ekperimen 2 datanya berdistribusi normal. Karena salah satu sebaran data tidak berdistribusi normal maka selanjutnya dilakukan Uji ManWhitney, hasilnya yaitu: “Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualy dengan siswa yang mendapat model pembelajaran langsung
Article Details
How to Cite
Firdaus, D. A., & Afriansyah, E. A. (2017). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 104-122. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1243
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Firdaus, D. A., & Afriansyah, E. A. (2017). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 104-122. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1243