Penalaran Peserta Didik Usia 15 Tahun pada Permasalahan Kontekstual di Masa Pandemi Covid-19 Indonesia

Main Article Content

Mitta Agustarina
Zulkardi Zulkardi
Ratu Ilma Indra Putri
Ely Susanti

Abstract

Covid-19 merupakan salah satu virus berbahaya yang menyerang Indonesia sejak tahun 2020. Salah satu yang terkena dampak akibat Covid-19 adalah Pendidikan. Pembelajaran di Indonesia menjadi tidak stabil, sekolah-sekolah ditutup dan pemerintah melakukan penyederhanaan kurikulum akibat wabah ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriprif kualitatatif yang bertujuan untuk melihat dampak Covid-19 terhadap            kemampuan penalaran peserta didik di usia 15 tahun pada permasalahan kontekstual di masa pandemi covid-19. Penelitian dilakukan di salah satu SMA kota Palembang yang subjek dari penelitian ini adalah 4 peserta didik yang berusia 15 tahun dengan kategori kognitifnya tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini teknik tes dengan cara memberikan 4 soal uraian yang mengacu pada penalaran           matematis siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan penalaran peserta didik di masa Covid-19 berada pada kategori cukup bagus.

Article Details

How to Cite
Agustarina, M., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Susanti, E. (2021). Penalaran Peserta Didik Usia 15 Tahun pada Permasalahan Kontekstual di Masa Pandemi Covid-19: Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 138-144. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.10519
Section
Artikel

How to Cite

Agustarina, M., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Susanti, E. (2021). Penalaran Peserta Didik Usia 15 Tahun pada Permasalahan Kontekstual di Masa Pandemi Covid-19: Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 138-144. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.10519

References

Aji, R. H. S. (2020). dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–271. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 170–176.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47–54.

Idris, I., & Silalahi, K. D. (2016). Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita pada kelas VII A SMP UTY. Jurnal EduMatSains, 1(1).

Kemendikbud. (2020). Pedoman pelaksanaan kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Jakarta: Kemendikbud.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Maryati, I. (2018). Peningkatan kemampuan penalaran statistis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.300

Octriana, I., Putri, R. I. I., & Nurjannah, N. (2019). Penalaran matematis siswa dalam pembelajaran pola bilangan menggunakan PMRI dan LSLC. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2). https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6714.131-142
OEDC. (2019). PISA 2018 : Insights and Interpretations. Paris: OECD.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbsais masalah. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10.

Wahyuningtyas, A., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Efektivitas pendekatan kontekstual berbasis karakter dan budaya lokal terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 226–235. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i2.9141

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641