Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Fisika

Main Article Content

M Jhoni
Adi Suhadi

Abstract

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis portofolio terhadap hasil belajar físika siswa. Jenis ini penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes untuk melihat hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil analisa data tes yaitu posttest dan pretest dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel, maka tolak Ho dan terima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis Portofolio memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selain itu  Disarankan bagi guru agar dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis portofolio sebagai salah satu alternatif inovasi model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Fisika”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (March 17, 2017): 1–10. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/864.
Section
Artikel

How to Cite

“Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Fisika”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (March 17, 2017): 1–10. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/864.