RELIABILITAS INTER RATER INSTRUMEN TES MATEMATIKA MENGGUNAKAN RATER

Main Article Content

Destiniar Destiniar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan koefisien reliabilitas inter rater soal tes matemtika yang dinilai oleh guru matematika SMP dan dosen pendidikan matematika. Rater yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru matematika SMP dan 20 orang dosen pendidikan matematika sedangkan instrument yang dinilai adalah instrument tes matematika kelas IX yang berbentuk pilihan ganda.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan analisis data dilakukan dengan menggunakan statistic uji t.  Hasil yang diperoleh tidak ada perbedaan koefisien reliabilitas inter rater soal tes matematika yang dinilai oleh guru matematika SMP dan dosen pendidikan matematika.

Article Details

How to Cite
Destiniar, D. (2018). RELIABILITAS INTER RATER INSTRUMEN TES MATEMATIKA MENGGUNAKAN RATER. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 19-28. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2464
Section
Artikel

How to Cite

Destiniar, D. (2018). RELIABILITAS INTER RATER INSTRUMEN TES MATEMATIKA MENGGUNAKAN RATER. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 19-28. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2464

References

Aisiah. Instrumen Penilaian Skripsi Jurusan Sejarah. jurnal.fkip.unila.ac.id. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/5243/3301 (diakses 6 Maret 2016)

Djanuarsih, Eri. 2012. Validitas dan Reliabilitas Butir Soal. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 1. No.1. ISSN : 2337-3253.

Kadir. 2015. Statistik Terapan konsep,Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Kartowagiran, Badrun. 2011. Penulisan Dan Analisis Butir Soal. Makalah disampaikan pada Pelatihan penulisan dan analisis butir bagi guru SMP Provinsi D.I. Yogyakarta pada tanggal 23, 26, dan 28 Juli 2011 di Pascasarjana UNY 2011. http ://staff.uny.ac.id (diakses 29 Januari 2016)

Kusaeri, K. 2014. Acuan dan Tehnik Penilaian Proses dan hasil belajar dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maesaroh, Raden. Teacher-Rater Language Academic Background Difference And Asessment Process Of Indonesian As Foreign Language (IFL) Speaking Performance (A Qualitative study conducted to three IFL teachers in one language center in Bandung). http://File.Upi.Edu/ diakses 7 Maret 2016)

Peter Filzmoser, 2005. “Indentification of Multivariate Outliers: A Performance Study,” Australian Journal of Statistiks, Vol. 35, No. 2.

Singh and Jebalamar, “Model-Based Outlier Detection System with Statistikal Preprocessing,” Journal of Modern Applied Statistikal Methods, Vol. 15, No. 1, Mei 2016, h. 789.

Widhiharso, wahyu. 2010. Melibatkan Rater dalam Pengembangan Alat Ukur. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Widoyoko, S.Eko Putro, 2015. Evaluasi Program pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.