PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP METEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran di MTs Paradigma Palembang masih didominasi oleh seorang guru atau teacher center sehingga hasilnya kurang efektif, terutama dalam pemahaman konsep matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin menerapkan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses dalam proses pembelajaran di MTs Paradigma Palembang. Permasalahan dalampenelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma Palembang. (2) Apakah ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma Palembang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat pemahaman konsep metematika siswa setelah diterapkan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma palembang, (2) pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma Palembang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dimana kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas VII.A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai pemahaman konsep matematika kelas eksperimen 85.192 termasuk dalam kategori baik sekali, sedangkan rata-rata nilai pemahaman konsep matematika kelas kontrol 66.962 termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 6.716 dan ttabel = 2.009, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma Palembang
Article Details
How to Cite
Sodikin, S., & Hartatiana, H. (2017). PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP METEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1), 76-96. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1225
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Sodikin, S., & Hartatiana, H. (2017). PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP METEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1), 76-96. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1225