Efektifitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Tata Persuratan Elektronik (Paperless Office System) (Studi Kasus: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)

Main Article Content

Awang Sugiarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif dan efisiennya tata persuratan pada kampus Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang setelah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik (paperless office system) yang berbasis online dalam memproses pelayanan surat masuk. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata persuratan merupakan suatu manajemen tata persuratan suatu instansi dalam memanfaatkan teknologi informasi berupa media komputer, internet atau media lainnya baik menggunakan sistem secara manual maupun secara elektronik. Pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah seberapa efektifnya pemrosesan pelayanan surat masuk dengan sistem elektronik serta kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan kedua sistem tersebut pada manajemen persuratan. Hasil dari penelitian ini, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik sudah berjalan lebih lancar dan sangat efektif, khususnya dalam pemrosesan surat masuk. Sedangkan untuk pengurusan surat keluar belum dapat diterapkan karena sistem aplikasi belum sesuai dengan prosedur sehingga pelaksanaannya masih secara manual.

Article Details

How to Cite
Sugiarto, A. (2020). Efektifitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Tata Persuratan Elektronik (Paperless Office System) (Studi Kasus: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang). JUSIFO, 6(1), 45-54. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jusifo.v6i1.5632
Section
Artikel

References

Herdiana, F., & Marsofiyati. (2019). Penerapan dan Pemanfaatan E-Office sebagai perwujudan paperless office. Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 74.
Khairil. (2012). Implementasi Pengamanan Database menggunakan MD5. 8(1), 29–44.
Muhadjir, N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin.
Mulyono, T. (2018). Sistem Informasi E-Office Pendukung Program Paperless Korespondensi Perkantoran ( Studi Kasus : Bagian Administrasi Akademik Akademi Komunitas Semen Indonesia Gresik ). Tecnoscienza, 2(2), 108–122.
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian Tentang Efektifitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian-ISSN, 1, 90–95. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/253
Parsaorantua, P. H. P., Pasoreh, Y., & Rondonuwu, S. A. (2017). Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-Government Di Kominfo Kota Manado). Acta Diurna, VI(3).
Reja, I., & Suban, A. L. (2016). Analisis Penerapan dan Optimalisasi Sistem Informasi Sekolah Terpadu ( SisTer ) Sebagai perwujudan Paperless Administration Menuju Sekolah Berbasis E-Document. Senapati.
Sugiarto, A., & Wahyono, T. (2014). Manajemen Kearsipan Elektronik. Gava Media.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sulistiyono, M., & Yasin, F. (2016). Pemanfaatan Paperless Office System Dalam E-Goverment Studi Kasus Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jurnal Teknologi Informasi, XI(31), 1–9.
Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141. https://doi.org/10.24905/jip.v1i1.438