PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDE INQUIRY DENGAN APLIKASI MOODLE DI SMA SURABAYA PADA MATERI PENERAPAN LISTRIK DC DAN AC
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar setelah diterapkan pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode inquiri pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 20 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Palembang. Sampel penelitian ini kelas VII.1 yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk melihat aktivitas siswa selama tiga kali proses pembelajaran yang menggabungkan 4 indiator dalam pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode inquiri, tes akhir untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil observasi dengan persentasi, sedangkan data tes analisis dengan rata-rata. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar siswa selama diterapkan pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode inquiri pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 20 Palembang dikategorikan baik. Hasil ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 78,25. Adapun hasil rata-rata observasi aktivitas siswa memperoleh persentasi sebesar 79,74%. Berdasarkan hasil yang yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode inquiri dapat diterapkan pada mata pelajaran fisika.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDE INQUIRY DENGAN APLIKASI MOODLE DI SMA SURABAYA PADA MATERI PENERAPAN LISTRIK DC DAN AC”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 1 (June 13, 2018): 6–11. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2799.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDE INQUIRY DENGAN APLIKASI MOODLE DI SMA SURABAYA PADA MATERI PENERAPAN LISTRIK DC DAN AC”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 1 (June 13, 2018): 6–11. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2799.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
E. Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Kosdakarya.
Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : PT. Refika Aditama.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Kosdakarya
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenata Media Group.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jambi: CP Pres.
http://www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html, diakses pada 18 April 2012.
http://edukasi.kompasiana.com/2010/04/11/aktivitas-belajar/, diakses pada 18 April 2012.
http://www.bloggermajalengka.com/2011/09/pengertian-belajar-dan-pembelajaran.html, diakses pada 18 April 2012.
E. Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Kosdakarya.
Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : PT. Refika Aditama.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Kosdakarya
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenata Media Group.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jambi: CP Pres.
http://www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html, diakses pada 18 April 2012.
http://edukasi.kompasiana.com/2010/04/11/aktivitas-belajar/, diakses pada 18 April 2012.
http://www.bloggermajalengka.com/2011/09/pengertian-belajar-dan-pembelajaran.html, diakses pada 18 April 2012.