Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Fisika
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis portofolio terhadap hasil belajar físika siswa. Jenis ini penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes untuk melihat hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil analisa data tes yaitu posttest dan pretest dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel, maka tolak Ho dan terima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis Portofolio memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selain itu Disarankan bagi guru agar dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis portofolio sebagai salah satu alternatif inovasi model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Fisika”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (March 17, 2017): 1–10. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/864.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Fisika”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (March 17, 2017): 1–10. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/864.