Menggali Makna Tarbiyah dalam QS. Ali Imran Ayat 79: Pendidikan Spiritual, Moral, dan Sosial Umat Islam

Main Article Content

Salwa Rihadatul Aisy
Cucu Surahman
Elan Sumarna

Abstract

Terdapat 952 kata tarbiyah dengan segala bentuk derivasinya di dalam al-Qur’an. Pendidikan Islam, yang dikenal sebagai tarbiyah, menekankan pentingnya pengasuhan dan pembinaan peserta didik secara komprehensif. Namun, dalam pendidikan modern, aspek moral dan spiritual sering kali diabaikan, sementara fokus lebih diarahkan pada kecerdasan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna tarbiyah dalam QS. Ali Imran ayat 79, serta relevansinya terhadap pendidikan spiritual, moral, dan sosial umat Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan tafsir tarbawi dan analisis literatur, guna memahami secara mendalam pesan-pesan al-Qur'an terkait pendidikan holistik. Penelitian ini mengkaji bagaimana konsep tarbiyah yang telah diajarkan oleh para nabi dapat diterapkan dalam dunia pendidikan modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarbiyah dalam al-Qur’an menekankan pengasuhan yang mengarah pada pembentukan manusia yang tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga memiliki integritas moral dan kesadaran sosial. Konsep ini sangat relevan untuk diimplementasikan dalam pendidikan kontemporer agar tercipta generasi yang mampu menjalani kehidupan dengan keseimbangan spiritual, moral, dan sosial.

Article Details

How to Cite
Salwa Rihadatul Aisy, Cucu Surahman, and Elan Sumarna. “Menggali Makna Tarbiyah Dalam QS. Ali Imran Ayat 79: Pendidikan Spiritual, Moral, Dan Sosial Umat Islam”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (October 18, 2024): 715–732. Accessed April 13, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/24750.
Section
Articles

How to Cite

Salwa Rihadatul Aisy, Cucu Surahman, and Elan Sumarna. “Menggali Makna Tarbiyah Dalam QS. Ali Imran Ayat 79: Pendidikan Spiritual, Moral, Dan Sosial Umat Islam”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 4, no. 2 (October 18, 2024): 715–732. Accessed April 13, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsq/article/view/24750.

References

A. Kamaruddin, Syamsu. “Character Education and Students Social Behavior.” Journal of Education and Learning (EduLearn) 6, no. 4 (2012): 223. https://doi.org/10.11591/edulearn.v6i4.166.

“A Review of the Islamic Tarbiyah System for Bullying Symptoms,” no. March (2023). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v13-i3/16259.

Adelina Yuristia. “Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan.” Journal Ilmu Sosial Dan Budaya 2, no. 1 (2018): 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714.

Al-Syeikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq. Tafsir Ibnu Katsir 2.1.Pdf. Mu-assasah Daar al-Hilaal Kairo, 2003.

Alinata, Reza. “Makna Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Indonesia.” IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, no. 3 (2024).

Andi Abd Muis Nasaruddin, Amri, Ahmad Deski, Zulfahmi Syahri, Febri Wardani, Riyanto, Haerudin. Tafsir Tarbawi. Edited by Rahma Yana Yulda Dina Septiana. Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka, 2023.

ARSYAD, AHMAD MAHFUD. “PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL BERBASIS AL- QURAN,” 2023. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/.

Athiyah, Ummu, and Alwizar Alwizar. “Tujuan Dan Materi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an 5, no. 2 (2024): 27–40. https://doi.org/10.37985/hq.v5i2.149.

Darisman, Dede. “Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan” 9, no. 3 (2014): 61–92.

Dewi, Anita Candra, Bayin Ramadhan, A. Ahmad Fadhil, Firqah Fadhil, Andi Mufidah Idris, Muh. Raifadhil Hidayat, and M. Aqila Dzakwan Yusrin. “Pendidikan Moral Dan Etika Mengukir Karakter Unggul Dalam Pendidikan.” IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education 3, no. 2 (2023): 69–76. https://doi.org/10.31539/ijoce.v3i2.8195.

Fauzi, Ahmad. “Aspek-Aspek Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Luqman Hakim.” Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 17, no. 1 (2022): 39–58. https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1383.

Humairah, Andi Eliyah. “Pembelajaran Holistik Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis”, Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 2 (2023): 226

Ibda, Fatimah. “Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi Ppkn Dan Pendidikan Agama.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA XII, no. 2 (2012): 338–47.

