KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP MENTAL DAN KARAKTER Studi pada Pelatih Pendidik Tamtama TNI AD KODAM II SWJ Palembang

محتوى المقالة الرئيسي

Astri Widya Maya

الملخص

Persuasif adalah sebuah proses komunikasi yang kompleks yang dilakukan oleh seorang individu atau kelompok untuk memperoleh (secara sengaja atau tidak sengaja) suatu respon tertentu dan individu atau kelompok lain secara verbal dan non verbal serta dilakukan secara halus dan manusiawi sehingga komunikan bersedia melakukan sesuatu dengan senang hati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Komunikasi Persuasif dalam Pembentukan Sikap Mental dan Karakter (Studi pada Pelatih Pendidik Tamtama TNI AD KODAM II SWJ Palembang). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatih (persuader) menggunakan komunikasi persuasif kepada siswa (persuadee) dalam pendidikan militer dengan pendekatan personal saat konseling/bimbingan pengasuhan, serta arahan melalui contohnya keteladanan dari pelatih. Pada saat-saat tersebut, pelatih cenderung memposisikan diri sebagai kakak, bapak, saudara atau teman dari siswa. Komunikasi persuasif yang dilakukan akan lebih efektif, karena dapat berjalan dua arah. Kemudian menurut calon anggota tamtama (catam) bahwa pendidikan tamtama ini benar-benar bermanfaat dalam membentuk karakter dan mental para anggota apalagi dengan penanaman karakter dan sikap yang diberikan oleh para pelatihnya.
Kata Kunci : Persuasif, Sikap, Karakter.

تفاصيل المقالة

كيفية الاقتباس
KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP MENTAL DAN KARAKTER: Studi pada Pelatih Pendidik Tamtama TNI AD KODAM II SWJ Palembang. JSIKOM, 2(2), 28-35. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16337
القسم
Articles

كيفية الاقتباس

KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP MENTAL DAN KARAKTER: Studi pada Pelatih Pendidik Tamtama TNI AD KODAM II SWJ Palembang. JSIKOM, 2(2), 28-35. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16337