Implementasi Metode Profile Matching Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru pada SMK Ma’arif NU 2 Boyolali

Main Article Content

Mei Prabowo Agung Suprapto

Abstract

Selama ini proses penerimaan siswa baru pada SMK Ma’arif NU 2 Boyolali sudah berbasis online, akan tetapi dalam melakukan perangkingan serta menentukan calon siswa tersebut lulus atau tidak masih bersifat manual, sehingga belum optimal. Oleh karena itu dalam mengoptimalkan proses tersebut, maka di sisipkanlah sistem pendukung keputusan pada sistem informasi yang sudah ada pada SMK NU Ma’arif 2 Boyolali. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang serta membuat sistem pendukung keputusan penerimaan siswa baru dengan menggunakan metode Profile Matching yang terintegrasi langsung dengan sistem yang sudah berjalan. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah Rapid Application Development. Hasil akhir dari penelitian ini adalah perangkingan data calon siswa baru yang mendaftar pada SMK Ma’arif NU 2 Boyolali yang diseleksi berdasarkan kriteria- kriteria yang sudah ditentukan. Keluaran dari aplikasi ini secara real time akan tampil di sistem dan dapat untuk membantu dalam pengambilan keputusan dalam menerima siswa baru.

Article Details

How to Cite
Prabowo, M., & Suprapto, A. (2019). Implementasi Metode Profile Matching Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru pada SMK Ma’arif NU 2 Boyolali. JUSIFO, 5(2), 71-80. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i2.5189
Section
Artikel

References

Aswati, S., & Siagian, Y. (2016). Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan. Sesindo, 317–324.
Harma Oktafia Lingga Wijaya. (2018). Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau Harma. Jusim, 3(1), 46–55.
Hasmawati. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Ahp Di Sma Negeri 8 Pinrang. Pemanfaatan Tawas Sintetik Dari Kaleng Bekas Sebagai Koagulan Pada Air.
Khoiri, M. S., Tanti, L., & Safrizal. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Staff Pengajar Pada Yayasan Islamic Center Medan Dengan Penerapan Metode Profile Matching. Konfrensi Nasional Sistem Informasi, 8–9.
Nata, I. A., Soedijono, B., Al, H., & Fatta. (2017). Penentuan Wilayah Promosi Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Topsis. Jurnal Teknologi Informasi, Xii(34), 61–80.
Putri, M. P., & Effendi, H. (2018). Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Website Service Guide “Waterfall Tour South Sumatera.” Jurnal Sisfokom, 07(September), 130–136.
Sambani, E. B., Mulyana, D., & Maulana, I. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Pengajar Menggunakan Metode Profile Matching ( Studi Kasus Pada Elti Gramedia Tasikmalaya ). Journal Of Applied Intelligent System (Jais) Udinus, 1(Sistem Pendukung Keputusan), 103–112.
Susanti, A. D., Muslihudin, M., & Hartati, S. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Perankingan Calon Siswa Baru Jalur Undangan Menggunakan Simple Additive Weighting (Studi Kasus : Smk Bumi Nusantara Wonosobo). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 5(1), 3-5–42.
Usman, M. A., Santoso, E., & Hidayat, N. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Anggota Pengurus Harian Pondok Pesantren Menggunakan Metode Profile Matching ( Studi Kasus Pondok Pesantren Putra Sabilurrosyad ). 1(10), 1176–1184.
Wahyudi, F., & Utama, S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Dosen Baru Menggunakan Metode Profile Matching ( Studi Kasus : Universitas Islam Raden Rahmat Malang ). G-Tek Jurnal Teknologi Terapan, 3(1), 1–7.