Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa
Main Article Content
Abstract
Penerapan teknologi informasi yang terkait dengan proses penilaian evaluasi akhir siswa yang berbasis komputer menjadi sangat menarik minat banyak lembaga pendidikan untuk menerapkannya. Kegiatan ujian yang masih menggunakan metode konvensional biasanya memerlukan waktu, biaya dan tenaga yang cukup banyak. Oleh karena itu kendala tersebut seharusnya dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi maka dibuatlah aplikasi CBT (Computer Base Test) untuk membantu lembaga-lembaga pendidikan dalam proses penilaian evaluasi akhir siswa menggunakan metode User Centered Design. Kemudian untuk pengujian menggunakan metode usability testing, dengan berdasarkan penilaian dari siswa, admin, operator dan guru, sehingga tingkat kelayakan adalah sangat layak. Persentase kelayakan pengguna berdasarkan faktor usability testing secara berurutan memperoleh persentase sebesarĀ 95,57% untuk faktor learnability 86,48% untuk faktor efficiency 91,14% untuk faktor memorability, 90,29% untuk faktor Errors dan 94% Satisfaction. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem aplikasi ujian berbasis computer (Computer Base Test - CBT) memiliki kualitas baik dan sangat layak untuk proses pengolahan data akademik siswa.
Article Details
How to Cite
Putri, U. M., & Rahayu, S. (2018). Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 4(2), 153-164. https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4110
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
How to Cite
Putri, U. M., & Rahayu, S. (2018). Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 4(2), 153-164. https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4110
References
Harold F. Rahmlow & Katheryn K. Woodley. (1979). Objectives-based Testing: A Guide to Effective Test Development. Englewood Cliffs, N.J: Educational Technology.
Henry, S.L. & Grossnickle, M. (2004). Accessibility in the User Centered Design Process. Atlanta, Georgia, USA: Georgia Tech Research Corporation. Atlanta, Georgia, USA: Georgia Tech Research Corporation, Inc.
ISO 13407. (1999). Human-centred design processes for interactive systems (p. 11). p. 11. Retrieved from https://www.iso.org/standard/21197.html
McKenna, J. B. and C. (2004). Blueprint for Computer-Assisted Assessment. New York: RoutledgeFalmer.
Roger Schank. (2002). Designing World-class e-Learning. New York, USA.: McGraw Hill Professional.
Widoyoko, E. P. (2014). SEKOLAH, PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Henry, S.L. & Grossnickle, M. (2004). Accessibility in the User Centered Design Process. Atlanta, Georgia, USA: Georgia Tech Research Corporation. Atlanta, Georgia, USA: Georgia Tech Research Corporation, Inc.
ISO 13407. (1999). Human-centred design processes for interactive systems (p. 11). p. 11. Retrieved from https://www.iso.org/standard/21197.html
McKenna, J. B. and C. (2004). Blueprint for Computer-Assisted Assessment. New York: RoutledgeFalmer.
Roger Schank. (2002). Designing World-class e-Learning. New York, USA.: McGraw Hill Professional.
Widoyoko, E. P. (2014). SEKOLAH, PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Surakarta: Pustaka Pelajar.