KONSTRUKSI SIMBOL TIKTOK SEBAGAI IDENTITAS DIRI REMAJA (STUDI FENOMENOLOGI PADA REMAJA DI KAYU AGUNG OKI)

Isi Artikel Utama

Waldi Kurniawan

Abstrak

Salah satu dampak dari globalisasi adalah semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, satu diantaranya ditandai dengan adanya media sosial sebagai ruang dunia digital baru yang menjadi arus media informasi sekaligus komunikasi dengan jangkauan/cakupan yang sangat luas. Kemudahan dalam mendapatkan berbagai macam informasi, mengekspresikan diri, menyalurkan bakat dan mengembangkan kreativitas diri menjadi nilai plus yang dihadirkan oleh media sosial, salah satunya TikTok. TikTok sebagai salah satu platform media sosial memberikan cukup banyak dampak terhadap kehidupan bersosial masyarakat, khususnya para kaum remaja, memungkinkan penggunanya untuk memberdayakan pemikiran-pemikirannya yang kreatif dengan membuat video-video unik dan menarik sebagai bentuk aktualisasi diri, eksistensi diri, hingga pembentukan identitas diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konstruksi simbol TikTok sebagai identitas diri dan makna yang terbangun tentang TikTok terhadap remaja di Kayu Agung OKI menggunakan teori interaksi simbolik yang berpacu pada 3 konsep pemikiran. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan konsep pemikiran sebagai dasar dalam teori interaksi simbolik, yaitu pikiran, diri, dan masyarakat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
KONSTRUKSI SIMBOL TIKTOK SEBAGAI IDENTITAS DIRI REMAJA (STUDI FENOMENOLOGI PADA REMAJA DI KAYU AGUNG OKI). (2023). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 2(3), 83-88. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/19304
Bagian
Articles

Cara Mengutip

KONSTRUKSI SIMBOL TIKTOK SEBAGAI IDENTITAS DIRI REMAJA (STUDI FENOMENOLOGI PADA REMAJA DI KAYU AGUNG OKI). (2023). Jurnal Prodi Ilmu Komunikasi, 2(3), 83-88. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/19304