SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI INQUIRY BASED LEARNING DI KELAS VII SMP PALEMBANG

Main Article Content

Jumroh Jumroh Anggria Septiani Mulbasari Putri Fitriasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran self efficacy siswa dengan strategy inquiry based learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.I SMP Negeri 22 Palembang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Observasi digunakan untuk mengetahui self efficacy siswa sejak awal proses pembelajaran dengan cara memberi tanda centang untuk setiap indikator yang tampak. Angket disajikan dalam bentuk skala Likert, dimana pernyataan yang diajukan berupa pernyataan positif dan negatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menjumlahkan skor yang diperoleh dan menentukan letak dari jumlah skor yang diperolah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Efficacy siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 90,62% termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor observasi sebesar 59,38% dan skor angket sebesar 90,62%.

Article Details

How to Cite
Jumroh, J., Mulbasari, A., & Fitriasari, P. (2018). SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI INQUIRY BASED LEARNING DI KELAS VII SMP PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29-42. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2480
Section
Artikel

References

Anggraeni, Y. 2010. Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Merode Inquiry di Kelas VIII SMP Negeri 40 Palembang. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Djaali, P. M. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ

Hamalik, O. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung : Sinar baru Algensindo.

Hapsari, J. M. 2011. Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/11064949.pdf. diakses tanggal 28 Maret 2018.

Hendriana, H. 2012. Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Tersedia: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/download/424/329. Diakses tanggal 12 Maret 2018.

Hidayat, W. dkk. 2017. The Relation Between Self Efficacy Toward Math with The Math Communication Competence. Tersedia: http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/download/349/359. Diakses tanggal 10 maret 2018

Hidayat, W., & Sariningsih, R..2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Tersedia: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/download/1027/683. Diakses 20 Mei 2018.

Nasoetion, N, dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Univiersitas Terbuka

N.K, Roestiyah. 2001. Strategi Mengajar Belajar. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Sariningsih, R., & Purwasih, R. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Tersedia: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/275/196. diakses tanggal 11 Mei 2018.

Somakim. 2010. Pengaruh Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Self-Efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Laporan Kegiatan Hibah Penelitian UNSRI: tidak diterbitkan.

Wijaya, Herry. 2010. Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Logika Berpikir Matematika Siswa SMA N 1 Muara Enim. Universitas Sriwijaya : Program Pascasarjana Palembang.