KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATAKULIAH MATEMATIKA KEUANGAN

Main Article Content

Retni Paradesa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa melalui pendekatan konstruktivisme semester 5 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang tahun akademik 2015-/2016 pada matakuliah matematika keuangan. Subjek penelitian ini adalah berjumlah 78 mahasiswa, 61 perempuan dan 17 laki-laki. Proses pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dimana data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa pada matakuliah matematika keuangan adalah 33,13. Nilai ini berada pada kategori kurang sehingga perlu dicarikan solusinya

Article Details

How to Cite
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATAKULIAH MATEMATIKA KEUANGAN. (2017). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 306-325. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1236
Section
Artikel

How to Cite

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATAKULIAH MATEMATIKA KEUANGAN. (2017). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 306-325. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1236