THE IMPACT OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH ON CREATIVE THINKING ABILITIES IN ESSENTIAL GRADE IV INPRES TAMAMAUNG III MAKASSAR CITY
Main Article Content
Abstract
This study uses quantitative research with a quasi-experiment. It aims to determine the effect of using the Contextual Teaching and Learning (CTL) approach on students' creative thinking skills. The design used was a post-test-only control group design. This research was conducted in class IV UPT SPF SD Inpres Tamamaung III Makassar City, Even Semester, 2022/2023 Academic Year. The population in this study were all students of SD Inpres Tamamaung III Makassar City. The sampling technique in this study used the Simple Random Sampling technique. The sample in this study in the experimental class was Class IVA, which amounted to 25 students, and the control class was class IVB, which amounted to 25 students. The research instruments were observation sheets, questionnaires, and learning outcomes tests. Data analysis techniques using descriptive statistics and inferential statistics. 1) The Contextual Teaching Learning (CTL) approach affects the creative thinking ability of fourth-grade students of SD Inpres Tamamaung III Makassar City.
Article Details
How to Cite
Yulianti, T., Nursalam, N., & Jamaluddin, J. (2023). THE IMPACT OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH ON CREATIVE THINKING ABILITIES IN ESSENTIAL GRADE IV INPRES TAMAMAUNG III MAKASSAR CITY. Conciencia, 23(2), 211-220. https://doi.org/10.19109/conciencia.v23i2.20108
Section
Original Reserach Article
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Yulianti, T., Nursalam, N., & Jamaluddin, J. (2023). THE IMPACT OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH ON CREATIVE THINKING ABILITIES IN ESSENTIAL GRADE IV INPRES TAMAMAUNG III MAKASSAR CITY. Conciencia, 23(2), 211-220. https://doi.org/10.19109/conciencia.v23i2.20108
References
Akib, E., & Muhsin, M. A. (2019). Penilaian Pembelajaran Abad 21 (Mujiarto, S. J., Sukono, & R. R., Ed.). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah, Makassar, Indonesia: Lembaga Penerbitan Fisika. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012065
Bakri, F., Wulandari, S., & Muliyati, D. (2020). Lembar kerja siswa dengan media augmented reality: Perancah keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi gerak lurus berubah beraturan. 1521(2). Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Jakarta, 13220, Indonesia: Lembaga Penerbitan Fisika. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022040
Basuki, I. dan H. (2014). Asesmen Pembelajaran (P. R. Resdakarya, Ed.). Bandung.
Desi F.W., Wulandari, A. S. (2014). Strategi Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah dan Penelitian, Volume 3(Edisi 11), 2976-2981.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika IEA. (2016). Hasil Internasional TIMMS 2015 dalam bidang Matematika.
Eka Pratiwi, dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dipadukan dengan Mind Mapping untuk siswa SMP". " Jurnal Bionature, Vol 13, No.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Khotimah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas I SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083-1091. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191-203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(April), 12-20.
Rifa Hanifa Mardhiyah. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, Vol.12 No.
Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo.
Sisdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 18(1), 22-27.
Soemanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmin, R. R. D. K. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Conntextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Saraweta, 1(01).
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sukmawati, Salmia, S. (2023). Populasi, Sampel (Kuantitatif) dan Pemilihan Partisipan/Informan Kunci (Kualitatif). Edumaspul - Jurnal Pendidikan, Vol. 7 - N(6), 131-140. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5259
Teguh Riyanto. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ulinnuha, Y. I. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al Ma'arif 1 Tirtomoyo Wonogiri. Skripsi IAIN Ponorogo.
Akib, E., & Muhsin, M. A. (2019). Penilaian Pembelajaran Abad 21 (Mujiarto, S. J., Sukono, & R. R., Ed.). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah, Makassar, Indonesia: Lembaga Penerbitan Fisika. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012065
Bakri, F., Wulandari, S., & Muliyati, D. (2020). Lembar kerja siswa dengan media augmented reality: Perancah keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi gerak lurus berubah beraturan. 1521(2). Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Jakarta, 13220, Indonesia: Lembaga Penerbitan Fisika. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022040
Basuki, I. dan H. (2014). Asesmen Pembelajaran (P. R. Resdakarya, Ed.). Bandung.
