PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ZAT ADITIF

Authors

  • Lusi Andriyani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Isnaini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Moh. Ismail Sholeh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) yang bertujuan untuk (1) mengetahui validitas lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi zat aditif , dan (2) mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi zat aditif. Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memiliki karakteristik sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dan menerapkan keterampilan proses sains. Prosedur penelitian dengan model pengembangan 4D dengan mengadopsi tiga tahapan yaitu tahap define (analisis kebutuhan), tahap design (perancangan) dan tahap development (pengembangan). Tahap define dilakukan melalui kegiatan observasi kelas, angket, wawancara, mengkaji kurikulum dan mengidentifikasi materi. Tahap design dilakukan dengan membuat lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains yang kemudian dikembangkan melalui tahap development untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains melalui proses validasi ahli dan respon peserta didik. Validasi ahli terdiri dari 4 orang ahli yaitu 2 ahli materi, 1 ahli bahasa dan 1 ahli media. Proses uji coba skala kecil melibatkan 10 orang peserta didik dan uji coba skala besar melibatkan 30 orang peserta didik di kelas VIII.7 di SMP Negeri 18 Palembang. Hasil validasi para ahli diperoleh persentase sebesar 86 % dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 86 % dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada materi Zat Aditif sangat valid digunakan; (2) Lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi zat aditif sangat baik untuk digunakan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’anul Karim. 2010. Al- Quran dan Terjemahannya. Bandung : CV. Diponegoro.
Ango, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi Untuk Sma Kelas X Semester Gasal pada Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Armen, dkk. (2017). Pengembangan LKPD Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada
Hafid, A, Jafar, A, Pendais, H. (2014). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Helfianti, Reza, dkk (2017). Pengembangan LKS dengan Pendekatan Multikultural Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar, Pendidikan dan Pengajaran, 1(2). 181-192
Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
materi Keanekaragaman MakhlukHidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation Journal, 1 (1). 1-14.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Salirawati, Das. (2011). Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sholeh, M.I.(2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Dasar Terintegrasi Socio-Scientific Issue (Ssi) Dan Keislaman. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 37-57. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2669
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Wulan, A. R., dkk. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

[1]
2023. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ZAT ADITIF. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 10, 2 (Jan. 2023), 26–39.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>