IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MTs. NEGERI MUARA ENIM
Main Article Content
Abstract
The education unit level curriculum is the operational curriculum to be implemented by the madrassa, in drafting the curriculum is delivered in educational institutions or madrassa. This study aims: to obtain a description of the implementation of the curriculum in MTs.N Muara Enim and o obtain a description of the supporting factors and obstacles for the implementation of the curriculum in MTs.N Muara Enim. The study measures used by the authors in this study is qualitative. Researchers started from one stage to the next. This type of research is the field of survey research methods. Data collection techniques are observation, documentation and interview. Notch researchers in qualitative research than as planners as well as implementing a data collection or as an instrument.
Article Details
How to Cite
Muktasim, M. (2015). IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MTs. NEGERI MUARA ENIM. Conciencia, 15(2), 121-134. https://doi.org/10.19109/conciencia.v15i2.6139
Section
Artikel
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
Muktasim, M. (2015). IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MTs. NEGERI MUARA ENIM. Conciencia, 15(2), 121-134. https://doi.org/10.19109/conciencia.v15i2.6139
References
Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa,..E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: BumiAksara.
Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution,. 1988. Penelitian Kualitatif Naturalistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan 23 tahun 2006.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfa Beta.
Sujana, Nana. 2004. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukmadinata dan Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa,..E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: BumiAksara.
Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution,. 1988. Penelitian Kualitatif Naturalistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan 23 tahun 2006.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfa Beta.
Sujana, Nana. 2004. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukmadinata dan Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.