Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tutor Sebaya Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit

Authors

  • Tutik Fitriani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Isnaini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Moh. Ismail Sholeh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X MIA MA Al-Fatah Palembang, (2) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X MIA MA Al-Fatah Palembang, dan (3) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tutor sebaya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X MIA MA Al-Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MA Al-Fatah Palembang yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 58 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis tekniknya adalah sampling purposive yaitu siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model jigsaw dengan N-gain sebesar 0,58 dikategorikan sedang, (2) terjadi peningkatan kemmapuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dengan  N-gain sebesar 0,53,dikategorikan sedang, (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung 2,92 ³ ttabel 1,99.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

[1]
2023. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tutor Sebaya Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 1 (Jan. 2023), 28–38.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>