Pengaruh Teknologi Knowledge Management Terhadap Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang
Main Article Content
Abstract
Perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan harus menghasilkan lulusan yang mampu bersaing agar memberikan dampak yang besar bagi bangsa dan negara. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang merupakan perguruan tinggi yang telah menerapkan teknologi knowledge management. Melalui paradigma baru saling berbagi pengetahuan, menangkap pengetahuan, mencipta pengetahuan baru, dan memori pengetahuan organisasi yang dimiliki perguruan tinggi setiap waktu seharusnya menjadi trigger kreativitas dan inovasi dari mahasiswa untuk berprestasi. Responden penelitian berjumlah 205 orang dari Fakultas Sains dan Teknologi, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Syariah dan Hukum. Variabel eksogen yaitu Personal Learning, Job Procedure, Learning Organization, dan Technology, sedangkan variabel endogen yaitu Learning Creativity, dan Learning Achievement. Tools yang digunakan aplikasi AMOS (Analysis of Moment Structure) diolah menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) dengan penghapusan mahalanobis (Outlier) pada model struktural dievaluasi dan diperoleh goodness of fit setelah modifikasi model. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Kreativitas Belajar dipengaruhi sangat kuat oleh Job Procedure, Learning Organization, dan Technology. Personal Learning sama sekali tidak mempengaruhi Learning Creativity. Tetapi Learning Creativity sangat kuat mempengaruhi Learning Achievement.
Article Details
How to Cite
Irfani, M. H. (2018). Pengaruh Teknologi Knowledge Management Terhadap Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 4(2), 165-179. https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4111
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
How to Cite
Irfani, M. H. (2018). Pengaruh Teknologi Knowledge Management Terhadap Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi), 4(2), 165-179. https://doi.org/10.19109/jusifo.v4i2.4111
References
. I. P. N. M., ., Dr. Ketut Agustini, S.Si, M. S., & ., Dr. Dewa Gede Hendra Divayana, S.Kom., M. (2017). Hubungan Knowledge Management Terhadap Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 182–191. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9461
Fariani, R. I. (2013). Analisa Dampak Knowledge Management Terhadap Performa Organisasi Studi Kasus Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2–4.
Ferdinandus, E., Imron, A., & Supriyanto, A. (2015). Model Knowledge Management dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.1192/apt.8.5.387
Ghozali Imam,Dr, P. (2017). Konsep dan Aplikasi dengan program Amos 24.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ika, R., & Sari, P. (2013). Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar , Motivasi Belajar , Dan Lingkungan Belajar. https://doi.org/10.1071
Mulyanto, A. (2008). Implementasi Knowledge Management Untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Aplikasi Sains Dan Teknologi, 71–78.
Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352–364. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489
Saragih, H., Darmanto, T., Reza, B., & Setiyadi, D. (2012). Sistem Informasi Knowledge Management Pada. Teknik Dan Ilmu Komputer, 423–437.
Setiarso, B. (2007). Penerapan Knowledge Management pada Organisasi : Studi Kasus di Salah Satu Unit Organisasi LIPI. 1–6.
Singgih Santoso. (2012). Analisis SEM menggunakan AMOS. Jakarta: Elex Media Komputindo, PT.
Sopandi, O. D., & S.Saud, U. (2016). Implementasi Knowledge Management Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 23(2), 1–13.
Utami, S. R., Ali, M., & Nohong, M. (2016). STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA KARYAWAN PT BANK MUAMALAT INDONESIA TBK CABANG MAKASSAR. Jurnal Analisis, 5(1), 72–77. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fariani, R. I. (2013). Analisa Dampak Knowledge Management Terhadap Performa Organisasi Studi Kasus Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2–4.
Ferdinandus, E., Imron, A., & Supriyanto, A. (2015). Model Knowledge Management dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.1192/apt.8.5.387
Ghozali Imam,Dr, P. (2017). Konsep dan Aplikasi dengan program Amos 24.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ika, R., & Sari, P. (2013). Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar , Motivasi Belajar , Dan Lingkungan Belajar. https://doi.org/10.1071
Mulyanto, A. (2008). Implementasi Knowledge Management Untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Aplikasi Sains Dan Teknologi, 71–78.
Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352–364. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489
Saragih, H., Darmanto, T., Reza, B., & Setiyadi, D. (2012). Sistem Informasi Knowledge Management Pada. Teknik Dan Ilmu Komputer, 423–437.
Setiarso, B. (2007). Penerapan Knowledge Management pada Organisasi : Studi Kasus di Salah Satu Unit Organisasi LIPI. 1–6.
Singgih Santoso. (2012). Analisis SEM menggunakan AMOS. Jakarta: Elex Media Komputindo, PT.
Sopandi, O. D., & S.Saud, U. (2016). Implementasi Knowledge Management Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 23(2), 1–13.
Utami, S. R., Ali, M., & Nohong, M. (2016). STRATEGI PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA KARYAWAN PT BANK MUAMALAT INDONESIA TBK CABANG MAKASSAR. Jurnal Analisis, 5(1), 72–77. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004