POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP SISWA DISABILITAS Studi pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri C Kota Prabumulih

Isi Artikel Utama

Deby Fellyana Azhari

Abstrak

Pola adalah bentuk atau model yang memiliki keteraturan, dan komunikasi adalah proses pengiriman pesan dari komunikator ke penerima pesan atau komunikan. Pola komunikasi adalah bentuk atau pola hubungan antara dua orang atau lebih dalam proses pengiriman dan penerimaan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru kepada siswa tunarugu di sekolah luar biasa negeri c Kota Prabumulih. Guru pada sekolah luar biasa menggunakan komunikasi secara total dalam proses pembelajaran yakni komunikasi oral atau pengucapan kata dan komunikasi melalui bahasa isyarat. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi guru dalam mendidik siswa disabilitas penyandang tunarungu pada proses pembelajaran adalah komunikasi total, komunikasi verbal, dan komunikasi non verbal yang digunakan secara bersamaan.
Kata Kunci: Komunikasi, Guru, Disabilitas

Rincian Artikel

Cara Mengutip
POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP SISWA DISABILITAS: Studi pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri C Kota Prabumulih. (2023). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 2(2), 36-43. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16446
Bagian
Articles

Cara Mengutip

POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP SISWA DISABILITAS: Studi pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri C Kota Prabumulih. (2023). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 2(2), 36-43. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16446