PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG

Main Article Content

Yuselis Yuselis
Fajri Ismail
Rieno Septra Nery

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain post-test only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII di MTs Patra Mandiri Palembang yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 146 siswa. Dari empat kelas populasi diambil 2 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII.A dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Di kelas eksperimen pertemuan pertama, kedua dan ketiga diberikan perlakuan berupa Pendekatan Saintifik, kemudian pertemuan keempat diukur dengan post test untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa. Di kelas kontrol pertemuan pertama, kedua dan ketiga diberikan perlakuan dengan pendekatan teacher centered, kemudian pertemuan keempat diukur dengan post test untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil test siswa. Tes dibuat untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa setelah proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep  matematika siswa selama diterapkan Pendekatan Saintifik, di dapatkan

Article Details

How to Cite
Yuselis, Y., Ismail, F., & Nery, R. S. (2017). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 258-287. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1234
Section
Artikel

How to Cite

Yuselis, Y., Ismail, F., & Nery, R. S. (2017). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 258-287. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1234