Model Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP di Muara Beliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah implementasi model Problem Based Learning dengan teknik Scaffolding kelas VII SMP di Muara Beliti. Penelitian ini berbentuk eksperimen semu yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP di Muara Beliti yang berjumlah 310 siswa. Sebagai sampel adalah kelas VII.3 dengan 35 siswa yang di ambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berbentuk uraian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP di Muara Beliti setelah mengikuti model Problem Based Learning dalam kategori baik. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah setelah diberi perlakuan sebesar 72,11, persentase jumlah siswa dengan kategori baik dan sangat baik sebesar 82,86%.
Article Details
How to Cite
Rohana, D., Sukasno, S., & Purwasi, L. A. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 142-151. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4136
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Rohana, D., Sukasno, S., & Purwasi, L. A. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 142-151. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4136
References
Hasratuddin, H. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Didaktik Matematika, 1(2), 30–42. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2059
Jatmiko, J. (2017). Kesulitan Siswa dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17–20.
Meliyani, M. (2013). Penerapan Model Pemvelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK. UNIMED.
Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 30–37. https://doi.org/10.30743/MES.V2I2.128
Sabaniatun, S., Febrilia, Ba. R. A., & Juliangkary, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Keliling dan Luas Segitiga. Edumatika Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 1–13.
Septriani, N., Irwan, I., & Meira, M. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 17–21.
Wood, D., Bruner, J. S., & Ross, G. (1976). The Role of Tutoring in Problem Solving. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 17(2), 89–100. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.1976.tb00381.x
Yulianingsih, R. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.
Jatmiko, J. (2017). Kesulitan Siswa dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17–20.
Meliyani, M. (2013). Penerapan Model Pemvelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK. UNIMED.
Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 30–37. https://doi.org/10.30743/MES.V2I2.128
Sabaniatun, S., Febrilia, Ba. R. A., & Juliangkary, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Keliling dan Luas Segitiga. Edumatika Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 1–13.
Septriani, N., Irwan, I., & Meira, M. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 17–21.
Wood, D., Bruner, J. S., & Ross, G. (1976). The Role of Tutoring in Problem Solving. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 17(2), 89–100. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.1976.tb00381.x
Yulianingsih, R. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.