Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tutor Sebaya Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X MIA MA Al-Fatah Palembang, (2) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X MIA MA Al-Fatah Palembang, dan (3) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tutor sebaya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X MIA MA Al-Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MA Al-Fatah Palembang yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 58 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis tekniknya adalah sampling purposive yaitu siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model jigsaw dengan N-gain sebesar 0,58 dikategorikan sedang, (2) terjadi peningkatan kemmapuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dengan N-gain sebesar 0,53,dikategorikan sedang, (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung 2,92 ³ ttabel 1,99.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
25-01-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tutor Sebaya Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 1 (Jan. 2023), 28–38.