PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDE INQUIRY DENGAN APLIKASI MOODLE DI SMA SURABAYA PADA MATERI PENERAPAN LISTRIK DC DAN AC

Main Article Content

M Jhoni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar setelah diterapkan pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode inquiri pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 20 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Palembang. Sampel penelitian ini kelas VII.1 yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk melihat aktivitas siswa selama tiga kali proses pembelajaran yang menggabungkan 4 indiator dalam pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode inquiri, tes akhir untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil observasi dengan persentasi, sedangkan data tes analisis dengan rata-rata. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar siswa selama diterapkan pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode inquiri pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 20 Palembang dikategorikan baik. Hasil ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 78,25. Adapun hasil rata-rata observasi aktivitas siswa memperoleh persentasi sebesar 79,74%. Berdasarkan hasil yang yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode inquiri dapat diterapkan pada mata pelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDE INQUIRY DENGAN APLIKASI MOODLE DI SMA SURABAYA PADA MATERI PENERAPAN LISTRIK DC DAN AC”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 1 (June 13, 2018): 6–11. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2799.
Section
Artikel

How to Cite

“PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDE INQUIRY DENGAN APLIKASI MOODLE DI SMA SURABAYA PADA MATERI PENERAPAN LISTRIK DC DAN AC”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 1 (June 13, 2018): 6–11. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2799.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

E. Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Kosdakarya.

Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : PT. Refika Aditama.

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Kosdakarya

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenata Media Group.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jambi: CP Pres.

http://www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html, diakses pada 18 April 2012.

http://edukasi.kompasiana.com/2010/04/11/aktivitas-belajar/, diakses pada 18 April 2012.

http://www.bloggermajalengka.com/2011/09/pengertian-belajar-dan-pembelajaran.html, diakses pada 18 April 2012.