Desi F.W., Wulandari, A. S. (2014). Strategi Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah dan Penelitian, Volume 3(Edisi 11), 2976-2981.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika IEA. (2016). Hasil Internasional TIMMS 2015 dalam bidang Matematika.
Eka Pratiwi, dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dipadukan dengan Mind Mapping untuk siswa SMP". " Jurnal Bionature, Vol 13, No.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Khotimah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas I SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083-1091. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191-203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(April), 12-20.
Rifa Hanifa Mardhiyah. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, Vol.12 No.
Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo.
Sisdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 18(1), 22-27.
Soemanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmin, R. R. D. K. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Conntextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Saraweta, 1(01).
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sukmawati, Salmia, S. (2023). Populasi, Sampel (Kuantitatif) dan Pemilihan Partisipan/Informan Kunci (Kualitatif). Edumaspul - Jurnal Pendidikan, Vol. 7 - N(6), 131-140. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5259
Teguh Riyanto. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ulinnuha, Y. I. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al Ma'arif 1 Tirtomoyo Wonogiri. Skripsi IAIN Ponorogo.
Bakri, F., Wulandari, S., & Muliyati, D. (2020). Lembar kerja siswa dengan media augmented reality: Perancah keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi gerak lurus berubah beraturan. 1521(2). Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Jakarta, 13220, Indonesia: Lembaga Penerbitan Fisika. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022040
Basuki, I. dan H. (2014). Asesmen Pembelajaran (P. R. Resdakarya, Ed.). Bandung.
Desi F.W., Wulandari, A. S. (2014). Strategi Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah dan Penelitian, Volume 3(Edisi 11), 2976-2981.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika IEA. (2016). Hasil Internasional TIMMS 2015 dalam bidang Matematika.
Eka Pratiwi, dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dipadukan dengan Mind Mapping untuk siswa SMP". " Jurnal Bionature, Vol 13, No.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Khotimah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas I SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083-1091. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191-203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(April), 12-20.
Rifa Hanifa Mardhiyah. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, Vol.12 No.
Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo.
Sisdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 18(1), 22-27.
Soemanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmin, R. R. D. K. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Conntextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Saraweta, 1(01).
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sukmawati, Salmia, S. (2023). Populasi, Sampel (Kuantitatif) dan Pemilihan Partisipan/Informan Kunci (Kualitatif). Edumaspul - Jurnal Pendidikan, Vol. 7 - N(6), 131-140. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5259
Teguh Riyanto. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ulinnuha, Y. I. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al Ma'arif 1 Tirtomoyo Wonogiri. Skripsi IAIN Ponorogo.
Akib, E., & Muhsin, M. A. (2019). Penilaian Pembelajaran Abad 21 (Mujiarto, S. J., Sukono, & R. R., Ed.). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah, Makassar, Indonesia: Lembaga Penerbitan Fisika. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012065
Bakri, F., Wulandari, S., & Muliyati, D. (2020). Lembar kerja siswa dengan media augmented reality: Perancah keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi gerak lurus berubah beraturan. 1521(2). Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Jakarta, 13220, Indonesia: Lembaga Penerbitan Fisika. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022040
Basuki, I. dan H. (2014). Asesmen Pembelajaran (P. R. Resdakarya, Ed.). Bandung.
Desi F.W., Wulandari, A. S. (2014). Strategi Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah dan Penelitian, Volume 3(Edisi 11), 2976-2981.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika IEA. (2016). Hasil Internasional TIMMS 2015 dalam bidang Matematika.
Eka Pratiwi, dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dipadukan dengan Mind Mapping untuk siswa SMP". " Jurnal Bionature, Vol 13, No.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236-243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Khotimah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas I SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083-1091. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191-203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(April), 12-20.
Rifa Hanifa Mardhiyah. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, Vol.12 No.
Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo.
Sisdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 18(1), 22-27.
Soemanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmin, R. R. D. K. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Conntextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Saraweta, 1(01).
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sukmawati, Salmia, S. (2023). Populasi, Sampel (Kuantitatif) dan Pemilihan Partisipan/Informan Kunci (Kualitatif). Edumaspul - Jurnal Pendidikan, Vol. 7 - N(6), 131-140. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5259
Teguh Riyanto. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ulinnuha, Y. I. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al Ma'arif 1 Tirtomoyo Wonogiri. Skripsi IAIN Ponorogo.