PROFIL PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Main Article Content

Ellys Faridatul Lailiyah Lestariningsih Lestariningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil proses berpikir siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam pengajuan soal (problem posing) pada materi prisma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan Kemampuan Matematika Tinggi (KMT) bisa melewati semua indikator pada tahap proses berpikir yaitu menerima informasi, mengkode informasi, menyimpan informasi, dan memanggil kembali informasi. Sedangkan untuk subjek dengan Kemampuan Matematika Sedang (KMS) sudah bisa melewati tahap menerima informasi, tetapi pada tahap mengode informasi ada indikator yang belum tercapai yaitu memaknai informasi yang diberikan. Pada tahap menyimpan informasi subjek tidak menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan, kemudian pada tahap memanggil kembali informasi subjek bisa mencapai semua indikator tetapi soal yang dibuat kurang tepat. Kemudian subjek dengan Kemampuan Matematika Rendah (KMR) pada tahap menerima informasi sudah bisa tercapai tetapi subjek kurang  tepat dalam menjelaskan informasi dan petunjuk yang ada pada tugas. Pada tahap mengode informasi hanya ada dua indikator yang bisa tercapai yaitu menjelaskan apa yang diketahui dan berimajinasi. Pada tahap menyimpan informasi subjek menyampaikan informasi ke memori dengan cara mengingat-ingat, dan pada tahap memanggil kembali informasi semua indikator sudah tercapai tetapi kurang tepat ketika menjelaskan soal dan jawaban yang subjek buat.

Article Details

How to Cite
Lailiyah, E., & Lestariningsih, L. (2018). PROFIL PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 43-52. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2485
Section
Artikel

References

Denzin, N. K. (1970). The Research Act: A Theoretocal Introduction to Sociological Methods. Chicago: Aldine Publishing Company.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2012). Kamus Besar Bahsa Indonesia Pusat Bahasa (Keempat ed.). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
Lestariningsih, L., & Awaludin, A. (2014). Pengembangan LKK dengan Pendekatan PMRI pada Materi Limas dan Prisma Tegak. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 1–8. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=6795328480083391435&btnI=1&hl=en pada tanggal 14 Maret 2018.
Miles, M. B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Washington DC: SAGE Publications, Inc.
Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada.
Ratumanan & Laurent. (2011). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Rohmanu. I. (2012). Proses Berpikir Siswa dalam Pengajuan Masalah Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif dan Tingkat Kemampuan Matematika. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Unesa University Press.
Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Silver, E., et. al. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Student. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27 No. 5, November 1996.
Silver, E. (1994). On Mathematical Problem Posing. For the Learning of Mathematics, 14(1), 19-28. Tersedia online : http://www.jstor.org/stable , diakses pada tanggal 5 Januari 2017.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.