Citra Politik Gemoy Capres Prabowo Subianto Menjelang Pilpres 2024

Isi Artikel Utama

Dewi Sumsari
Prof. Dr. Izomiddin, M.A
Erik Darmawan, S.IP., M.HI

Abstrak

Penelitian mengenai citra politik gemoy Capres Prabowo Subianto menjelang Pilpres 2024 dilatarbelakangi oleh fenomena joget gemoy Prabowo serta masifnya komentar gemoy pada setiap unggahan yang berkaitan dengan Prabowo di media sosial, terkhusus TikTok. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana munculnya citra gemoy Capres Prabowo Subianto serta pemanfaatannya di dalam kegiatan kampanye. Peneliti akan membedah permasalahan dengan menggunakan teori citra politik yang dikemukakan oleh Dan Nimmo. Data dalam penelitian ini berupa foto dan video serta komentar warganet di media sosial dan portal berita online. Data dihimpun menggunakan teknik pengumpulan data dari media baru melalui internet atau Analysing Virtual Data oleh Winfriend Marotzki, Jens Holze dan Dan Schnettler dengan cara mengunduh dan melakukan tangkapan layar. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra gemoy berasal dari julukan warganet yang kemudian diperkuat oleh Prabowo menggunakan strategi pencitraan politik yang dikemukakan oleh Nimmo, yaitu Pure publicity, Free-ride publicity, Tie-in publicity, dan Paid publicity. Selain itu, citra gemoy terus digunakan pada atribut kampanye Prabowo beserta Caleg Koalisi Indonesia Maju dari tindakan yang konsisten tersebut menunjukkan bahwa citra seorang calon presiden memasuki pemilu 2024 tidak lagi sebatas sifat dan karakter seorang tokoh. Akan tetapi, bisa berdasarkan atas bentuk tubuh sang politikus dan disesuaikan dengan istilah trendy.

##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.downloads##

##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.noStats##

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Citra Politik Gemoy Capres Prabowo Subianto Menjelang Pilpres 2024. (2024). Jurnal Studi Ilmu Politik, 3(4), 231-242. https://doi.org/10.19109/7mmgmc95
Bagian
Articles

Cara Mengutip

Citra Politik Gemoy Capres Prabowo Subianto Menjelang Pilpres 2024. (2024). Jurnal Studi Ilmu Politik, 3(4), 231-242. https://doi.org/10.19109/7mmgmc95

Referensi

Agus. (2024). TKD Prabowo-Gibran Tana Toraja Prakarsai Dance Gemoy dan Pameran UMKM. Beritakotamakassar.Fajar.Co.Id. https://beritakotamakassar.fajar.co.id/2024/02/01/tkd-prabowo-gibran-tana-toraja-prakarsai-dance-gemoy-dan-pameran-umkm/&ved=2ahUKEwjN-cbql5yIAxVYUGwGHQ36K7UQFnoECBYQAQ&usg=AOvVaw1B9mGJq-_jXAHHSxndG1R-

Arifin, Z. (2023). Unik ! KDM Gelar Lomba Joget “Bapak Gemoy” di Lembur Pakuan, Hadiahnya Fantastis. Viva.Com. https://jabar.viva.co.id/showbiz/17123-unik-kdm-gelar-lomba-joget-bapak-gemoy-di-lembur-pakuan-hadiahnya-fantastis&ved=2ahUKEwifteKomZyIAxV1R2wGHZ3sE_UQFnoECB4QAQ&usg=AOvVaw3-p5vja5OsCe_bJLw7pfLB

Azhar, A. A. (2017a). Komunikasi Politik Untuk Pencitraan Konsep, Strategi dan Pencitraan Politik. Perdana Publishing.

Aprilliani, D. S. (2019). Citra politik perempuan sunda (studi kasus citra politik Ineu Purwadewi ketua DPRD Jawa Barat periode 2014-2019). UNIKOM. Universitas Komputer Indonesia

Bayu, E. (2023). Relawan Gemoy Bikin Kompetisi Joget Gemoy berhadiah total hadiah Rp808 Juta. Tvonenews.Com. https://www.tvonenews.com/berita/nasional/174656-relawan-gemoy-bikin-kompetisi-joget-gemoy-berhadiah-total-hadiah-rp808-juta&ved=2ahUKEwje1eWTn5yIAxWBR2wGHXHMLY4QFnoECBoQAQ&usg=AOvVaw2EEw_suNyUMmPbOXf9F6N4

Bungin, B. (2018). Komunikasi Politik Pencitraan The Social Construction of Public Administration (SCoPA). Prenada Media.

Febrianna, A. R. (2023). TKD Prabowo-Gibran Pamerkan Maskot dan Gelar Senam Gemoy Bersama Warga Jakarta. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/bersatu-kawal-pemilu/2790592/tkd-prabowo-gibran-pamerkan-maskot-dan-gelar-senam-gemoy-bersama-warga-jakarta&ved=2ahUKEwjKkLupn5yIAxWuXmwGHTpnB-EQFnoECBYQAQ&usg=AOvVaw1FGBuKvpdeVz-TyD1lMatj

Febriyanto, Budi., Eka Y.W., & Shopia. N.U,. (2022). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Digital. Lensa Pendas. 7(1). 1-14.

Firmanzah. (2012). Marketing Politik - Antara Pemahaman dan Realitas (Revisi). Yayasan Obor.

Flick, U. (2014). The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis (K. Metzler (ed.)). SAGE Publications.

Nurhadi. (2022). Apa Syarat Suatu Kejadian Dikategorikan Kejadian Luar Biasa (KLB)?. Tempo.co https://www.google.com/amp/s/nasional.tempo.co/amp/1649817/apa-syarat-suatu-kejadian-dikategorikan-kejadian-luar-biasa-klb

Sihabudin, M. R., Laila, H. N. A., Kharis, K., & Fatimah, R. S. (2023). Strategi Positioning “Gemoy” Prabowo Subianto Melalui Media Digital. HUMANUS, 1(1), 146–154.

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.