PROFIL PENGETAHUAN PEDAGOGIK KONTEN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI
Main Article Content
Abstract
Faktor penting yang mendukung reformasi pendidikan adalah pelatihan guru dan pendidikan guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK). Untuk itu pengembangan kualitas pendidikan di LPTK melalui penelitian merupakan satu keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level pengetahuan pedagogik konten mahasiswa calon guru.Subjek penelitian pada penelitian ini adalah dua mahasiswa calon guru angkatan 2013 program studi Pendidikan Matematika.Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan catatan lapangan (fieldnotes).Kegiatan observasi dilakukan dengan mengamati video simulasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru menggunakan instrumen penilaian guru. Pembuatan catatan lapangan (fieldnotes) dilakukan untuk melengkapi data proses pembelajaran yang didapat dari video simulasi pembelajaran.Karena penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, maka instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen penilaian guru.Berdasarkan hasil analisis data didapat kesimpulan bahwa level PCK kedua mahasiswa calon guru yang berada pada level 1. Hal ini mengindikasikan bahwa level PCK mahasiswa calon guru masih harus terus dikembangkan melalui kegiatan perkuliahan dan praktik pengalaman lapangan
Article Details
How to Cite
Agustiani, R. (2017). PROFIL PENGETAHUAN PEDAGOGIK KONTEN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 288-305. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1235
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Agustiani, R. (2017). PROFIL PENGETAHUAN PEDAGOGIK KONTEN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 288-305. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1235