PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain post-test only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII di MTs Patra Mandiri Palembang yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 146 siswa. Dari empat kelas populasi diambil 2 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII.A dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Di kelas eksperimen pertemuan pertama, kedua dan ketiga diberikan perlakuan berupa Pendekatan Saintifik, kemudian pertemuan keempat diukur dengan post test untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa. Di kelas kontrol pertemuan pertama, kedua dan ketiga diberikan perlakuan dengan pendekatan teacher centered, kemudian pertemuan keempat diukur dengan post test untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil test siswa. Tes dibuat untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa setelah proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan Pendekatan Saintifik, di dapatkan
Article Details
How to Cite
Yuselis, Y., Ismail, F., & Nery, R. S. (2017). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 258-287. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1234
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Yuselis, Y., Ismail, F., & Nery, R. S. (2017). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 258-287. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1234