Pengaruh Teknologi Knowledge Management Terhadap Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Main Article Content

M. Haviz Irfani

Abstract

Perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan harus menghasilkan lulusan yang mampu bersaing agar memberikan dampak yang besar bagi bangsa dan negara. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang merupakan perguruan tinggi yang telah menerapkan teknologi knowledge management. Melalui paradigma baru saling berbagi pengetahuan, menangkap pengetahuan, mencipta pengetahuan baru, dan memori pengetahuan organisasi yang dimiliki perguruan tinggi setiap waktu seharusnya menjadi trigger kreativitas dan inovasi dari mahasiswa untuk berprestasi. Responden penelitian berjumlah 205 orang dari Fakultas Sains dan Teknologi, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Syariah dan Hukum. Variabel eksogen yaitu Personal Learning, Job Procedure, Learning Organization, dan Technology, sedangkan variabel endogen yaitu Learning Creativity, dan Learning Achievement. Tools yang digunakan aplikasi AMOS (Analysis of Moment Structure) diolah menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) dengan penghapusan mahalanobis (Outlier) pada model struktural dievaluasi dan diperoleh goodness of fit setelah modifikasi model. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Kreativitas Belajar dipengaruhi sangat kuat oleh Job Procedure, Learning Organization, dan Technology. Personal Learning sama sekali tidak mempengaruhi Learning Creativity. Tetapi Learning Creativity sangat kuat mempengaruhi Learning Achievement.

Article Details

How to Cite
Irfani, M. (2018). Pengaruh Teknologi Knowledge Management Terhadap Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. JUSIFO, 4(2), 165-179. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4111
Section
Artikel

References

. I. P. N. M., ., Dr. Ketut Agustini, S.Si, M. S., & ., Dr. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M. (2017). Hubungan Knowledge Management Terhadap Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 182–191. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9461
Fariani, R. I. (2013). Analisa Dampak Knowledge Management Terhadap Performa Organisasi Studi Kasus Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2–4.
Ferdinandus, E., Imron, A., & Supriyanto, A. (2015). Model Knowledge Management dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.1192/apt.8.5.387
Ghozali Imam,Dr, P. (2017). Konsep dan Aplikasi dengan program Amos 24.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ika, R., & Sari, P. (2013). Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar , Motivasi Belajar , Dan Lingkungan Belajar. https://doi.org/10.1071
Mulyanto, A. (2008). Implementasi Knowledge Management Untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Aplikasi Sains Dan Teknologi, 71–78.
Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352–364. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489
Saragih, H., Darmanto, T., Reza, B., & Setiyadi, D. (2012). Sistem Informasi Knowledge Management Pada. Teknik Dan Ilmu Komputer, 423–437.
Setiarso, B. (2007). Penerapan Knowledge Management pada Organisasi : Studi Kasus di Salah Satu Unit Organisasi LIPI. 1–6.
Singgih Santoso. (2012). Analisis SEM menggunakan AMOS. Jakarta: Elex Media Komputindo, PT.
Sopandi, O. D., & S.Saud, U. (2016). Implementasi Knowledge Management Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 23(2), 1–13.
Utami, S. R., Ali, M., & Nohong, M. (2016). STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA KARYAWAN PT BANK MUAMALAT INDONESIA TBK CABANG MAKASSAR. Jurnal Analisis, 5(1), 72–77. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004