SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI INQUIRY BASED LEARNING DI KELAS VII SMP PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran self efficacy siswa dengan strategy inquiry based learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.I SMP Negeri 22 Palembang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Observasi digunakan untuk mengetahui self efficacy siswa sejak awal proses pembelajaran dengan cara memberi tanda centang untuk setiap indikator yang tampak. Angket disajikan dalam bentuk skala Likert, dimana pernyataan yang diajukan berupa pernyataan positif dan negatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menjumlahkan skor yang diperoleh dan menentukan letak dari jumlah skor yang diperolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Efficacy siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 90,62% termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor observasi sebesar 59,38% dan skor angket sebesar 90,62%.
Article Details
How to Cite
Jumroh, J., Mulbasari, A. S., & Fitriasari, P. (2018). SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI INQUIRY BASED LEARNING DI KELAS VII SMP PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29-42. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2480
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Jumroh, J., Mulbasari, A. S., & Fitriasari, P. (2018). SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI INQUIRY BASED LEARNING DI KELAS VII SMP PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29-42. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2480
References
Anggraeni, Y. 2010. Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Merode Inquiry di Kelas VIII SMP Negeri 40 Palembang. Indralaya: Universitas Sriwijaya.
Djaali, P. M. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ
Hamalik, O. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung : Sinar baru Algensindo.
Hapsari, J. M. 2011. Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/11064949.pdf. diakses tanggal 28 Maret 2018.
Hendriana, H. 2012. Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Tersedia: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/download/424/329. Diakses tanggal 12 Maret 2018.
Hidayat, W. dkk. 2017. The Relation Between Self Efficacy Toward Math with The Math Communication Competence. Tersedia: http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/download/349/359. Diakses tanggal 10 maret 2018
Hidayat, W., & Sariningsih, R..2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Tersedia: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/download/1027/683. Diakses 20 Mei 2018.
Nasoetion, N, dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Univiersitas Terbuka
N.K, Roestiyah. 2001. Strategi Mengajar Belajar. Jakarta : PT.Rineka Cipta.
Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Sariningsih, R., & Purwasih, R. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Tersedia: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/275/196. diakses tanggal 11 Mei 2018.
Somakim. 2010. Pengaruh Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Self-Efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Laporan Kegiatan Hibah Penelitian UNSRI: tidak diterbitkan.
Wijaya, Herry. 2010. Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Logika Berpikir Matematika Siswa SMA N 1 Muara Enim. Universitas Sriwijaya : Program Pascasarjana Palembang.
Djaali, P. M. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ
Hamalik, O. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung : Sinar baru Algensindo.
Hapsari, J. M. 2011. Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/11064949.pdf. diakses tanggal 28 Maret 2018.
Hendriana, H. 2012. Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Tersedia: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/download/424/329. Diakses tanggal 12 Maret 2018.
Hidayat, W. dkk. 2017. The Relation Between Self Efficacy Toward Math with The Math Communication Competence. Tersedia: http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/download/349/359. Diakses tanggal 10 maret 2018
Hidayat, W., & Sariningsih, R..2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Tersedia: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/download/1027/683. Diakses 20 Mei 2018.
Nasoetion, N, dkk. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Univiersitas Terbuka
N.K, Roestiyah. 2001. Strategi Mengajar Belajar. Jakarta : PT.Rineka Cipta.
Ridwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Sariningsih, R., & Purwasih, R. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Tersedia: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/275/196. diakses tanggal 11 Mei 2018.
Somakim. 2010. Pengaruh Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Self-Efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Laporan Kegiatan Hibah Penelitian UNSRI: tidak diterbitkan.
Wijaya, Herry. 2010. Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Logika Berpikir Matematika Siswa SMA N 1 Muara Enim. Universitas Sriwijaya : Program Pascasarjana Palembang.