PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII

Main Article Content

Tria Gustiningsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal model PISA yang valid dan praktis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Peneliti menggunakan design research dengan tipe development study. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap persiapan (preliminary) dan tahap pengembangan (prototyping). Pada tahap persiapan, peneliti menganalisis soal PISA yang dikembangkan, menganalisis indikator kemampuan berpikir kritis. Indikator dari kemampuan berpikir kritis matematis terdiri dari memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, dan membuat kesimpuan. Tahap pengembangan terdiri dari selfevaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Soal diujicobakan pada 12 siswa kelas VII SMPN 1 Palembang, Indonesia. Data dikumpulkan melalui walk-through,tes, wawancara, dan kuisioner/angket. Penelitian ini menghasilkan soal PISA yang valid dan praktis. Ada 25% siswa yang memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis.

Article Details

How to Cite
Gustiningsi, T. (2017). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1), 139-158. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1228
Section
Artikel

How to Cite

Gustiningsi, T. (2017). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1), 139-158. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1228