Istianah, Anif, Bunyamin Maftuh, and Elly Malihah. “Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Education and Development 11, no. 3 (2023): 333–42. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5048.

Judrah, Muh, and Aso Arjum. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 1 (2024): 25–37.

Kurnia, Deti, Misbahhudin Misbahhudin, and Santi Setiawati. “Memahami Makna Pendidikan Dalam Alquran.” Al-Fiqh 1, no. 2 (2023): 84–88. https://doi.org/10.59996/al-fiqh.v1i2.211.

Laelaturrohmah, Silvi, and Kurnia Muhajarah. “Islam, Al-Qur’an Dan Pendidikan Karakter: Transformasi Karakter Melalui Pendidikan Islami Berbasis Al-Qur’an,” n.d., 1–14.

Mahsun, Ali. “Pendidikan Islam Dalam Arus Globalisasi: Sebuah Kajian Deskriptif Analitis.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 2 (2013). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.259-278.

Mardinal Tarigan, Tengku Annisa Saroya, Safrina Putri Pasaribu, Raihan Randi Boang Manalu, Maulup Rampali Simbolon. “Peran Dan Makna Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Konteks Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Psikologi Insani 9, no. 6 (2024): 1–8.

Marlisa, Lina. “Analisis Krisis Moral Anak Terhadap Orang Tua, Guru, Dan Masyarakat Di Era Abad Ke-21.” Analysis: Journal of Education 1, no. 2 (2023): 2023.

Nasihatuni, Siti. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Dan Strategi Implementasinya.” Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pendidikan Dan Pelatihan - Kementerian Agama, 2019, 321–36.

Novia Ramadhani, Musyarapah. “Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia.” Jurnal Pendidikan Nusantara 3 (2024): 78–91. https://doi.org/https://doi.org/10.55080/jpn.v2i2.88.

Qurthubi, Imam, Dudi Rosyadi, Nashirul Haq, Fathurrahman, and Ahmad Zubairi. Tafsir Al Qurthubi Jilid 4. Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.

Rahmat Hidayat. Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia.” Edited by M.Pd : Dr. H. Candra Wijaya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016.

Rizih, Rizal Alfa. “Filsafat Pendidikan Islam.” Inspiratif Pendidikan, no. June (2017): 1–4.

Setiawan, Adib Rifqi, and Whasfi Velasufah. “Nilai Pesantren Sebagai Dasar Pendidikan Karakter.” Pelantan, no. September (2020): 1–8.

Setiawan, Dede, M. Alwi AF, Fahmi Muhamad Aziz, Abdul Fajar, and Yurna Yurna. “Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia, Masyarakat Dan Lingkungan.” Jurnal Intelektualita 4, no. 1 (2016): 47–65. http://narqwelovers.blogspot.co.id/2015/12/pandangan-filsafat-pendidikan-islam_15.html.

Sundari, Nuria, Mawaddah Warrahmah, Ahmad Nurkholiq, Universitas Islam, Negeri Sultan, and Thaha Saifuddin. “Tujuan Pendidikan Islam Dalam Al-Qur ’ An Dan Hadist” 2 (2023): 1426–34.

Suyadi. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter” 2, no. 2 (2013): 4.

Takrip, Muhammad. et al. “Tafsir Tarbawi: Perspective KH. Mishbah Musthafa about Islamic Education Values in QS. al-Inshirah)", Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan 7, no. 1 (2023): 52-63.

Tamam, Abas Mansur, and Akhmad Alim. “Perkembangan Keagamaan Fase Usia Baligh Perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah.” Teaching And Learning Journal Of Mandalika (Teacher) e-ISSN 2721-9666 5, no. 1 (2024): 46–58.

Tarigan, Mardinal, Aura Nur Fadila, Habib Munawir Hsb, Rahmi Aulia, Winda, and Lestari. “Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Dalam Islam.” Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif 5 (2024): 26–31.

Thabari, Abu Ja’far Muhammad Bin Jarir Ath-. Tafsir Ath-Thabari Jilid 5. 2nd ed. Jakarta: Pustaka Azzam, 2014.

Zulfikar, Eko. et al., ““Rabbani’s Character in Social Media: A Study of the Relevance of Al-Qur’an Meme’s Instagram Mubadalah.Id with Interpretations of Mufasir Nusantara”. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir 3, no. 1 (2023).